Akibat Rotasi Bumi yang Berpengaruh pada Kehidupan

0
240
Akibat Rotasi Bumi yang Berpengaruh pada Kehidupan
Ilustrasi akibat rotasi bumi. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Akibat rotasi bumi salah satunya terjadinya siang dan malam. Hal itu terjadi karena bumi berputar pada porosnya. Peredaran bumi yang mengelilingi sumbu atau poros dari arah barat ke timur disebut dengan rotasi bumi.

Bumi membutuhkan waktu untuk sekali berotasi adalah 23 jam lebih 56 menit. Sehingga apabila dibulatkan menjadi 24 jam. Apabila diperhatikan, 1 hari yang biasa dikenal dengan 24 jam itu berasal dari lamanya bumi berotasi.

Bumi berotasi dengan kecepatan 1.609 km/jam pada bagian permukaannya. Pada peredaran bumi yang mengelilingi sumbu tidak akan terasa, sebab adanya gravitasi. Gaya gravitasi bumi bisa menarik semua benda ke arah pusat gravitasi bumi.

Saat bumi itu berputar, maka tidak akan merasakan adanya pergerakan rotasi bumi atau jatuh. Walaupun saat posisi berada di bawah bumi, sebab adanya gaya gravitasi bumi.

Apa Saja Akibat Rotasi Bumi?

Terjadinya Siang dan Malam

Rotasi bumi mengakibatkan terjadinya pergantian waktu siang dan malam. Hal ini karena dua bagian bumi yang sebagiannya menghadap matahari. Lalu sebagiannya lagi membelakangi matahari.

Baca:  Cara Menggunakan Mesin Printer Bagi Pemula dengan Mudah

Bagian yang menghadap matahari mengalami waktu siang, sedangkan bagian yang membelakangi matahari alami waktu malam. Bumi yang senantiasa berputar hanya memungkinkan salah satu sisi mendapat sinar matahari.

Hal yang terjadi setiap hari tidak membutuhkan sesuatu yang khusus dalam prosesnya. Umumnya waktu siang dan malam terjadi dalam durasi waktu yang sama, yaitu sekitar 12 jam.

Namun beberapa tempat pada bumi mengalami siang atau malam dalam satu hari penuh sekitar beberapa waktu. Fenomena ini biasa terjadi di wilayah sekitar lingkar kutub pada musim tertentu.

Gerak Semu Harian Matahari

Akibat rotasi bumi, terjadi gerak semu harian matahari yang membuat seolah-olah melihat matahari terbit dari timur. Kemudian bergerak hingga terbenam pada arah barat. Fenomena ini merupakan akibat dari bumi. Berotasi dari arah barat ke timur.

Namun orang pada zaman dahulu mempercayai bahwa matahari yang bergerak mengelilingi bumi. Sebelum menemukan jam seperti saat ini, manusia menggunakan bayangan benda yang terbentuk oleh cahaya matahari.

Perbedaan Waktu

Rotasi bumi memiliki pengaruh pada perbedaan waktu di bagian-bagian bumi. Terdapat 24 daerah waktu yang ada pada bumi. Pusat waktu yang berada di kota Greenwich, Inggris yang terletak pada bujur 0⁰.

Baca:  HP Samsung Galaxy Z Flip3 Akan Rilis, Usung Qualcomm Snapdragon 888

Akibat rotasi bumi tiap selisih bujur 15⁰, pada perbedaan waktu akan alami selisih satu jam. Sisi bumi pada sebelah timur Greenwich alami waktu yang lebih cepat daripada Greenwich. Sedangkan sisi bumi pada sebelah barat Greenwich mengalami waktunya yang lebih lambat.

Perbedaan Percepatan Gravitasi Bumi

Rotasi bumi yang mengakibatkan gerakan yang arahnya menjauh dari pusat. Hal itu mengakibatkan bumi menjadi tidak bulat sempurna. Ada yang berbentuk tidak baku di kedua kutubnya dan mengembang pada khatulistiwa.

Sehingga pada diameter kutub bumi lebih kecil daripada diameter khatulistiwa. Hal ini berakibat pada percepatan gravitasi pada daerah kutub lebih besar daripada khatulistiwa.

Pergerakan Arah Angin

Akibat rotasi bumi apabila mengacu pada Hukum Buys Ballot tentang angin atau udara. Angin akan bergerak dari daerah yang bertekanan tinggi, lalu menuju daerah yang bertekanan rendah. Seharusnya angin akan bergerak dari daerah kutub yang mempunyai tekanan tinggi.

Baca:  Susunan Tata Surya Serta Matahari Sebagai Pusatnya

Kemudian bergerak ke daerah khatulistiwa yang tekanannya lebih rendah. Namun akibat dari adanya rotasi bumi, pergerakan angin akan berbelok ke arah timur.

Pergerakan Arus Laut

Banyak hal yang menjadi penyebab dari timbulnya arus laut yang merupakan akibat rotasi bumi. Salah satu yang paling dominan yaitu angin yang berhembus di atas permukaan laut. Pada bagian selatan bumi, arus laut berbelok searah dengan perputaran jarum jam.

Namun pada bagian bumi utara arus laut akan berbelok berlawanan arah dengan perputaran jarum jam. Sama halnya seperti arah anginnya, pergerakan arus lautnya dipengaruhi oleh Gaya Coriolis. Gaya Coriolis adalah gaya semu dari adanya rotasi bumi.

Perbedaan Ketebalan Lapisan Atmosfer

Atmosfer bumi terdiri dari beberapa lapisan dengan ketinggian setiap lapisan berbeda-beda. Hal itu pemicunya karena adanya perbedaan cuaca pada daerah kutub dan khatulistiwa.

Beberapa hal akibat rotasi bumi tentu memiliki banyak dampak terhadap kehidupan manusia. Dampak rotasi bumi dapat anda amati setiap harinya.