Sumber Energi Panas di Sekitar Kita dan Manfaatnya

67
Sumber Energi Panas di Sekitar Kita dan Manfaatnya
Ilustrasi Sumber Energi Panas di Sekitar. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Sumber energi panas di sekitar kita memang sangat beragam. Dalam kehidupan sehari-hari, sumber energi panas ini memiliki peranan yang sangat penting. Energi panas Bumi ini juga bisa kita kenal dengan istilah energi geothermal.

Pada dasarnya, energi panas Bumi ini berasal dan disimpan dalam inti Bumi. Bila kita bandingkan dengan bahan bakar fosil, maka panas Bumi ini memiliki sumber energi bersih.

Macam-Macam Sumber Energi Panas di Sekitar Kita

Energi panas ini memiliki asal yang berbeda-beda. Supaya tidak bingung lagi untuk membedakannya, berikut ini merupakan macam-macam dari sumber energi.

1. Matahari

Matahari merupakan energi panas terbesar. Bahkan, energi panas yang dihasilkan oleh Matahari sangatlah banyak dan tidak ada batasnya.

Saking banyaknya, cahaya Matahari mampu menyinari seluruh bagian Bumi. Cahaya Matahari ini memberikan banyak manfaat bagi makhluk hidup.

Entah itu bagi manusia, hewan, tumbuhan, maupun makhluk hidup lainnya. Misalnya saja, cahaya Matahari merupakan sumber vitamin D.

Kita memanfaatkan cahaya Matahari untuk mengeringkan pakaian. Dengan berjemur di bawah sinar Matahari, tubuh akan terasa lebih hangat.

Bagi tumbuhan sinar Matahari ini berfungsi untuk proses fotosintesis. Cahaya Matahari juga bisa kita manfaatkan sebagai pembangkit listrik.

2. Panas Api

Sumber energi panas di sekitar kita lainnya yakni panas api. Api ini merupakan sumber panas yang bisa kita hasilkan dari berbagai hal.

Misalnya saja seperti batu bara, minyak, gas, hingga kayu yang kita bakar. Pemanfaat sumber energy panas dari api ini sudah sangat identic dalam kehidupan kita.

Misalnya saja, api yang berasal dari minyak atau kompor, bisa kita gunakan untuk memasak. Panas dari kayu bakar bisa menghangatkan tubuh kita.

Nyalanya lilin atau lampu minyak juga bisa menjadi penerang ketika dalam kondisi gelap. Namun, panas api ini juga menimbulkan dampak buruk dan merugikan makhluk hidup bila berlebihan.

Pasalnya, api dapat dengan mudah membakar apa saja yang ada di sekitarnya. Hal ini bisa kita lihat saat terjadi kebakaran gedung atau hutan.

3. Listrik

Energi panas lainnya yang tak lepas dari kehidupan kita yakni panas listrik. Sama seperti panas Matahari dan api, panas listrik ini juga memberikan banyak manfaat dalam kehidupan kita.

Meskipun listrik, akan tetapi bisa kita ubah menjadi energi panas. Misalnya saja seperti rice cooker, oven, setrika, kompor listrik, dan lain sebagainya.

4. Panas dari Gesekan

Sumber energi panas di sekitar kita selanjutnya yakni berasal dari gesekan. Hal ini bisa kita buktikan saat berada pada tempat yang mempunyai suhu dingin.

Ketika kita menggosokan kedua telapak tangan dengan cepat, maka akan menghasilkan panas. Hal ini juga bisa berlaku untuk benda-benda lainnya.

Pada zaman dahulu, manusia membuat energi panas ini dengan cara menggosokkan dua buah batu atau batang kayu. Dari gesekan kedua benda itulah, akan menghasilkan percikan api.

Kemudian, percikan api tersebut dapat kita manfaatkan untuk membuat api yang lebih besar untuk menghangatkan badan atau memasak.

Selain macam-macam dan manfaatnya, energi panas ini juga memiliki beberapa sifat. Misalnya, dapat berpindah, mampu mengubah suhu, dapat mengubah bentuk maupun volume benda, hingga bisa membuat benda memuai.

Selain itu, sumber energi panas di sekitar tersebut, ada yang bisa kita perbarui atau selalu tersedia dan tidak dapat terbaharui. Maka dari itulah, dalam penggunaannya kita harus bersikap bijaksana dan tidak asal-asalan.