Contoh Kingdom Monera, Terbagi Jadi 3 Golongan

0
294
Contoh Kingdom Monera yang Terbagi 3 Golongan
Ilustrasi contoh kingdom monera. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Contoh kingdom monera seperti Eubacteria, Archaebacteria, dan Cyanobacteria. Kata monera itu sendiri berasal dari bahasa Yunani. Dalam kata Moneres, memiliki arti tunggal. Hal tersebut sesuai dengan jumlah sel anggota monera yang bersel tunggal.

Struktur sel monera masih sederhana. Inti selnya belum memiliki membran inti atau karioteka, sehingga monera tergolong sebagai prokariot. Anggota dari kingdom monera termasuk kelompok organisme prokariot yang memiliki sel tunggal atau uniseluler.

Inilah Contoh Kingdom Monera yang Terbagi Menjadi 3 Golongan 

Eubacteria atau Bakteri

Bakteri yang merupakan organisme bersel satu hidup bebas di mana-mana. Bakteri memiliki ukuran sangat kecil hanya sekitar 0,2-10 mikrometer. Tentunya bakteri memegang peran penting dalam kehidupan pada bumi.

Kehidupan makhluk hidup seperti halnya hewan, tumbuhan, dan juga manusia sangat bergantung pada bakteri. Bakteri berguna dalam merombak atau mendegradasi sampah dan jasad yang sudah mati.

Selain itu, juga berguna untuk mengubah komponen organik menjadi anarganik. Sehingga tumbuhan dapat menyerapnya. Contoh kingdom monera pada bentuk bakteri tentunya bermacam-macam.

Bentuk bakteri pada umumnya seperti bentuk batang atau basil. Selain itu, juga terdapat bentuk bulat atau coccus dan spiral. Bakteri coccus ada yang tersusun secara sendiri ataupun berkelompok.

Bentuk kelompok bakteri seperti bergandengan untaian anggur, tersusun delapan-delapan, dan rantai. Bakteri bacillus ada yang dapat berdiri sendiri, berpasangan, dan juga membentuk rantai. Selain itu, bakteri spiral ada yang berbentuk spiral, koma, dan spiroseta.

Bakteri Menguntungkan

Dalam bidang pertanian, ada contoh kingdom monera. Jenis bakteri ini berguna untuk menambah kesuburan tanah. Seperti halnya rhizobium leguminosarum, acetobacter choroocum, dan clostridium pasteurianum (mengikat N2 dari udara).

Jenis bakteri ini bisa menghasilkan antibiotik. Seperti halnya jenis bakteri streptomyces venezuelae sebagai penghasil kloromisin dan streptomyces griseus untuk menghasilkan streptomisin. Selain itu, jenis bakteri bacillus brevis sebagai penghasil gramisidin.

Jenis bakteri ini menghasilkan makanan dan minuman. Seperti halnya lactobacillus casei dalam pembuatan keju dan minuman nata de coco. Selain itu, streptococcus lactis serta s. cremoris dalam pembuatan keju dan mentega.

Dalam proses pembusukan, contoh kingdom monera ini berguna dalam proses pembusukan. Seperti halnya jenis bakteri acetobacter sp sebagai penghasil asam cuka dan asam asetat.

Selain itu, clostridium butricum sebagai penghasil asam butirat dan propioni bacterium sebagai penghasil asam propionate.

Bakteri yang lain dalam contoh kingdom monera bisa digunakan dalam pengolahan limbah. Selain itu, pembuatan biogas, rekayasa genetik, dan yang lainnya.

Archaebacteria

Kelompok archaebacteria ialah organisme yang tempati daerah ekstrim. Seperti pada air dengan tingkat garam tinggi dan sumber air panas. Para ilmuwan telah mengelompokkan archaebacteria dalam tiga golongan, halofilik, metanogenik, dan termofilik.

Metanogenik

Pada kelompok archaebacteria, memiliki sifat kemosintetik dan anaerobik. Bakteri tersebut memperoleh makanan dengan mereduksi CO2. Tentunya menggunakan H2 menjadi metana CH2. Jenis bakteri ini hidup pada rawa-rawa dan danau yang kekurangan oksigen.

Hal itu karena konsumsi mikroorganisme lain. Selain itu, contoh kingdom monera ini berperan dalam pembusukan sampah dan kotoran ternak.

Halofilik

Kelompok ini memiliki sifat hidup pada lingkungan dengan kadar garam tinggi. Hal itu karena memerlukan kadar garam 10 kali lebih tinggi daripada air laut.

Tentunya agar tetap bertahan hidup. Beberapa bakteri tersebut dapat berfotosintesis dan memiliki warna dengan sebutan bacteria to hopsin.

Termofilik

Jenis bakteri yang hidup pada tempat bersuhu 60 derajat hingga 80 derajat. Hal itu tentunya sesuai dengan namanya, termofilik.

Bakteri termofilik bisa mengoksidasi sulfur, seperti sulfolobus yang hidup pada mata air sulfur. Selain itu, beberapa spesies mampu hidup dekat rekahan dasar laut yang bersuhu 150 derajat.

Cyanobacteria atau Ganggang Biru

Ganggang biru merupakan salah satu contoh kingdom monera. Tentunya mempunyai klorofil sehingga bisa melakukan fotosintesis. Selain itu, juga menghasilkan oksigen.

Tentunya ganggang biru mempunyai jenis yang bermacam-macam. Seperti halnya ganggang biru yang bersel satu, ganggang biru berkoloni, dan ganggang biru berbentuk benang.

Ganggang biru yang bersel satu, seperti chroococcus hidup pada dasar kolam atau tembok basah. Pada ganggang biru berkoloni, seperti spirulina sp yang merupakan sumber makanan alternatif mendatang.

Ganggang biru berbentuk benang, seperti oscillatoria yang berbentuk benang yang tersusun atas sel-sel. Tentunya yang pipih rapat dan juga tidak diselubungi lendir.

Anda bisa lebih memahami mengenai 3 contoh kingdom monera di atas. Monera juga mempunyai peranan dalam kehidupan.