Fakta Famili Bovidae, Kelompok Hewan dengan Banyak Spesies

36
Fakta Famili Bovidae, Kelompok Hewan dengan Banyak Spesies
Fakta Famili Bovidae. Foto: Ilustrasi/Istimewa

TEXNO.ID – Fakta famili bovidae menjadi bahasan menarik untuk Anda saat ini. Famili bovidae memiliki beberapa fakta menarik yang berbeda dari lainnya. Mungkin belum banyak yang tahu apakah famili bovidae tersebut. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengetahui tentang famili bovidae tersebut pada bahasan kali ini.

Fakta Famili Bovidae Keluarga Hewan yang Tersebar Luas di Seluruh Dunia

Famili bovidae merupakan keluarga hewan yang tersebar luas pada seluruh dunia. Keluarga hewan tersebut tersebar mulai dari gurun pasir Sahara sampai dataran tinggi Andes. Famili bovidae merupakan keluarga hewan yang masuk dalam golongan ordo sub ordo, artiodactyla, infraordo, pecora, dan ruminansia. Keluarga hewan tersebut terdiri dari beberapa hewan yang memiliki kuku genap. 

Beberapa hewan yang memiliki kuku genap yaitu seperti kambing, sapi, kerbau, dan domba. Terdapat beberapa fakta menarik tentang keluarga hewan tersebut. Berikut ini merupakan beberapa fakta menarik mengenai famili bovidae:

1. Memiliki Kuku Khusus yang Bisa Menyesuaikan Habitat

Famili bovidae memiliki beberapa kuku-kuku yang secara khusus. Kuku-kuku tersebut bisa menyesuaikan dengan gaya hidup dan habitat hewan. Misalnya seperti kambing yang memiliki kuku membelah. Dengan kuku yang membelah tersebut bisa membantu kambing bergerak pada pegunungan curam. 

Sedangkan pada sapi misalnya yang memiliki kuku rata. Kuku rata pada sapi bisa membantu mereka untuk bergerak padang rumput yang luas. Pada hewan antelop memiliki hukum melengkung yang tajam. Kuku melengkung dan tajam tersebut berfungsi untuk melindungi diri dari predator dan melakukan gerakan pada lingkungan batuan.

2. Mengandalkan Rumen dalam Mencerna Makanan

Fakta famili bovidae yaitu mengandalkan rumen untuk mencerna makanan. Keluarga famili bovidae merupakan hewan yang tergolong dalam ruminansia. Ruminansia merupakan hewan yang memiliki perut berkantung yang bisa mencerna makanan yang sulit dengan bantuan bakteri di dalamnya. 

Perut hewan ruminansia terdiri dari empat kantong yaitu rumen, omasum, abomasum, dan retikulum. Kantong rumen yaitu merupakan kantung pertama yang terbesar. Rumen berfungsi untuk menyimpan makanan mentah yang nantinya tercerna oleh protozoa dan bakteri.

3. Memiliki Habitat Luas

Famili bovidae merupakan keluarga hewan yang memiliki habitat luas. Kelompok hewan tersebut bisa ditemukan pada berbagai jenis habitat seluruh dunia. Berbagai jenis habitat tersebut mulai dari Padang rumput, pegunungan, hutan, gurun, sampai Antartika. Kelompok hewan yang terkenal dari keluarga hewan tersebut yaitu seperti kambing, sapi, kerbau, dan domba. 

Beberapa hewan tersebut saat ini mudah anda temukan pada berbagai belahan dunia. Selain itu juga terdapat spesies famili bovidae liar yang hidup pada habitat khusus. Keluarga hewan yang liar tersebut seringkali terancam punah karena banyak yang memburu dan merusak habitat mereka.

Nah, itu tadi ulasan tentang beberapa fakta famili bovidae yang bisa Anda ketahui. Famili bovidae terdiri dari berbagai spesies hewan yang tersebar ke seluruh dunia. Kelompok hewan tersebut juga bisa hidup pada berbagai habitat.