Satelit Bluewalker 3, Punya Tingkat Kecerahan Super Tinggi

76
Satelit Bluewalker 3
Satelit Bluewalker 3 Super Terang. Foto: Ilustrasi/Istimewa

Texno.ID – Satelit BlueWalker 3 mampu menerangi kegelapan malam. Bahkan terangnya bisa mengalahkan bulan atau bintang di malam hari. Tak heran jika benda langit ini berhasil curi perhatian, khususnya di kalangan ilmuwan.

Satelit BlueWalker 3 Terangi Langit Malam

Melansir Bgr pada Selasa (10/10/2023), ada salah satu benda langit yang jadi sorotan. Benda langit tersebut mengusung nama sebagai BlueWalker 3.

Satelit ini meluncur dengan membawa misi penting. Peluncurannya berguna untuk melancarkan komunikasi komersial terbesar dengan luas 64 m² di orbit rendah Bumi.

Satelit BlueWalker 3 ini sangatlah unik. Bukan karena penampilan atau fungsinya, melainkan kemampuan penerangannya. Hal ini lantaran satelit tersebut memiliki tingkat kecerahan cahaya yang tinggi.

Bahkan terangnya sebanding dengan bintang terang berukuran besar yang ada di langit malam. Kegelapan malam pun tak lagi terasa karena adanya benda langit ini.

Keberadaan BlueWalker 3 sendiri tak lain karena AST SpaceMobile. Pihak tersebut yang mengembangkan satelit ini. Kemudian untuk peluncurannya terjadi pada September 2022.

Dampak BlueWalker 3

Satelit BlueWalker 3 memiliki dampak tersendiri yang tak kalah penting untuk Anda ketahui. Adapun beberapa dampaknya ialah sebagai berikut.

Bisa Ganggu Observasi Daratan

Salah satu dampaknya yakni satelit ini bisa ganggu observasi dengan basis daratan. Hal ini karena BlueWalker 3 memanfaatkan frekuensi radio.

Frekuensi tersebut sangatlah dekat dengan frekuensi untuk radio astronomi. Karena hal itu, keberadaannya jadi perhatian banyak pihak. Observasi daratan tentunya akan ikut terpengaruh sehingga perlu berhati-hati dan waspada.

Picu Polusi Udara

Dampak lainnya dari BlueWalker 3 yakni bisa memicu polisi udara. Sebagaimana yang sudah kita singgung tadi bahwa satelit ini memiliki tingkat kecerahan sangat tinggi.

Terangnya satelit BlueWalker 3 ini hampir setara dengan dua bintang cerah yang ada di langit. Sebut saja Achernar dan Procryon. Hal inilah yang membuatnya bisa dengan mudah ilmuwan temukan di alam semesta.

Di sisi lain, satelit ini bisa memperlihatkan gugusan konstelasi yang besar. Kondisi tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi astronomi daratan karena menghalangi cahaya potensial.

Cahaya potensial tersebut asalnya dari bintang maupun planet. Hal ini tentu sangat disayangkan. Kendati demikian, bukan berarti keberadaan BlueWalker 3 hanya menimbulkan kekhawatiran semata. Pasalnya, ada banyak hal positif yang juga bisa terlihat dari peluncuran BlueWalker 3.

Perkaya Benda Langit

Selain khawatir, ada sisi positif yang bisa kita ambil dari adanya satelit ini. Keberadaan satelit BlueWalker 3 bisa memperkaya benda langit yang ada di alam semesta.

Dalam artian, benda-benda yang ada di langit jadi lebih beragam. Ilmuwan juga masih terus menelitinya untuk mendapatkan informasi lanjutan yang lebih detail dan menarik.

Berbicara mengenai satelit BlueWalker 3, alangkah baiknya jika memperhatikan penempatannya. Satelit ini tak akan memberikan dampak buruk jika penempatannya di dalam orbit geosinkron yang letaknya lebih jauh.