Ciri Planet Merkurius, Planet Paling Dekat Dengan Matahari

0
281
Ciri Planet Merkurius Planet Terdekat Dengan Matahari
Ilustrasi ciri planet Merkurius. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Ciri planet Merkurius tentunya memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan planet lainnya. Hal itu karena ada jarak terhadap matahari, eksentrisitas, dan tingkat kerapatan. Planet Merkurius merupakan planet yang memiliki jarak terdekat dengan matahari, 0,39 SA.  

Planet Merkurius memiliki tingkat eksentrisitas cukup besar, yaitu 0,206. Terlebih jaraknya yang dekat dengan matahari. Jarak terjauh planet Merkurius dengan matahari atau aphelium 57,9 juta km. Sedangkan jarak terdekat planet Merkurius dengan matahari sekitar 22 juta km.

Apa Saja Ciri Planet Merkurius?

Planet Paling Dekat Dengan Matahari

Merkurius merupakan planet yang memiliki jarak paling dekat dengan matahari. Posisi Bumi sebagai urutan nomor 3 dari matahari. Namun saat matahari sedang terik sekali, anda sudah merasakan panas yang cukup mengganggu.

Tentunya suhu panas pada planet Merkurius sungguh luar biasa. Sehingga pada planet tersebut tidak tepat apabila sebagai tempat tinggal manusia.

Diameter Planet Merkurius 4 Kali Lipat Panjang Pulau Jawa

Pulau Jawa memiliki panjang sekitar 1.160 kilometer. Diameter planet Merkurius memiliki panjang sekitar  4.879 kilometer. Hal itu dapat diartikan bahwa diameter planet Merkurius sepanjang 4x pulau Jawa.

Maka luas Indonesia dari Sabang hingga Merauke, tentunya sudah mewakili diameter planet Merkurius. Luas tersebut setara dengan bulan yang menjadi satelit alami pada planet Bumi. Berdasarkan ciri planet Merkurius, maka mendapatkan julukan sebagai planet terkecil dalam sistem tata surya.

Revolusi Planet Merkurius yang Sangat Cepat

Planet Merkurius memiliki revolusi yang terbilang cepat. Planet tersebut melakukan revolusi selama 88 hari. Revolusi merupakan perputaran planet dalam mengelilingi matahari.

Hal itu selaras dengan paham heliosentris yaitu matahari sebagai pusat tata surya. Sehingga dapat mengartikan bahwa satu tahun pada planet Merkurius setara dengan 2 ½ bulan planet Bumi.

Rotasi Planet Merkurius Sangat Lambat

Planet Merkurius mengalami rotasi yang terbilang sangat lambat. Rotasi merupakan pergerakan planet berputar pada sumbunya. Hal itu bertujuan untuk dapat mendistribusikan sinar matahari secara merata.

Ciri planet Merkurius rotasinya berlangsung selama 59 hari. Satu hari planet Merkurius setara 2 bulan pada planet Bumi. Mengenai lambatnya rotasi planet Merkurius tersebut, akibat ukurannya yang sangat kecil.

Planet Terpanas Saat Siang Hari

Suhu panas pada siang hari planet Merkurius mencapai 4.000°C. Hal itu akibat rotasinya yang berlangsung selama 59 hari. Sehingga menyebabkan siang hari terjadi dalam jangka waktu kurang lebih 30 hari. Merasakan suhu panas seperti itu, maka tidak memungkinkan adanya unsur makhluk hidup pada planet Merkurius.

Planet Terdingin Saat Malam Hari

Meskipun pada siang hari planet Merkurius terasa begitu panas, namun malam harinya memiliki suhu sangat dingin. Suhu planet Merkurius pada saat malam hari mencapai -2.000°C. Hal itu dikarenakan tidak adanya kandungan air. Sedingin apapun suhunya, es juga tidak akan terbentuk.

Tidak Memiliki Atmosfer

Ciri planet Merkurius lainnya yaitu tidak memiliki kandungan atmosfer. Apabila terdapat asteroid yang keluar dari jalurnya dan menabrak Merkurius, maka tidak akan terbakar. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya kawah pada permukaan planet Merkurius.

Tidak Memiliki Satelit Alami

Planet Merkurius tidak mempunyai satelit alami. Sehingga planet Merkurius terlihat sebatang kara tanpa ada yang menemani. Gambaran visual yang menjelaskan kenampakan planet Merkurius, seperti kecil, mungil, dan sendirian. Namun memiliki keindahan yang lebih menonjol apabila dibandingkan dengan planet lain.  

Tidak Memiliki Cincin

Ciri lain planet Merkurius yakni tidak memiliki cincin yang mengitarinya. Para ilmuwan percaya bahwa planet Merkurius tidak mungkin memiliki cincin. Hal itu karena letaknya yang sangat dekat dengan matahari.

Tidak Ada Kandungan Oksigen

Unsur oksigen pada planet Merkurius sama sekali tidak ada. Oksigen yang berasal dari adanya proses fotosintesis tumbuhan. Sedangkan planet Merkurius tidak memiliki tumbuhan. Sehingga tidak mungkin oksigen dapat terbentuk pada planet Merkurius.

Tidak Ada Air

Pada planet Merkurius tidak akan menemukan adanya air. Apabila menemukan air, maka yang terjadi adalah pembentukan es pada permukaannya. Hal itu dikarenakan malam hari yang sangat dingin dan lama.

Itulah mengenai pembahasan ciri planet Merkurius dalam sistem tata surya. Merkurius merupakan planet yang memiliki jarak paling dekat dengan matahari. Tentu menarik untuk dikupas tuntas bukan?