Contoh Tulang Pipa, Pendek, Pipih dan Tidak Beraturan Dalam Tubuh

0
175
Contoh Tulang Pipa, Pendek, Pipih dan Tidak Beraturan Dalam Tubuh
Ilustrasi Contoh Tulang Pipa. Foto: slideshare.net

Texno.ID – Contoh tulang pipa menjadi salah satu bagian dari jenis tulang. Tulang pipa disebut juga dengan tulang panjang. Hal ini karena bentuknya yang panjang seperti tabung.

Dengan struktur yang padat serta keras, akan berfungsi untuk menjadi penopang dan fondasi yang kuat ketika tubuh melakukan pergerakan. Sehingga tulang ini bisa dikatakan sebagai tumpuan gerakan.

Tubuh manusia terdiri beberapa tulang panjang dengan fungsinya masing-masing. Selain tulang panjang atau tulang pipa, masih ada tulang pipih, pendek, dan tidak beraturan.

Pengertian dan Contoh Tulang Pipa

Dalam ilmu biologi, tulang termasuk bagian yang dipelajari. Salah satunya adalah tulang pipa yang memiliki bentuk panjang serta bulat mirip seperti pipa.

Jika kalian pernah mendengar tulang panjang, maka itulah yang namanya dengan tulang pipa atau dalam bahasa Inggrisnya bernama long bone. Nantinya akan membahas contoh tulang pipa serta bagian jenis lainnya sebagai bagian dari macam-macam tulang tubuh.

Dengan bentuk bulat berongga berupa tulang spons yang bagian bawahnya terhubung pada bagian tulang lainnya dan membentuk persendian.

Sehingga tulang ini menjadi tumpuan pergerakan tubuh. Pada bagian tengahnya berongga dan memiliki sumsum dengan warna kuning serta merah.

Dalam sumsum tersebutlah akan ada produksi sel darah. Secara umum, tulang panjang ini akan berfungsi untuk menopang berat tubuh serta sebagai fasilitas pergerakan tubuh.

Untuk menjadi penopang, akan menjadi bagian penting yang ada pada bagian batangnya. Sedangkan yang berfungsi untuk pergerakannya adalah bagian ujung yang membentuk persendian pada tulang lainnya sehingga tulang bisa bergerak dengan bebas.

Contoh Tulang Pipa Berdasarkan Lokasinya

Untuk kalian yang masih belum tahu bagian mana saja yang menjadi tulang pipa, maka perhatikan contoh berikut ini. Untuk contoh dari tulang pipa yang ada dalam tubuh manusia menurut lokasinya terdiri dari tulang lengan atas (humerus), hasta (ulna), betis (fibula), kering (tibia), penggumpil (radius), dan paha (fermur).

Lalu ada tulang untuk bagian jari kaki, tangan pada bagian tengahnya (metacarpal), dan jari kaki dengan tangan untuk bagian atas (phalanges).

Jenis Lain Selain Tulang Pipa

Seperti yang dijelaskan pada bagian atas, jika tulang manusia tidak hanya terdiri dari tulang pipa atau panjang saja. Namun masih ada beberapa bentuk tulang lainnya yang bisa kalian pelajari lebih lengkap lagi.

Berikut ini adalah tulang yang membentuk tubuh manusia selain contoh tulang pipa yang bisa kalian pahami jika tubuh bisa bergerak dengan adanya tulang berikut.

Tulang Pendek

Tulang yang pertama ada tulang pendek yang memiliki bentuk kubus dengan ukuran panjang, tebal, dan lebarnya sama. Selain itu, tulang ini menjadi kebalikan dari tulang panjang, namun tidak memiliki rongga.

Bagian lainnya memiliki sumsum untuk produksi sel darah merah. Untuk jenis ini bisa kalian temukan pada bagian tubuh seperti pergelangan tangan dengan bagian tulang tangan bernama carpus serta yang ada pada bagian kaki bernama tarsus.

Jenis ini akan membantu manusia untuk menjaga keseimbangan dengan melakukan beberapa gerakan terbatas. Bukan hanya contoh tulang pipa saja, namun jenis ini ada pada pergelangan tangan. Lalu pada bagian ruas jari kaki dan tangan juga ada tulang pendeknya.

Tulang Pipih

Selanjutnya ada tulang pipih yang berbentuk tipis dengan terkadang melengkung. Namun bagian tulang ini akan padat, keras, serta tidak memiliki rongga.

Bagian bawahnya akan ada tulang spons yang memiliki isi sumsum untuk produksi sel darah merah. Adapun yang termasuk dalam jenis ini adalah tulang tengkorak, belikat, dada, serta rusuk. Umumnya tulang ini akan menempel pada otot serta menjaga organ penting pada tubuh.

Tulang Tak Beraturan

Tulang yang masuk dalam kategori ini adalah semua tulang yang tidak termasuk dalam jenis pipa, pipih, serta pendek. Seperti tulang belakang yang bertugas untuk memberikan perlindungan untuk saraf bagian belakang.

Pada bagian wajah juga ada yang masuk dalam bagian jenis tersebut. Adanya contoh tulang pipa dan lainnya membuat kalian bisa mengetahui jenis tulang yang ada dalam tubuh manusia dengan fungsinya sebagai pergerakan dan menopang tubuh. (CW001)

Editor : Deni Supendi