Ciri-Ciri Planet Jupiter, Planet Terbesar dalam Tata Surya

448
Ciri-Ciri Planet Jupiter, Planet Terbesar dalam Tata Surya
Ilustrasi Ciri-Ciri Planet Jupiter. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Ciri-ciri planet Jupiter bila kita lihat secara kasat mata memiliki ukuran yang besar. Hal inilah yang membuat Jupiter mendapatkan julukan sebagai planet terbesar dalam tata surya.

Jupiter memiliki diameter mencapai 142.796 km. Sebagai planet terbesar, Jupiter mempunyai volume 1.300 kali volume Bumi.

Dengan kata lain, Jupiter memiliki diameter hampir 11 kali diameter Bumi. Saking besarnya, jika Jupiter ini kita ibaratkan sebagai wadah, maka bisa menampung sekitar 1310 planet seukuran Bumi.

Selain itu, Jupiter memiliki periode atau waktu rotasi yang sangat cepat, daripada planet lainnya dalam tata surya. Jupiter memiliki periode rotasi selama 9 jam 55 menit serta revolusi 11,9 tahun.

Kecepatan rotasi inilah yang membuat Jupiter memiliki tiupan angin kencang. Bahkan, sering terjadi topan pada permukaannya.

4 Ciri-Ciri Planet Jupiter

Jupiter merupakan planet kelima dalam susunan tata surya. Nama jupiter ini diambil dari nama mitologi kepercayaan Romawi.

Pengamatan yang dilakukan terhadap planet ini sudah berlangsung sejak abad ke tujuh SM oleh astronom Babilonia.

Kemudian pengamatan tersebut berlanjut hingga abad kedua SM oleh ahli astronomi Ptolemaeus dari Yunani. Hasil pengamatannya ini ia tulis dalam sebuah buku yang berjudul Almagest.

Selain ciri-ciri di atas, ada pula ciri-ciri lainnya dari planet ini? Penasaran? Berikut ini adalah ciri planet Jupiter.

1. Mempunyai 50 Satelit

Jupiter mempunyai sekitar 50 satelit. Akan tetapi, terdapat setidaknya 17 benda langit yang saat ini masih menunggu untuk dikonfirmasikan sebagai satelit.

Satelit terbesar Jupiter yakni Callisto, Ganymede, Lo, dan Europa. Jupiter juga memiliki satelit bernama Galilean.

Nama ini merupakan nama seorang peneliti Galileo Galilei sebagai bentuk penghormatan. Plat ini dapat menyelesaikan orbit lengkap di dekat Matahari dalam waktu sekitar 12 tahun Bumi.  Dengan kata lain, waktu orbit ini setara 4.333 hari.

2. Susunan Gas

Ciri-ciri planet Jupiter selanjutnya yakni tersusun dari unsur berat. Namun, permukaan planet ini tersusun dari gas dalam jumlah yang besar.

Hal inilah yang kemudian membuat berat Jupiter tidak terlalu besar.  Pada permukaannya tersusun atas beberapa gas.

Antara lain, Hidrogen (H2), Amoniak (NH3), Helium (He), Metana (CH40). Diantara gas-gas ini, Helium memiliki komposisi yang paling besar.

Sedangkan pada bagian atmosfernya terdapat, Helium, Hidrogen, serta unsur lainnya. Gas-gas tersebut bergerak dengan mengelilingi planet Jupiter.

Jenis gas yang ada di planet Jupiter ini tidak sesuai dengan syarat kehidupan. Sehingga, dapat disimpulkan jika tidak ada makhluk hidup di planet Jupiter.

3. Angin Jupiter

Ciri-ciri planet Jupiter lainnya yakni memiliki angin yang sangat kencang. Kecepatan angin tersebut sekitar 192 sampai dengan 400 mil per jam (308.9-643.7 km/jam). Kecepatan angin ini memungkinkan terjadinya badai dengan dimensi yang hebat.  

4. Mempunyai Bercak Merah Besar

Memiliki bercak merah besar menjadi ciri-ciri planet Jupiter berikutnya. Bercak merah ini ditemukan sejak abad ke 17.

Bercak merah tersebut bisa kita lihat dengan menggunakan teleskop dan terlihat jelas pada permukaannya. Ada dugaan jika bercak merah tersebut berasal dari perbedaan aliran lapisan.

Selain itu, bercak merah tersebut memiliki diameter mencapai 50.00 km. Berbentuk lonjong, warna bercak ini selalu berubah-ubah.

Mulai dari warna merah cerah hingga murah muda tipis. Kemudian, ada dugaan lain jika bercak merah besar tersebut merupakan angin topan besar yang berpusat pada atmosfer Jupiter.

Demikinalah ciri-ciri planet Jupiter yang bisa kita pelajari. Melalui informasi ini, kita bisa menambah wawasan tentang tata surya.