Home Sains Fungsi Benang Sari Memiliki Peran Penting pada Bunga

Fungsi Benang Sari Memiliki Peran Penting pada Bunga

457
Fungsi Benang Sari Memiliki Peran Penting pada Bunga
Ilustrasi fungsi benang sari. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Fungsi benang sari terdapat pada tumbuhan. Pada tumbuhan memiliki beberapa organ penyusun. Seperti halnya bagian akar, batang, daun, dan bagian-bagian bunga. Sementara itu, bunganya merupakan organ penting dari tumbuhan.

Hal itu karena pada bunga sebagai wadah penghasil serbuk sari dan bakal biji. Dalam bunga tersebut memiliki salah satu penyusunnya yang bernama benang sari. Benang sari termasuk salah satu dari empat bagian dasar bunga.

Melansir Wikipedia, benang sari atau stamen merupakan organ reproduksi jantan pada bunga. Umumnya terletak di antara pusat putik dan kelopak sekitarnya. Setiap benang sari umumnya terdiri atas bagian tangkai sari atau filamen.

Pada ujung tangkai sari terdapat kepala sari atau anter. Bagian ujung pada kantung biasanya berbentuk bilobed. Pada mikrospora yang berkembang menjadi serbuk sari.

Inilah Fungsi Benang Sari

Benang sari merupakan alat kelamin jantan dari bunga. Bagian tersebut menghasilkan serbuk sari. Benang sari memiliki nama latin stamen yang berarti benang pintal. Alat reproduksi jantan pada bunga ini sebagai hasil metamorfosis daun.

Bagian bunga yang bentuknya disesuaikan dengan fungsinya. Bagian bunga ini memiliki berbagai macam fungsinya. Untuk itu, ketahui beberapa fungsi alat reproduksi jantan berikut ini.

Sebagai alat untuk menyalurkan bunga dan tanaman. Bagian ini membantu tanaman membawa air dan nutrisi ke dalam arteri. Kemudian akan menyebarkan serbuk sari.

Proses penyerbukan saat serbuk sari jantan terbawa dari semut. Kemudian akan menuju bagian betina bunga target yang sering menyebutnya sebagai stigma. Penggunaan stigma untuk dapat memegang serbuk sari.

Hal itu merupakan salah satu hal yang membentuk sistem reproduksinya wanita tanaman. Pada dua hal lainnya yaitu pergelangan tangan dan ovarium.

Fungsi benang sari sebagai tempat dalam adanya suatu produksi terhadap serbuk sari. Pada benang sari akan menghasilkan serbuk sari yang bentuknya kantung terminal atau antera. Pada bagian dasar benang sarinya juga terdapat cairan nektar.

Cairan tersebut sebagai makanan serangga dan burung penyerbuk. Bagian bunga ini untuk alat kembangbiakan bunga jantan. Dalam antera benang sari memiliki beberapa tipe sel. Bahkan telah berdiferensiasi dan menjadi serbuk sari.

Pada bagian lainnya akan terlibat pada tahap pematangan. Serbuk sari juga memiliki gamet jantan maupun sel kelamin tanaman. Selain itu, serbuk sari juga memiliki sel kelamin jantan tanaman yang terdiri atas gametofit jantan dewasa.

Tidak hanya itu, bagian serbuk sari juga memiliki lapisan pelindung. Fungsi lainnya benang sari mendukung posisi yang terbaik, dalam proses transfer serbuk sari langsung.

Struktur Benang Sari

Pada benang sari memiliki beberapa strukturnya. Untuk itu, ketahui berbagai bagian dalam struktur benang sari berikut ini.

Tangkai sari atau filamentum merupakan suatu struktur atau bagian dari benang dan terdapat penyangga silang. Umumnya benang sari dibulatkan menjadi sebuah batang.

Kepala sari  atau anthera merupakan struktur bagian pada ujung batang. Terdapat juga dua kompartemen sari pada sari serta dua kompartemen dalam tiap kompartemen sari. Bagian serbuk sari, pada penyimpanan sari ini untuk digunakan dalam proses polusi.

Penghubung ruang sari merupakan bagian maju dari ruang serbuk sari. Hal itu yang menjadikannya berfungsi sebagai hub untuk dua bagian saling berhubungan.

Karakteristik Benang Sari

Pada benang sari fungsinya akan menghasilkan serbuk sari dalam tanaman. Bahkan bagian tersebut juga dapat mencapai putik pada bunga lainnya. Sehingga bunga sering dihinggapi serangga.

Serangga tersebut biasanya akan menghisap nektar. Sehingga serbuk sari secara langsung akan menempel di kaki serangga. Kemudian akan terbawa sampai di bunga lainnya serta menempel di putik bunga.

Tidak hanya melalui serangga, tahap penyerbukan bunga juga dapat terjadi dengan bantuan angin. Angin yang akan membawa serbuk sari sampai di bunga lainnya. Benang sari sebagai alat reproduksi jantan pada tanaman.

Pada bagian ujung benang sari, terdapat bagian yang berfungsi untuk menghasilkan serbuk. Nama serbuk yang dihasilkan yaitu serbuk sari. Bagian tersebut yang juga memiliki peran penting bagi tumbuhan.

Proses berlangsungnya pada saat serbuk sari terbentuk, kemudian akan jatuh pada kepala putik. Sehingga pada bagian serbuk sari tersebut akan mengeluarkan sperma.

Fungsi benang sari memiliki peran penting pada bunga. Berperan sebagai alat kelamin jantan dari bunga yang menghasilkan serbuk sari.