Home Sains Manfaat Gaya Gravitasi Bagi Kehidupan di Bumi

Manfaat Gaya Gravitasi Bagi Kehidupan di Bumi

328
Manfaat Gaya Gravitasi Bagi Kehidupan di Bumi
Ilustrasi Manfaat Gaya Gravutasi. Foto: Ist/Net

Texno.ID Manfaat gaya gravitasi bumi selalu dapat kita rasakan, entah yang terlihat maupun tidak. Sejak Sekolah Dasar, kalian pasti sudah familiar dengan istilah gravitasi ini.

Lalu, apa sebenarnya gravitasi itu?

Manfaat Gaya Gravitasi untuk Bumi

Sebelum membahas mengenai manfaatnya, kita perlu tahu terlebih dahulu pengertian gaya gravitasi.

Gaya gravitasi merupakan suatu gaya tarik yang ada di bumi. Salah satu bukti adanya gravitasi adalah kita adalah benda yang jatuh ke bawah.

Gaya gravitasi tidaklah terlihat oleh mata manusia. Tetapi, dapat dirasakan.

Gravitasi di bumi berasal dari semua massanya. Semua massa gravitasi akan membuat tarikan gravitasi gabungan pada massa tubuh. Hal tersebutlah yang memberi bobot pada tubuh kalian. Jadi, bobot kalian sebenarnya terpengaruh dengan besarnya gaya gravitasi.

Benda yang memiliki massa berat yang besar, maka lebih besar juga gaya gravitasi yang dimilikinya. Jadi, jika ada benda yang memiliki massa lebih besar jatuh, maka akan lebih cepat juga benda itu mendarat.

Gravitasi di Alam Semesta

Gaya gravitasi tidak hanya ada di bumi. Tetapi ada di seluruh alam semesta.

Begitupun dengan manfaat gaya gravitasi. Pada alam semesta, gravitasi berfungsi untuk menahan planet-planet agar tetap pada orbitnya, yaitu mengelilingi matahari.

Selain itu, gaya gravitasi juga membuat bulan mengorbit mengelilingi matahari. Tarikan gravitasi bulan inilah yang menarik laut ke arahnya sehingga terjadi peristiwa pasang surut air laut.

Seorang ilmuwan terkenal, Albert Einstein menemukan prinsip bahwa gaya gravitasi dapat menciptakan bintang dan planet dengan menyatukan bahan pembuatnya.

Ia juga berpendapat bahwa gravitasi tidaklah hanya menarik massa, tetapi juga cahaya.

Saat kalian menyorotkan senter ke atas, maka cahayanya akan menjadi lebih merah saat gravitasi menariknya. Perubahan tersebut tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, tetapi para ilmuwan dapat mengukurnya.

Gravitasi di Bumi

Tentunya kalian sudah mengetahui bahwa gaya gravitasi sangatlah penting untuk kehidupan di bumi. Kita semua tidak dapat hidup tanpa gravitasi.

Salah satu manfaat gravitasi bumi yang dapat kita rasakan adalah gravitasi yang membuat bumi tetap mengorbit memutari matahari sehingga kita dapat menikmati cahayanya.

Gravitasi juga membantu menjaga atmosfer bumi agar tetap di tempatnya, sehingga selalu tersedia udara untuk dita hirup.

Semua tempat di bumi pasti memiliki gaya gravitasi. Tetapi, tak semua tempat memiliki jumlah gravitasi yang sama. Gravitasi lebih banyak pada tempat yang memiliki massa yang besar di bawah tanah.

Berikut beberapa contoh lainnya manfaat gaya gravitasi pada kehidupan sehari-hari

  • Gravitasi membuat manusia dapat berdiri dan berjalan dengan tegak di tanah.
  • Membuat semua benda memiliki massa atau beratnya sendiri.
  • Dapat digunakan sebagai sumber energi.
  • Dapat digunakan sebagai prinsip dasar ilmu penerbangan modern.
  • Gravitasi membuat planet-planet di tata surya bergerak sesuai orbit dan jalurnya, sehingga tidak ada yang bertabrakan.
  • Gaya gravitasi juga dapat dimanfaatkan untuk olahraga dan hiburan. Contoh olahraga yang memanfaatkan gaya ini adalah paralayang, loncat indah, dan terjun payung.
  • Sebagai sumber pengembangan ilmu pengetahuan yang nantinya dapat menciptakan inovasi-inovasi baru.
  • Menjaga satelit buatan agar berada pada orbitnya.

Dengan banyaknya manfaat gaya gravitasi tersebut, dapat kalian simpulkan bahwa gravitasi merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan. Bukan hanya pada kehidupan di bumi, tetapi juga alam semesta. Tidak akan ada kehidupan jika gravitasi tidak ada. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya penahan planet-planet lain agar tidak saling bertabrakan dan menciptakan kehancuran.