Hujan Meteor Geminid, Proses Terjadi, Ciri dan Dampaknya

0
219
Hujan Meteor Geminid Serta Penjelasan Lengkap Lainnya
Ilustrasi hujan meteor Geminid. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Hujan meteor geminid merupakan fenomena alam yang dapat terjadi saat sejumlah meteor bersinar pada langit malam. Adanya fenomena hujan meteor tentunya sudah menjadi hal yang biasa terjadi pada bumi. Namun tetap memukau dan terlihat mempesona.

Terciptanya hujan meteor dari sejumlah meteor yang memasuki atmosfer bumi dan memiliki kecepatan tinggi. Apabila memasuki atmosfer bumi akan menimbulkan efek seperti hujan.

Hal itu karena ukuran meteor-meteor yang tidak terlalu besar dan setelah itu meteor hancur. Fenomena hujan meteor memiliki beberapa jenis. Seperti halnya orionid, quadrantid, perseid, hingga geminid.

Fenomena Hujan Meteor Geminid

Fenomena alam ini merupakan hujan meteor yang pada sumbernya seolah berasal dari arah rasi bintang Gemini. Pada hujan meteor ini asalnya dari arah rasi bintang Gemini. Hal itu apabila sedang berada pada belahan bumi utara.

Awal mulanya melihat rasi orion pada langit bagian selatan agar dapat melihat rasi bintang Gemini. Setelah itu, perlu melihat ke atas dan ke kiri orion untuk menemukan rasi Gemini tersebut.

Namun apabila berada pada wilayah bumi belahan selatan, maka Gemini akan muncul sebelah kanan bawah Orion. Lalu keduanya berada pada langit sebelah barat laut.

Proses Terjadinya Hujan Meteor Geminid

Terjadinya fenomena hujan meteor ini memiliki kaitan erat dengan benda-benda langit sekitar bumi. Seperti halnya 3200 Phaethon, merupakan sebuah asteroid yang kemungkinan telah mengalami tabrakan. Tentunya dengan benda lain pada masa yang lalu.

Hal ini untuk dapat menghasilkan arus partikelnya yang pada akhirnya akan membentuk hujan meteor. Beberapa proses dapat terlibat sehingga terjadi hujan meteor tersebut. Proses-prosesnya ialah 3200 Phaethon lewat dekat dengan bumi.

Benda-benda langit ini tabrak lapisan atmosfer bumi. Sehingga akan menimbulkan adanya kilatan-kilatan cahaya. Fenomena kilatan cahaya inilah yang banyak menyebutnya sebagai meteor.

Setelah itu, berganti menjadi hujan meteor. Fenomena astronomi yang satu ini akan menghiasi langit malam sehingga tampak menarik dan lebih hidup suasananya.

Ciri-ciri Hujan Meteor Geminid

Ciri-ciri fenomena hujan meteor ini sebenarnya tampak sama saja meskipun terjadi di tempat berbeda. Menurut pandangan manusia, hujan meteor berupa kilatan berbagai cahaya. Seperti halnya pada bintang jatuh yang jumlahnya sangat banyak serta bersaut-sautan.

Secara sekilas, adanya hujan meteor tampak sama saja. Namun apabila melakukan pengamatan lebih dalam, maka fenomena tersebut juga terdapat perbedaannya. Hal ini tentunya serupa dengan meteor geminid. Hujan meteor ini mempunyai berbagai macam cirinya.

Ciri hujan meteor geminid antara lain, seperti meteor yang berasal dari benda-benda langit. Apabila melintasi bumi dan menabrak atmosfernya, meteor tersebut seolah-olah berasal dari arah rasi bintang geminid.

Hujan meteor tersebut tampak paling cemerlang. Semua wilayah bumi dapat menyaksikannya. Meski hampir sama, namun ada ciri khusus yang membedakannya dengan hujan meteor yang lainnya.

Dampak Hujan Meteor Geminid

Pada setiap fenomena alam yang terjadi pada bumi, memunculkan berbagai akibat atau memiliki dampak. Seperti halnya dengan fenomena banjir, gerhana matahari, gerhana bulan, dan termasuk juga hujan meteor tersebut.

Pada dampak yang terjadi dari hujan meteor geminid tersebut sama dengan hujan meteor yang lainnya. Adapun beberapa dampak yang muncul antara lain terlihat kilatan-kilatan cahaya pada langit saat malam hari.

Sehingga akan menjadikan pemandangan yang indah dan beda dari biasanya. Selain itu, juga menjadi salah satu penyebab pemanasan global yang mempengaruhi suhu di bumi. Tak hanya itu, melainkan juga mengotori atmosfer bumi.

Kebanyakan dampak yang ditimbulkan tersebut akan berpengaruh pada langit. Selain itu, juga tidak berdampak langsung bagi kehidupan manusia. Bukan tanpa disertai alasan.

Hal ini karena meteor akan habis terbakar saat masih di atas sebelum akhirnya sampai ke permukaan bumi. Meskipun demikian, hujan meteor ini tetap dapat mempengaruhi kondisi yang ada pada bumi.

Fenomena alam hujan meteor geminid terjadi pada langit malam. Hujan meteor ini sumbernya berasal dari arah rasi bintang Gemini. Sama halnya fenomena hujan meteor yang lainnya, geminid juga tak kalah menarik untuk anda tahu. Bahkan akan terasa sangat sayang jika melewatkannya begitu saja.