Game Edukasi Anak PC Membantu Perkembangan Otak Anak

0
375
Game Edukasi Anak PC Membantu Perkembangan Otak Anak
Ilustrasi Game Edukasi Anak PC. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Game edukasi anak PC merupakan game yang akan membawa dampak baik terhadap anak-anak kita. Tak bisa dipungkiri, ketika anak melihat orangtuanya bekerja menggunakan laptop atau PC, pasti seorang anak mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi atau biasa disebut kepo.

Rasa kepo tersebut akan mendorong anak untuk melihat layar laptop anda, dari situ anak akan tahu tentang bagaimana pengoperasiannya, apalagi melihat tidak satu ataupun dua kali.

Sebenarnya bagus kalau anak tahu tentang bagaimana cara mengoperasikan, asalkan sebagai orang tua anda harus tetap mengawasinya.

Rekomendasi Terbaik Game Edukasi Anak PC

Di era modern ini, permainan anak usia dini atau PAUD sudah populer di kalangan ibu rumah tangga seluruh dunia. Bukan lagi orang dewasa yang menggunakan dan membeli perangkat game ini, melainkan anak-anak. Game edukasi berbasis aplikasi juga sudah dinanti-nantikan, berikut ini rekomendasi game edukasi anak PC.

Game edukasi yang pertama adalah Petting Zoo yang merupakan aplikasi edukasi untuk memperkenalkan jenis-jenis binatang kepada anak-anak.

Baca:  Game AyoDance Puzzles, Jebolan Baru untuk Inovasi Tahun Baru

Ada 21 hewan hasil gambaran tangan yang dianimasikan dengan cara unik. Setiap hewan memiliki soundtrack musik sendiri-sendiri dan tidak ada kembarannya.

Game edukasi yang kedua SoundTouch Interactive, yang menawarkan gambar-gambar binatang. Bukan untuk mengetahui nama-namanya saja, akan tetapi mengetahui bagaimana suaranya. Game ini juga menyediakan pilihan korelasi kendaraan, alat musik, juga barang-barang rumah tangga.

Game edukasi anak PC yang berikutnya adalah Endless Alphabet. Biasanya waktu kita untuk belajar ABC itu di tingkat pendidikan TK (Taman Kanak-kanak), namun sekarang ini kita bisa mengajarkan kepada anak kita mengenai alphabet sejak usia dini. Endless menyuguhkan kilauan warna untuk membantu anak membaca.

Game edukasi anak PC selanjutnya Endless Number, agak terlalu dini mungkin untuk mengajarkan anak tentang belajar angka. Justru malah baik, karena angka adalah bentuk komunikasi yang paling mudah berdasarkan logika. Permainan ini dimulai dengan memperkenalkan angka, urutan, sampai aritmatika dasar.

Lalu Kids Doodle and Color Draw, merupakan game yang mengajarkan anak-anak untuk membuat coretan-coretan manja tanpa harus membuat rumah berantakan. Anak-anak juga bisa memilih media kanvas atau foto yang ingin mereka gunakan untuk menggambar.

Baca:  Game Balap Mobil PC Ringan Rekomendasi Terbaik untuk PC Jadul Anda

Intellijoy juga merupakan game edukasi anak PC kategori terbaik dengan jumlah rating lima malahan, game ini mempunyai 17 aplikasi mendidik seperti Kids ABC, Letters, dan Kids Shapes and Colors. Game dengan paket komplit ini sangat cocok untuk menambah pengetahuan anak anda.

Manfaat Edukatif Anak Main Game

Dengan kita mengajarkan game pada anak, bukan berarti akan terus-terusan berdampak buruk. Asalkan sebagai orangtua anda harus terus mengawasi tentang perkembangan anak dalam menggunakan permainan tersebut. Berikut ini beberapa manfaat game edukasi anak PC.

Kita tahu dunia anak memang identik dengan dunia bermain. Dorongan internal akan membantu pertumbuhan sel saraf otak yang memungkinkan anak melakukan aktif saat bermain tanpa kenal lelah.

Dalam suasana riang gembira, anak dapat menyalurkan energi yang terkandung dalam tubuh, belajar, dan juga berlatih. Saat anak gemar main puzzle, pasti bisa membedakan mana yang besar dan mana yang kecil.

Baca:  Game Buatan Indonesia yang Mendunia Mengharumkan Nama Bangsa

Untuk melatih motorik dasar anak, bisa kita lihat saat anak menggerakkan, melempar, dan mengangkat permainannya. Meraba menggunakan lima jari juga akan membantu melatih kemampuan motorik anak anda.

Mengenalkan anak usia dini tentang game akan membantu kita dalam pengenalan warna, bentuk, dan tekstur sehingga ketika usia anak memasuki usia sekolah mereka tidak akan kebingungan.

Game edukatif anak PC akan berdampak sangat baik jika ada arahan yang baik. Kita sebagai orang tua harus melakukan komunikasi saat anak sedang bermain game, seperti mendongeng, bercerita, dan yang lainnya. Metode seperti nantinya akan menambah kemampuan verbal dan bahasa anak.

Mengenalkan game online pada anak tak hanya mengenalkan tentang bermain, bermain, dan bermain saja. Tetapi, juga belajar. Karena meskipun situasinya bermain, tapi mereka bisa mengenal sesuatu yang baru.

Game itu tak selamanya akan berdampak buruk. Jika arahannya baik dan benar, game edukasi anak PC juga akan membantu perkembangan, kreativitas, dan wawasan. (CW001)

Editor : Deni Supendi