Akibat Gaya Gravitasi Bumi yang Penting dan Bermanfaat

100
Akibat Gaya Gravitasi Bumi
Akibat Gaya Gravitasi Bumi. Foto: Ilustrasi/Istimewa

Texno.ID – Akibat gaya gravitasi Bumi sebenarnya cukup beragam. Bahkan berbagai akibat dari adanya gaya gravitasi Bumi tersebut sangatlah penting. Nah, berikut akan kita bahas mengenai gravitasi Bumi dan juga beberapa akibatnya yang penting.

Gaya gravitasi Bumi sendiri juga kita kenal sebagai gaya tarik Bumi. Sir Isaac Newton adalah ilmuwan pertama yang merumuskan konsep teori gravitasi Bumi. Hukum gravitasi Newton menyatakan gaya tarik-menarik yang berbanding lurus dengan perkalian massa benda.

Namun berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua benda. Newton berteori bahwa dua benda yang terpisah pada jarak tertentu cenderung tarik menarik.

Dua benda tersebut yaitu benda yang jatuh ke Bumi dan Bumi. Gaya tarik tersebutlah yang dinamakan gravitasi Bumi.

Akibat Gaya Gravitasi Bumi pada Benda

Gravitasi Bumi sendiri tentunya memiliki berbagai fungsi serta akibat yang penting dan bermanfaat. Untuk Anda yang belum tahu, berikut adalah beberapa akibatnya.

Benda Jatuh ke Bawah

Akibat gravitasi Bumi yang pertama yaitu menyebabkan benda jatuh ke bawah. Gravitasi Bumi terbentuk dari massa bumi dan menarik segala sesuatu di Bumi ke pusat Bumi. Sehingga semua benda yang ada di Bumi jatuh ke bawah atau menuju pusat gravitasi di pusat Bumi.

Benda Memiliki Berat

Akibat gaya gravitasi Bumi juga menyebabkan semua benda yang ada di Bumi memiliki berat. Sebab, gravitasi bekerja dengan menarik benda yang memiliki massa dan membentuk satuan berat. Semakin berat gaya gravitasinya maka akan semakin berat pula bendanya yang di Bumi.

Menahan Atmosfer

Fungsi gravitasi yang tidak kalah penting yaitu menahan atmosfer dan udara di Bumi. Sehingga Bumi terlindungi atmosfernya dan tetap memiliki pasokan oksigen untuk bernafas makhluk hidup.

Tanpa gravitasi maka atmosfer dan udara yang penting akan menghilang ke luar angkasa.

Menjaga Satelit Tetap Mengorbit

Gravitasi mampu membuat satelit tetap mengorbit Bumi dan tidak akan hilang ke luar angkasa. Baik itu satelit alami Bumi seperti Bulan maupun satelit buatan manusia. Misalnya yaitu membuat satelit komunikasi, cuaca, navigasi, dan lainnya tetap mengorbit Bumi.

Akibat Gaya Gravitasi Bumi, Benda di Bumi Tidak Melayang

Benda di Bumi tidak melayang dan posisinya selalu tetap karena adanya gravitasi Bumi. Bumi sendiri selalu berputar pada porosnya dan selalu bergerak mengelilingi matahari. Karena itu, tanpa gravitasi maka benda akan bergerak dalam garis lurus dan akan menjauhi Bumi.

Air Mengalir ke Bawah

Kita selalu melihat air hujan yang jatuh ke bawah yaitu ke permukaan Bumi. Kemudian air sungai juga akan mengalir ke laut dan genangan air akan terbentuk di dataran rendah.

Air yang selalu mengalir ke bawah tersebut juga termasuk akibat dari gravitasi Bumi. Itulah beberapa akibat gaya gravitasi Bumi, sangat penting dan bermanfaat bukan?