Home Sains Fakta Galaksi Sombrero, Induk AGN dengan Struktur Unik

Fakta Galaksi Sombrero, Induk AGN dengan Struktur Unik

77
Fakta Galaksi Sombrero
Fakta Galaksi Sombrero di Luar Angkasa. Foto: Ilustrasi/Istimewa

Texno.ID – Fakta Galaksi Sombrero perlu Anda ketahui ketika mempelajari antariksa. Sombrero memang merupakan salah satu galaksi yang memiliki banyak fakta mengesankan. Keberadaan objek tersebut membuat luar angkasa jadi semakin menarik untuk ilmuwan teliti secara lebih mendalam.

Fakta Galaksi Sombrero di Luar Angkasa

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa di luar angkasa ada banyak galaksi. Adapun salah satunya yaitu Sombrero. Pastikan Anda tahu apa saja faktanya agar lebih mengenal galaksi ini dengan baik.

Penemu

Salah satu faktanya berkaitan dengan sang penemu. Galaksi ini terungkap dari pengamatan astronom Spanyol yang bernama Elio Quiroga Rodriguez.

Astronom tersebut menganalisa fotonya dari hasil tangkapan teleskop luar angkasa Hubble. Astronom ini sendiri berasal dari Mid Atlantic University.

Fakta Galaksi Sombrero ini terungkap dari lansiran Phys pada Selasa (22/8/2023). Karena adanya galaksi tersebut, ilmuwan jadi lebih aktif dalam meneliti.

Induk AGN

AGN merupakan istilah untuk galaksi aktif. Galaksi aktif ini berupa area padat yang ada di pusat galaksi.

Jika Anda bandingkan dengan cahaya galaksi yang ada di sekitarnya, tentu AGN mempunyai cahaya yang lebih terang. Bukan hanya itu saja, AGN juga lebih energik.

Adapun alasannya yakni ada lubang hitam di inti galaksi. Rupanya Sombrero ini jadi induk galaksi aktif tersebut.

Hanya saja, belum terungkap secara pasti apakah Sombrero termasuk induk AGN tipe 1 atau 2. Pasalnya, masih perlu penelitian lebih lanjut.

Sekilas untuk Anda tahu, astronom memang seringkali membagi AGN jadi dua kelompok sesuai dengan karakteristik garis emisinya. Tipe 1 biasanya memiliki garis emisi lebar dan sempit. Sementara tipe 2 berupa garis emisi sempit.

Penamaan

Fakta lainnya juga bisa Anda ketahui seputar penamaan Galaksi Sombrero. Galaksi ini memiliki nama unik dan terkesan membingungkan.

Namun nyatanya nama tersebut berasal dari bentuknya. Astronom menamai galaksi ini dengan Sombrero sebab bentuknya mirip topi khas orang Latin tersebut.

Struktur

Fakta menarik lainnya juga bisa Anda temukan dari struktur. Faktanya, galaksi ini memiliki struktur unik dengan jarak sampai 28 juta tahun cahaya dari planet Bumi.

Selain itu, jari-jari pada galaksi ini berkisar 60.000 tahun cahaya. Karena hal itu, bisa kita bayangkan betapa jauh dan besarnya galaksi Sombrero.

Susunan

Pastikan Anda juga tidak melewatkan pembahasan atau fakta seputar susunannya. Galaksi ini memiliki susunan dengan komposisi yang beragam.

Susunannya mulai dari gas hidrogen, debu antariksa, dan awan debu. Selain itu, terdapat materi gelap dan gas lain yang sudah mendingin di bagian cincin galaksi.

Setelah menyimak uraian di atas, Anda bisa tahu bahwa fakta galaksi Sombrero sangat beragam dan menarik. Untuk Anda yang tertarik dalam mempelajari luar angkasa, jangan sampai lewatkan pembahasan ini. Guna mengetahui informasi lainnya, ilmuwan masih terus berupaya untuk meneliti galaksi ini.