Fakta Planet Neptunus, Dijuluki Si Biru Hingga Pembuat Masalah

3
Fakta Planet Neptunus, Dijuluki Si Biru Hingga Pembuat Masalah
Ilustrasi Fakta Planet Neptunus. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Fakta planet Neptunus menjadi salah satu informasi yang unik untuk kita kulik. Neptunus merupakan planet yang mendapatkan julukan si biru.

Dalam urutan planet tata surya, Neptunus menempati urutan ke delapan. Planet ini terbentuk karena tangkapan gas yang ada di sekitarnya.

Awal mulanya, planet ini hanya berukuran bola berdasarkan perjalanan waktu, ukuran itu pun kian membesar.

Mengenal Fakta Planet Neptunus

Hingga saat ini, masih belum banyak orang-orang yang mengetahui fakta maupun karakteristik dari planet ini. Sebagai tambahan ilmu pengetahuan kita, berikut ini adalah fakta-fakta menariknya.

1. Memiliki Usia yang Sama dengan Matahari

Neptunus memiliki usia yang sama dengan Matahari. Itu artinya, planet Neptunus berusia lebih tua daripada Bumi yakni sekitar 1 miliar tahun lebih tua dari Bumi.

Bumi yang menjadi tempat tinggal manusia mempunyai usia sekitar 4,5 miliar tahun. Dengan begitu, Neptunus merupakan planet yang berusia sekitar 4,6 miliar tahun.

2. Memiliki Rotasi yang Cepat dan Revolusi Lama

Fakta planet Neptunus lainnya yakni memiliki rotasi yang cepat dan revolusi lama. Neptunus hanya membutuhkan waktu 18 dalam satu kali rotasi.

Hal ini terjadi lantaran Neptunus memiliki permukaan yang tidak dapat. Sementara itu, waktu yang planet ini butuhkan untuk melakukan revolusi yakni 164, 8 tahun Bumi mengitari matahari.

Selain itu, lamanya waktu revolusi Neptunus juga dipengaruhi oleh jaraknya dengan Matahari. Pasalnya, bila kita bandingkan dengan planet lainnya, Neptunus memiliki jarak yang lebih jauh.

3. Mendapatkan Julukan Si Biru

Mendapatkan julukan si biru ini juga menjadi salah satu fakta planet Neptunus lainnya. Neptunus memiliki atmosfer yang terdiri atas helium dan hydrogen.

Atmosfer tersebut terdiri dari metana, air, amonia, dan es. Berkat kandungan metana inilah, Neptunus menjadi planet berwarna biru. Tak hanya itu saja, susunan atmosfer dan lautan menutupi permukaan planet ini sekitar 70 persen.

4. Memiliki Cincin

Fakta planet Neptunus yang tak kalah menarik yakni memiliki cincin. Planet ini memiliki lima buah cincin.

Menariknya lagi, nama dari cincin-cincin tersebut sesuai dengan nama astronom yang menemukannya. Seperti Adams, Arago, Lassell, Galle dan Le Verrier.

Pada dasarnya, cincin Neptunus ini sedikit sulit untuk kita amati. Cincin tersebut memiliki susunan yang terdiri atas 20 persen debu dan 70 persen beberapa kandungan debu micrometer.

Cincin planet Neptunus ini hampir mirip dengan cincin Jupiter karena berupa batuan kecil. Akibat adanya kemungkinan senyawa organik yang sudah berubah efek dari paparan radiasi kosmik, cincin tersebut terlihat gelap.

5. Planet yang Selalu Membuat Masalah

Siapa sangka jika salah satu fakta planet Neptunus merupakan planet yang selalu menyebabkan masalah. Hal ini karena Neptunus selalu menarik salah satu satelit alami Triton supaya bisa mendekat ke permukaannya.

Fenomena ini terjadi, karena Neptunus memiliki gaya gravitasi yang kuat setelah Jupiter. Berdasarkan hal inilah, tak heran jika Neptunus mendapatkan julukan si pembuat masalah.

6. Memiliki Badai yang Menakutkan

Pada tahun 1989 lalu, telah ditemukan dua dark spots atau titik biru gelap yang diketahui sebagai badai besar. Badai yang pernah terjadi di Neptunus ini memiliki ukuran sebesar Bumi.

Sedangkan untuk kecepatan anginnya, mencapai 1.340 km per detik. Selain itu, Neptunus sendiri juga memiliki suhu yang cukup ekstrim.

Pada puncak awannya suhu dapat mencapai -221,45 derajat Celcius. Karena fakta planet Neptunus inilah, manusia tidak dapat bertahan hidup dan akan membeku dalam sekejap.