Cara Berkembang Biak Bintang Laut Beserta Jenis-Jenisnya

335
Cara Berkembang Biak Bintang Laut Beserta Jenis-Jenis Bintang Laut
Ilustrasi Cara Berkembang Biak Bintang Laut. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara berkembang biak bintang laut beserta jenis-jenis di perairan Tropis. Perairan Tropis memiliki beberapa jenis bintang laut (Asteroidea). Bintang laut merupakan spesies yang cukup banyak menghuni perairan Tropis. Sekitar 2000 jenis bintang laut yang menghuni terumbu karang serta hutan rumput laut di Indonesia.

Ketahui Cara Berkembang Biak Bintang Laut

Bintang laut pada dasarnya sama seperti binatang lain yaitu memiliki sistem reproduksi. Bedanya bintang laut dapat berkembang biak dengan dua cara. Pertama dengan cara fragmentasi atau secara aseksual. Kedua melalui seksual dengan proses pembuahan eksternal atau bertemunya sel ovum dan sel sperma yang terjadi di dalam air.

Berikut ini kita akan jelaskan perbedaan proses reproduksi aseksual dan seksual pada proses cara berkembang biak bintang laut di laut tropis. Namun, perlu diingat. Pada umumnya, cara berkembang biak bintang laut di seluruh lautan dunia memiliki kesamaan.

Reproduksi Aseksual dengan Cara Fragmentasi

Cara reproduksi aseksual terjadi ketika bagian-bagian tubuh induk bintang laut membelah diri ataupun terpotong menjadi beberapa bagian. Kemudian bagian-bagian tubuh bintang laut yang telah terpisah tumbuh kembali dan berkembang membentuk individu atau bintang laut baru utuh.

Reproduksi Secara Seksual

Bintang laut juga juga memiliki sistem reproduksi seksual. Sistem reproduksi ini terjadi lewat pembuahan eksternal yakni pembuahan yang berlangsung akibat bertemunya sel telur serta sel sperma secara eksternal.

Saat bintang laut bereproduksi dengan seksual pembuahan berlangsung di dalam air. Bintang laut jantan melepaskan zigot dan bintang laut betina lepaskan sel telur ke lingkungan keduanya.

Zigot yang terbentuk bisa berkembang menjadi blastula. Ini kemudian berkembang jadi gastrula. Gastrula selanjutnya akan membentuk larva.

Kemudian larva bintang laut dan biasanya disebut larva bipinaria yang akan mengalami metamorfosis jadi bintang laut dewasa. Sejumlah jenis bintang laut erami larvanya dengan cara duduk di atasnya. 

Jenis-Jenis Bintang Laut

Setelah kita melihat cara berkembang biak bintang laut, berikut kita akan mengetahui jenis-jenisnya di perairan Tropis. Bintang laut memiliki sekitar 2000 jenis. Namun kita hanya akan menuliskan beberapa jenis-jenis bintang laut yang cukup terkenal dan memiliki bentuk unik. 

Granulated Sea Star

Bintang laut ini dikenal sebagai bintang laut bantal. Granulated sea star memiliki bentuk yang gempal dan bulat. Sehingga berbentuk montok. Sekilas, bentuk bintang laut ini seperti Patrick Star pada film Spongebob Squarepant karena berwarna pink.

Royal Starfish

Jenis bintang laut ini banyak ditemukan di sepanjang laut Amerika Utara. Royal starfish memiliki corak warna yang sangat cantik. Royal fish memiliki warna ungu cerah. Warna ungu cerah terdapat pada bagian tengah dan oranye cerah di bagian sisi tubuhnya.

Crown Of Thorns Starfish

Bintang laut jenis ini memiliki duri yang berdiri pada tubuhnya. Karena duri pada tubuhnya tersebut, maka digunakanlah mahkota atau crown. Duri pada tubuhnya berfungsi untuk melindungi diri dari serangan binatang pemangsa.

Egyptian Sea Star

Bintang laut ini sama seperti Crown Of Thorns Starfish memiliki duri di sekujur tubuhnya. Bedanya bintang laut ini banyak ditemukan di sepanjang pantai Afrika dan Madagaskar.

Brisingid Sea Star

Bringsingid sea star lebih seperti tanaman laut. Ia merupakan salah satu yang paling menarik. Bulu halus yang terdapat di sekitarnya memiliki lengan-lengan. Fungsi lengan tersebut untuk menyaring dan menangkap makanan yang bertebaran di sekitar mereka.

Pincushion Starfish

Jenis Ini merupakan salah satu binatang laut dengan bentuk terunik. Jika belum tau, pasti akan menyangka bahwa benda bulat seperti batu itu ialah bintang laut.

Australian Southern Sand Star

Bintang laut ini memiliki tujuh lengan di tubuhnya. Ia juga memiliki warna yang dapat membantunya dalam menyamar atau kamuflase. Bintang laut ini memiliki lengan yang ramping dan panjang. Sehingga lengan dapat bergerak dengan leluasa.