Pengertian Sistem Organ Manusia dan Mengenal Fungsinya

0
312
Pengertian Sistem Organ Manusia dan Mengenal Fungsinya
Ilustrasi Pengertian Sistem Organ. Foto: Ist/ Net

Texno.ID – Pengertian sistem organ merupakan suatu kumpulan jaringan yang menjadi satu fungsi atau bahkan lebih. Berdasarkan letaknya akan dibedakan menjadi 2, yaitu organ dalam dan luar.

Adapun yang termasuk organ dalam manusia adalah jantung, ginjal, lambung, serta usus. Sedangkan untuk organ bagian luar seperti hidung dan kulit.

Organ-organ tersebut saling bekerja agar menjadi satu kesatuan fungsi untuk manusia. Dengan organ tersebut, manusia bisa hidup dan beraktivitas dengan baik sehingga lebih baik menjaga organ dalam dan luar.

Ketahui Pengertian Sistem Organ dan Apa Saja Bagiannya

Organ menjadi salah satu yang sistem yang penting dalam tubuh manusia. Dari masing-masing sistem organ akan memiliki fungsi dan peran sendiri yang saling berhubungan. Namun jika salah satu organ mengalami masalah akan menjadi masalah untuk organ lainnya.

Oleh karena itu, sangat penting dalam menjaga kesehatan organ tubuh sehingga organ akan berfungsi secara baik satu dengan yang lainnya. Berdasarkan fungsinya, pengertian sistem organ pada manusia terbagi menjadi beberapa bagian seperti berikut ini.

Baca:  Sistem Overwatch Dota 2 Pembasmi Para Pelaku Toxic dengan Setimpal

Sistem Indra

Manusia memiliki sistem indra berjumlah 5 dan disebut dengan pancaindra yang terdiri dari mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit. Masing-masing memiliki peranan sendiri. Misalnya mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, lidah untuk perasa, hidung untuk membau, dan kulit sebagai peraba.

Untuk indra kulit termasuk sistem integumen yang bertugas dalam memberikan perlindungan pada organ tubuh. Selain menjadi indra peraba, sistem ini akan berfungsi untuk melindungi tubuh dari mikroorganisme serta bahan kimia lainnya, mengatur suhu tubuh, dan masih banyak lagi.

Kardiovaskuler

Pengertian sistem organ yang satu ini berfungsi untuk memastikan aliran darah dalam tubuh berjalan dengan lancar. Dengan memompa dan mengalirkan darah pada seluruh bagian tubuh menggunakan jantung dan pembuluh darah sebagai alat transportasi dari darah.

Karena dalam darah akan terkandung oksigen, nutrisi, dan berbagai zat lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain mengedarkan darah, jantung juga berfungsi untuk mengangkut hasil metabolisme tubuh seperti racun dan karbondioksida untuk keluar dari dalam tubuh.

Baca:  Sistem Peredaran Darah Manusia dan Fungsinya untuk Tubuh

Pernapasan

Pengertian sistem organ ini sangat penting untuk hidup manusia karena mengambil oksigen yang manusia hirup dari udara dan mengeluarkan hasil metabolisme dengan karbondioksida. Yang termasuk ke dalam sistem ini seperti hidung, tenggorokan, laring, trakea, bronkus, dan paru-paru.

Pencernaan

Dengan adanya sistem ini, manusia bisa menerima makanan dalam tubuh dan mengolahnya menjadi nutrisi serta energi yang tubuh perlukan dengan cara menyerapnya.

Dalam proses penyerapan berbagai nutrisi ini akan melibatkan mulut, kerongkongan, lambung, hati, pankreas, serta usus untuk menyerapnya.

Reproduksi

Manusia terbagi menjadi dua, yaitu pria dan wanita dengan sistem reproduksi yang berbeda. Untuk pria yang termasuk sistem ini adalah organ yang untuk hubungan seksual seperti penis, testis, epididimis, serta vas deferens. Sedangkan untuk wanita seperti vagina, rahim, ovarium, dan tuba falopi untuk reproduksinya.

Urogenital

Pengertian sistem organ urogenital untuk menyaring racun, cairan, serta elektrolit yang terkadang berlebihan. Sistem ini seperti ginjal, salurah kemih, dan uretra.

Setelah melalui penyaringan, akan langsung diserap oleh tubuh. Sistem ini untuk membuang zat beracun yang keluar bersama dengan urine.

Baca:  Sistem Ekskresi Ginjal pada Manusia yang Penting Untuk Diketahui

Saraf

Saraf manusia terdiri dari sensor motorik dan sensorik yang menjadikan manusia bisa merasakan, memahami, dan merespon kejadian di sekitarnya.

Selain itu, saraf ini bisa menggerakkan tubuh dengan menggunakan sistem muskuloskeletel. Sistem ini memiliki otot (muskulo) serta tulang (skeletal).

Endoktrin

Sistem ini akan bertugas untuk menghasilkan hormon yang berasal dari kelenjar yang berfungsi untuk mengendalikan tubuh. Misalnya untuk pernapasan, pencernaan, reproduksi, dan masih banyak lagi. Adapun kelenjar yang dimiliki adalah tiroid, adrenal, pankreas, testis, serta ovarium.

Ekskresi dan Imunitas

Pengertian sistem organ dalam hal ekskresi adalah suatu sistem yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil metabolisme tubuh misalnya keringat yang berasal dari kulit, tinja, atau feses dari pencernaan dan urine dari urogenital.

Sementara imunintas merupakan sistem kekebalan tubuh untuk melindungi tubuh misalnya sel darah putih dan limfosit. Dengan adanya sistem ini, tubuh bisa mendeteksi adanya zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. (CW001)

Editor : Deni Supendi