Cara Menyalin Nomor Hp ke Gmail Dengan Mudah

250
Cara Menyalin Nomor Hp ke Gmail Dengan Mudah
Ilustrasi Cara Menyalin Nomor Hp di Gmail. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menyalin nomor hp ke Gmail merupakan trik untuk kalian yang malas memindahkan nomor secara manual. Menyalin nomor hp ke Gmail merupakan pilihan bijak jika Kalian ingin berganti hp beserta kontak-kontaknya

Panduan Cara Menyalin Nomor Hp ke Gmail Dari Android Maupun iOS

Seperti yang kita ketahui, Google memberikan beribu kemudahan kepada penggunanya. Dengan tujuan ini, maka Google telah meluncurkan berbagai produk yang akan membantu kita.

Manfaat Gmail

Gmail merupakan salah satu produk Google yang paling sering kita gunakan. Layanan surel (email) dari Google ini menggunakan teknologi antarmuka JavaScript.

Aplikasi ini mempermudah penggunanya untuk saling berkirim pesan, gambar, video, hingga file dari berbagai perangkat dengan nyaman.

Bagi pengguna smartphone, fungsi Gmail bukan hanya sekedar berkirim pesan. Gmail dapat digunakan juga sebagai media agar dapat terintegrasi dengan produk Google lainnya.

Berikut manfaat dan fungsi Gmail.

Mengirim dan Menerima Pesan

Fungsi dasar layanan Gmail memanglah untuk berkirim dan menerima pesan. Proses berkirim pesan pada Gmail juga dapat terbilang mudah.

Kalian hanya perlu membuat pesan baru dengan menuliskan alamat email penerima. Kalian tentunya juga dapat melengkapi pesan dengan dokumen-dokumen lain hingga video.

Anda dapat melampirkan file-file tersebut dengan besar maksimal 15 MB per file. Anda juga bisa mendapat tempat penyimpanan gratis sebesar 15 GB dari Gmail.

Identitas Diri

Gmail berisi data diri pribadi kita. Saat ini, hampir semua layanan yang kalian akses melalui internet membutuhkan data pribadi. Contohnya jika kalian ingin mendaftar Instagram, maka pengguna diwajibkan memiliki email seperti Gmail. Dengan email, kalian dapat melakukan verifikasi data serta mendapat jaminan keamanan pada akun Instagram.

Dapat Digunakan Sebagai Media Pemasaran

Saat ini kita berada di zaman yang segalanya dituntut serba digital. Kegiatan berdagang merupakan salah satu sektor yang mendapat digitalisasi.

Artinya, saat ini kalian dapat melakukan kegiatan perdagangan secara online. Penjual dapat menggunakan email sebagai media promosi dengan menjadikan Gmail media komunikasi dengan pasangan kalian.

Untuk Mendaftar Media Sosial

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pengguna dapat menggunakan akun Gmail untuk mendaftar berbagai situs media sosial. Kalian membutuhkan email seperti Gmail untuk memverifikasi data diri pribadi.

Jadi, kalian akan mendapat jaminan keamanan dari situs tersebut. Beberapa situs telah memanfaatkan teknologi API Google Account sehingga sangat memudahkan kalian dalam mendaftar suatu situs.

Sebagai Media Untuk Mengakses Beragam Produk Google

Karena Gmail merupakan produk Google, maka tentunya kalian dapat mengakses berbagai produk google lainnya dengan akun Gmail. Produk Google lainnya seperti YouTube, Google Play Store, Blogger, dan lain-lain.

Melacak Perangkat yang Hilang

Manfaat lain dari Gmail adalah kalian jadi dapat mengakses perangkat smartphone kalian melalui jarak jauh. Fitur ini tentunya sangat membantu jika kalian kehilangan smartphone.

Kalian dapat mencoba fitur ini dengan mengakses perangkat melalui laman temukan ponsel di Gmail. Fitur tersebut dapat memantau posisi dan penggunaan ponsel kalian. Kalian juga dapat menghapus semua data dan akun dari ponsel tersebut melalui Gmail.

Dapat Menyimpan Data Kontak

Bagi kalian yang ingin berganti ponsel tetapi malas memindahkan nomor pada kontak secara manual, maka bisa memanfaatkan fitur Gmail satu ini.

Gmail juga dapat bermanfaat sebagai media penyimpanan kontak. Kalian dapat mengaktifkan fitur ini dengan cara menyalin nomor hp ke Gmail.

Berikut cara menyalin nomor hp ke Gmail.

Android

  1. Buka opsi kontak pada ponsel kalian
  2. Buka pengaturan kontak yang tersedia.
  3. Klik opsi titik tiga di pojok atas.
  4. Pilih opsi impor/ekspor kontak
  5. Klik ekspor kontak ke akun Gmail, nanti akan muncul opsi untuk memilih akun yang akan terpakai.
  6. Kontak telah tersimpan di Gmail.

iOS

  1. Buka Settings.
  2. Klik opsi Kontak.
  3. Pilih menu Import Kontak SIM di paling bawah.
  4. Lalu klik opsi Gmail.
  5. Kemudian pilih akun yang ingin kalian gunakan.

Dengan mengetahui cara menyalin nomor hp ke Gmail, maka kalian dapat mempersingkat waktu memindahkan nomor-nomor di kontak ponsel.