Mengapa Bintang Terlihat Kelap Kelip? Begini Penjelasannya!

10
Mengapa Bintang Terlihat Kelap Kelip, Begini Penjelasannya!
Ilustrasi Mengapa Bintang Terlihat Kelap Kelip. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Mengapa bintang terlihat kelap kelip sering kali menjadi pertanyaan kita. Terutama anak-anak kecil yang biasa memandangi langit malam.

Bahkan, terkadang tidak hanya terlihat kelap kelip saja. Bintang-bintang tersebut seolah berkilau dan berubah warna.

Meskipun menjadi pemandangan malam yang sangat indah, tak jarang hal ini justru menimbulkan tanda tanya.

Mengapa Bintang Terlihat Kelap Kelip Saat Malam Hari?

Terdapat bintang yang paling dekat dengan Bumi yang kita sebut sebagai Proxima Centauri. Bintang ini memiliki jarak 1 tahun cahaya atau setara dengan 9,641 triliun kilometer.

Jarak bintang ini dari Bumi juga setara dengan 4 juta tahun cahaya. Sementara itu, bintang-bintang lainnya memiliki jarak yang lebih jauh dari Bumi.

Hal inilah yang membuat bintang-bintang tersebut seperti titik cahaya kecil di langit dan terkadang terlihat kelap kelip.

Kilau pada bintang, bisa kita jelaskan berdasarkan pengamatan ilmiah. Berikut adalah penjelasan mengapa bintang terlihat kelap kelip.

1. Bintang Melewati Beberapa Mil dari Atmosfer Bumi

Pada dasarnya, bintang akan melewati beberapa mil dari atmosfer Bumi. Fenomena inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya pembiasan cahaya.

Dengan kata lain, cahaya bintang yang tertinggal di lapisan atmosfer Bumi mengalami pembelokan. Dalam bahasa ilmiah istilah bintang kelap kelip ini kita kenal sebagai kilau atmosfer.

Ketika bintang memasuki atmosfer Bumi, maka cahaya bintang tersebut akan dibelokan secara acak oleh lapisan udara yang bergerak.

Kemudian, atmosfer menjadi kurang stabil. Hal ini bisa kita ibaratkan seperti gelombang air di dalam kolam renang.

Cahaya akan terbawa oleh arus air. Dimana seolah hilang dan muncul kembali dalam waktu yang sama seperti kelap kelip.

2. Cahaya Bintang Berpindah-Pindah

Jawaban lainnya terkait mengapa bintang terlihat kelap kelip, yakni karena cahayanya berpindah-pindah. Hal ini disebabkan karena pembelokan lapisan udara yang bergerak.

Akan tetapi, karena perubahan posisi tersebut yang sangat kecil untuk mata kita deteksi, maka terlihat seperti kedipan pada mata kita.

3. Cahaya Zig-Zag yang Menipu Mata

Cahaya yang berbentuk zig-zag, seolah menipu mata kita karena menjadi ilusi. Kemudian, kita akan beranggapan bahwa cahaya zig-zag tersebut terlihat seperti bintang yang kelap-kelip.

Padahal, jika bumi tidak mempunyai atmosfer, bintang yang terlihat berkelip tersebut sebenarnya sama seperti benda langit lainnya.

Terdapat sebuah teori dari Earth Sky, bahwa bintang yang semakin jauh jaraknya dari Bumi, maka akan semakin berkilau. Fenomena langit ini kita kenal dengan istilah scintillation.

Untuk semakin memperjelas jawaban dari pertanyaan mengapa bintang terlihat kelap kelip, intinya, hal tersebut dipengaruhi oleh atmosfer Bumi.

Bila kita berada di luar angkasa dan jauh dari atmosfer, sebenarnya bintang-bintang tersebut tidak kelap kelip sama sekali.

Fenomena inilah yang menjadi dasar pengiriman Teleskop Luar Angkasa Hubble ke orbit. Sebab, teleskop tersebut mampu mendapatkan gambar luar angkasa yang lebih tajam.

Bahkan, gambar tersebut tidak terdistorsi oleh turbulensi atmosfer. Tak kalah penting, planet dan bintang adalah benda langit yang berbeda.

Planet memiliki jarak yang lebih dekat dengan Bumi. Maka dari itulah, ukurannya terlihat lebih besar dari bintang.

Ketika kita menggunakan teleskop untuk mengamati cahaya planet, akan terlihat seperti piringan. Selain itu, cahaya planet tidak dipengaruhi oleh pembiasan atmosfer, karena ukuran cahayanya yang cukup besar.

Demikianlah penjelasan tentang mengapa bintang terlihat kelap kelip saat kita lihat pada malam hari. Kini, tidak bingung lagi bukan?