Ikan Lamprey Pasifik, Hewan Purba Penghisap Darah

235
Ikan Lamprey Pasifik
Ikan Lamprey Pasifik Penghisap Darah. Foto: Ilustrasi/Istimewa

Texno.ID – Ikan Lamprey Pasifik termasuk salah satu jenis ikan misterius. Pasalnya, ikan ini tidak memiliki rahang sebagaimana jenis ikan lainnya. Pada dasarnya, ikan yang bernama latin Enthosphenus tridentatus ini termasuk ikan purba Agnatha.

Mengenal Ikan Lamprey Pasifik

Sebagai salah satu ikan misterius, tentu menarik untuk mengenalnya secara lebih dekat. Untuk mengenalnya, Anda bisa cermati beberapa poin di bawah ini.

Waktu Revolusi

Perlu untuk Anda ketahui bahwa ikan purba ini berevolusi sekitar 450 juta tahun yang lalu. Dengan waktu revolusi tersebut, menandakan bahwa ikan ini mendahului pepohonan dan dinosaurus.

Habitat

Untuk mengenalnya secara lebih dekat, pastikan Anda juga memahami habitatnya. Ikan ini seringkali hidup di ekosistem air tawar maupun laut yang ada di Pasifik Utara. Mulai dari California sampai dengan Alaska.

Selain itu, ekosistem ikan Lamprey Pasifik ini juga melintasi Laut Bering sampai Rusia hingga Jepang. Dengan habitat tersebut, setidaknya ada 40 spesies Lamprey yang tersebar di penjuru dunia sebagaimana laman Live Science.

Karakteristik

Perihal karakteristiknya, ikan ini tidak memiliki tulang. Kerangkanya terbuat dari tulang rawannya. Tak berhenti di situ, ikan ini juga tidak memiliki rahang.

Meski tanpa rahang, ikan ini memiliki mulut penghisap lengkap dengan gigi. Mulut tersebut berguna untuk menghisap darah maupun cairan tubuh mangsanya. Untuk mangsanya seperti halnya Flatfish, Pacific Hake, Salmon Pasifik, dan Rockfish.

Masih seputar karakteristiknya, ikan ini bisa tumbuh sampai panjangnya sekitar 84 cm. Di dalam ikan ini ada kandungan kalori yang melimpah daripada salmon sehingga dagingnya sangat berlemak.

Karena berdaging, ikan Lamprey Pasifik ini sering jadi mangsa spesies burung maupun mamalia. Dari keseluruhan karakteristik, tak sedikit yang menyebut ikan ini mirip dengan belut.

Perkembangbiakan

Perkembangbiakan ikan ini juga menarik untuk Anda ketahui. Ikan betina bertelur sampai 200.000 telur. Telur yang ada di sarang tersebut nantinya diteteskan dalam air tawar. Waktu penetasan sekitar 4 minggu.

Ketika larvanya sudah menetas, ikan akan menggali ke sedimen dan terkubur selama satu dekade. Ikan akan kembali muncul ke permukaan sebagai remaja dan pindah ke hilir untuk mencari makan.

Setelah dari hilir laut, ikan Lamprey Pasifik akan kembali ke habitatnya di air tawar untuk bereproduksi selang beberapa tahun kemudian. Selanjutnya menempuh perjalanan lagi ke daratan untuk pemijahan dan pemeliharaan.

Dengan perkembangbiakan tersebut, ikan ini bisa bertahan setidaknya dari 4 kepunahan massal. Bahkan ikan ini memiliki peranan yang terbilang cukup penting di ekosistem air tawar maupun laut.

Setelah menyimak uraian di atas, Anda bisa mengenal lebih dekat apa itu ikan Lamprey Pasifik. Ikan purba ini memang sangat unik dan misterius. Semakin mencuri perhatian karena kemampuan menghisap darah pada tubuh ikan-ikan lain.