Ciri Planet Saturnus Serta Penjelasan Lengkapnya

0
183
Ciri Planet Saturnus Serta Penjelasan Lengkapnya
Ilustrasi ciri planet Saturnus. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Ciri planet Saturnus tergambar pada sistem tata surya. Pada planet dalam tata surya ini memiliki sebuah cincin. Hal inilah yang menjadikan planet tersebut sangat unik serta terlihat indah. Planet Saturnus merupakan planet golongan luar dan juga termasuk planet raksasa.

Hal itu karena ukuran pada planet yang dapat terbilang besar. Ukuran planet Saturnus merupakan yang paling besar kedua pada sistem tata surya setelah planet Jupiter.

Namun banyak yang belum terlalu mengenal planet tersebut sebab letaknya yang sangat jauh. Sehingga tidak mendukung dalam melakukan penelitian pada planet Saturnus.

Mengenal Ciri Planet Saturnus

Termasuk Kategori Planet Superior

Saturnus termasuk dalam planet superior, hal itu menurut massanya. Superior mengandung arti planet yang besar. Dalam kategori besar penilaiannya dengan pertimbangan pada ukuran planet Bumi.

Planet Bumi yang dijadikan acuan, karena Bumi adalah satu-satunya planet dengan makhluk hidup yang dapat tinggal. Makhluk hidup yang juga manusia, dapat mempelajari mengenai segala aspek kehidupan.

Saturnus adalah Eksterior Planet

Ciri planet Saturnus lainnya termasuk juga dalam kategori planet eksterior berdasarkan jaraknya dengan matahari. Hal ini juga mengacu pada planet Bumi.

Planet yang posisinya depan Bumi akan dinamakan sebagai interior planet. Namun sebaliknya, yang posisinya belakang Bumi dinamakan sebagai eksterior planet.

Namun menurut teori yang lain, menyebutkan bahwa eksterior planet berdasarkan pengukuran dari posisi asteroid. Meskipun menggunakan teori mana pun, Saturnus tetap tergolong dalam eksterior planet.

Terdapat 18 Satelit Alami

Planet ini memiliki 18 satelit alami. Hal itu merupakan ciri planet Saturnus. Beberapa satelit alami yang ada pada planet Saturnus, hanya 1 yang terbesar yaitu Titan.

Ukuran Titan ini setara dengan diameter planet bumi. Sebagai dasar dalam pemberian nama Titan, berasal dari wujudnya yang hitam dan besar.

Memiliki 3 Lapisan Cincin

Saturnus merupakan planet unik yang memiliki cincin. Cincin tersebut menempel pada planet Saturnus dari awal hingga sekarang.

Lapisan cincin Saturnus ini memiliki 3 bagian, antara lain dalam, tengah, dan luar. Pada lapisan tersebut memiliki ketebalan sendiri-sendiri.

Rotasi Sangat Cepat

Ciri planet Saturnus lainnya, memiliki jangka waktu rotasinya yang sangat cepat. Kecepatan membutuhkan waktu sekitar 10 jam 14 menit. Hal itu sama dengan setengah harinya pada planet Bumi, namun menjadi sehari penuh pada Saturnus.

Rotasinya bertujuan untuk meratakan sinar matahari yang akan masuk menerangi. Hal itu juga mengakibatkan siang dan malam pada Saturnus berjalan sangat singkat.

Revolusinya Sangat Lambat

Ciri planet Saturnus memiliki revolusi yang berlangsung selama 30 tahun. Apabila planet Saturnus sebagai tempat tinggal manusia, maka 30 tahun di sana sama dengan 1 tahun waktu bumi. Hal lainnya planet Saturnus juga tidak memiliki kandungan oksigen.

Kutub Berbentuk Pipih

Bentuk Saturnus tidak bulat sempurna, daerah kutubnya pada ujung utara dan selatan planet memiliki bentuk datar. Gambarannya seperti bola dengan lingkaran cincin, namun pada ujung atas dan bawah terpotong.

Ciri bentuk pipih Saturnus mengakibatkan dampak yang vital pada kecepatan rotasi planet Saturnus. Namun bentuk pipih tersebut apabila diamati dari permukaan Bumi menggunakan teleskop, tidak terlihat jelas.

Atmosfernya Terdiri dari Hidrogen, Helium, Metana, dan Amonia

Lapisan atmosfer planet Saturnus terdiri dari 96% hidrogen, 3% helium, 0,2% methana, dan 0,02% ammonia. Dapat terlihat bahwa unsur gas hidrogen paling banyak pada planet tersebut.

Fungsi hidrogen pada planet Saturnus untuk mengikat reduksi biji besi. Sehingga dapat menambah nilai estetika permukaan.

Medan Magnet Bersifat Simetris

Ciri planet Saturnus yang lain memiliki medan magnet sifatnya simetris. Pada efek yang timbul menjadikan lebih lemah dari gravitasi Jupiter.

Hal ini dibuktikan oleh NASA dengan menaruh gelombang radio pada planet Saturnus. Gelombang tersebut tidak dapat terdeteksi planet Bumi. Medan magnet tersebut hanya terjadi pada planet Saturnus.

Selalu Terjadi Angin Ribut

Angin tornado yang terjadi pada Bumi paling mengerikan berjenis Hurricane dengan kecepatan 483 km/jam. Namun angin tersebut tidak ada apa-apanya dibandingkan angin planet Saturnus.

Rata-rata kecepatan angin hariannya adalah 1.800 km/jam. Kecepatan angin tersebut terjadi akibat rotasi planet yang berlangsung sangat cepat.

Terdapat Awan Hexagonal

Fakta mencengangkan telah menemukan awan berbentuk hexagonal pada area kutub planet Saturnus. Aliran gelombang atmosfer yang tidak menentu membentuk awan hexagonal tersebut.

Hexagonal merupakan definisi dari bentuk suatu objek yang memiliki 6 sisi. Itulah ulasan mengenai beragam ciri planet Saturnus dalam tata surya dan penjelasannya.