Anatomi Tubuh Manusia, Apa Saja Fungsinya untuk Tubuh?

0
843
Anatomi Tubuh Manusia, Apa Saja Fungsinya Untuk Tubuh
Ilustrasi Anatomi Tubuh Manusia. Foto: galena.co.id

Texno.ID – Anatomi tubuh manusia merupakan bagian yang mempelajari mengenai struktur tubuh manusia. Yang terdiri dari sel, jaringan, organ, serta sistem organ.

Sistem organ inilah yang akan menyusun tubuh. Selain itu, sistem ini terdiri dari berbagai jenis struktur dan memiliki fungsinya sendiri.

Anatomi Tubuh Manusia

Sistem anatomi manusia memiliki struktur dan fungsinya sendiri seperti berikut ini. Untuk memahami peranan dan anatominya, bisa simak penjelasannya.

Sistem Rangka

Tubuh manusia terdapat sistem rangka yang memiliki tulang 206 dengan saling terhubung pada tendon, ligamen, serta tulang rawan. Tulang ini tersusun dengan adanya kerangka aksial dengan kerangka apendikular.

Adapun fungsi kerangka ini untuk bergerak, memberikan bentuk tubuh, melindungi organ dalam, menopang, dan menjadi tempat melekatnya otot.

Sistem Otot

Untuk membantu pergerakan tubuh, maka tubuh memiliki 650n otot. Selain membantu pergerakan tubuh, juga untuk mengalirkan darah dan fungsi lainnya.

Dalam tubuh ada 3 macam otot, seperti otot polos, lurik, dan jantung. Salah satu otot termasuk dalam anatomi tubuh manusia yang memiliki peranan besar untuk mengalirkan darah dan oksigen.

Sistem Peredaran Darah

Sistem yang satu ini terdiri dari jantung, pembuluh darah, beserta 5 liter darah. Jantung bisa memompa darah ke seluruh tubuh hanya 1 menit saja. Adapun fungsi utama sistem ini sebagai berikut.

Mengedarkan darah untuk sampai ke seluruh tubuh yang membawa berbagai nutrisi dan oksigen yang tubuh perlukan. Melindungi tubuh dengan menggunakan sel darah putih untuk menghilangkan patogen atau kuman yang terlanjur masuk ke dalam tubuh.

Lalu mempertahankan homeostasisi, yaitu keseimbangan tubuh untuk beberapa kondisi internal dengan membantu menjaga suhu tubuh agar tetap stabil dan mengendalikan aliran darah yang ada pada permukaan kulit.

Sistem Pencernaan

Pada sistem ini akan menerima makanan dan memprosesnya dengan mengubah makan menjadi energi dan menyerap gizi yang ada pada makanan untuk sampai pada darah.

Lalu membuang sisa makanan. Saluran ini melewati mulut, faring, laring, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.

Sistem Endokrin

Anatomi tubuh manusia selanjutnya sistem endokrin yang memiliki beberapa kelenjar yang mempunyai hormon dalam darah. Kelenjar ini seperti hipotalamus, pituitari, pineal, tiroid, paratiroid, adrenal, pankreas, serta gonad atau kelenjar kelamin.

Semua kelenjar untuk membantu homeostosis yang ada dalam tubuh, termasuk metabolisme, reproduksi, perkembangan seksual, dan yang lainnya.

Sistem Saraf

Sistem ini terdiri dari otak, sumsum tulang belakang, organ sensorik, dan saraf yang berhubungan dengan organ lainnya. Untuk otak dan sumsum tulang belakang menjadi pusat kontrol tubuh.

Sistem Pernapasan

Anatomi tubuh manusia selanjutnya ada sistem pernapasan yang berfungsi untuk menyediakan oksigen dalam mengantar sel tubuh dan mengeluarkan karbondioksida.

Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu sistem untuk menjadi pertahanan tubuh dari berbagai macam bakteri dan virus. Bahkan untuk melindungi dari patogen lainnya yang berbahaya.

Sistem Limfatik

Selanjutnya ada sistem limfatik meliputi kelenjar getah bening, saluran getah bening, dan pembuluh getah bening. Semuanya ini untuk mempertahankan tubuh dari bahaya. Dengan adanya sistem ini, bisa mengatur kadar cairan getah bening.

Sistem Ekskresi dan Urine

Salah satu sistem pembuangan untuk mengeluarkan berbagai macam zat sisa dengan menggunakan ginjal, hati, kulit, serta paru-paru. Selain itu, untuk mempertahankan homeostasis air, ion, pH, kalsium, dan tekanan darah.

Salah satu fungsi anatomi tubuh manusia dengan adanya hati untuk mengeluarkan empedu, kulit untuk mengeluarkan keringat, dan paru-paru untuk menjadi jalan keluar dari uap air serta karbon dioksida.

Sistem Reproduksi

Dengan sistem anatomi tubuh manusia yang satu ini memungkinkan manusia untuk bereproduksi. Reproduksi pria dengan adanya penis dan testis untuk menghasilkan sperma. Sedangkan untuk wanita berupa vagina, rahim, serta ovarium.

Sistem Integumen

Kulit yang disebut dengan sistem intagumen memiliki peranan besar untuk tubuh manusia dalam melindungi tubuh dari dunia luar. Dengan mempertahankan tubuh dari berbagai macam virus, bakteri, serta patogen lainnya.

Sistem anatomi tubuh manusia yang satu ini menjadi salah satu pertahanan yang pertama kali untuk melawan bakteri, virus, dan patogen. Selain itu, dengan adanya kulit bisa mengatur suhu tubuh serta menghilangkan berbagai zat menggunakan keringat. (CW001)

Editor : Deni Supendi