Gangguan Internet Selama Pandemi, Mengetahui Penyebabnya

0
229
Gangguan Internet Selama Pandemi, Mengetahui Penyebabnya
Ilustrasi gangguan internet selama pandemi. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Gangguan internet selama pandemi lebih sering ditemui saat WFH (Work From Home). Terlebih keberadaan internet adalah salah satu cara terbaik untuk bisa mengerjakan segala pekerjaan dari rumah.

Pasalnya, gangguan internet ini lebih tinggi di daerah perumahan atau pemukiman, sehingga tak heran bisa gangguan ini bisa terjadi ketika WFH.

Faktor Gangguan Internet Selama Pandemi

Agar jaringan internet ini membuat WFH semakin berjalan lancar, ada beberapa gangguan yang harus segera diantisipasi sedari awal. Seperti jaringan internet yang secara tiba-tiba melambat bahkan putus atau hilang saat pertengahan bekerja online.

Peran Internet dalam Work From Home

Digitalisasi adalah suatu program yang sudah ada sejak lama dan dirancang oleh pemerintah berguna untuk mengimbangi dari kemajuan sebuah teknologi.

Saat adanya virus Covid-19, kini WFH semakin kian gencar dan digitalisasi semakin berkembang sangat pesat. Namun perubahan tersebut membuat beberapa provider kewalahan hingga terjadi gangguan internet selama pandemi.

Kini provider sudah mulai menawarkan jenis paket internet serta perencanaan penggunaan untuk mengakses internet di rumah.

Baca:  HP Xiaomi Redmi K40 Pro Rilis Akhir Februari, Ini Bekalan Spesifikasinya!

Hal tersebut tentu disambut oleh para pegawai yang sedang menjalani WFH. Karena pada dasarnya, jaringan internet yang stabil dan kencang sangat perlu untuk mengirim atau menerima berbagai macam file.

Keberadaan internet untuk WFH juga bisa terlihat dari adanya frekuensi yang tinggi saat online meeting melalui beberapa platform. Contohnya seperti Zoom yang kini sudah banyak orang memanfaatkannya saat ada gangguan internet selama pandemi ini.

Ada beberapa faktor yang sering menghalangi adanya gangguan pada jaringan internet yang perlu anda ketahui, yakni sebagai berikut:

Adanya Serangan Virus di Perangkat

Perangkat seperti handphone, laptop, atau PC yang tidak memiliki aplikasi antivirus, akan sangat rentan terjadi masalah. Salah satu gangguannya adalah koneksi internet semakin lambat, bahkan hilang seketika. Hal tersebut tentu akan membuat seseorang lebih sulit lagi dalam menjalankan tugasnya.

Banyaknya Aplikasi

Gangguan internet selama pandemi ini bisa karena ada banyak jenis aplikasi yang terhubung pada sebuah internet, maka akan semakin lambat pula koneksinya.

Baca:  Game Street Fighter 2, Permainan Legendaris yang Masih Mengudara

Hal ini karena kapasitas data yang terbagi merata ke seluruh jenis platform, sehingga menimbulkan jaringan internet terganggu.

Usia Perangkat Sudah Sangat Lama

Gangguan jaringan internet selama pandemi yang hanya bekerja di rumah dan menggunakan perangkat bisa saja terjadi. Pasalnya dalam menggunakan jenis perangkat yang tidak pernah sama sekali mendapat pembaharuan, maka akan menimbulkan faktor yakni mengganggu koneksi jaringan internet.

Hal ini akan menyebabkan tugas yang seharusnya segera selesai justru malah terhambat. Maka dari itu, sebaiknya anda harus segera memperbarui perangkat yang anda miliki supaya koneksi internet juga bisa berjalan stabil.

Jangkauan Jaringan yang Lemah

Pada dasarnya, tidak semuanya di suatu wilayah akan mendapatkan jaringan yang stabil. Bahkan kadang area yang terhalangi oleh tembok tebal dan tinggi bisa membuat koneksi menjadi menurun. Maka dari itu, sebaiknya anda bisa mencari tempat yang aman supaya dapat mengakses dengan mudah.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gangguan internet selama pandemi ini dengan sangat mudah dan cepat. Cara yang bisa anda tempuh adalah sebagai berikut:

Baca:  Cara Memblokir Nomor HP dengan Mudah dan Cepat

Membuang Sampah dari Website

Saat anda sedang mengakses sebuah website, tidak hanya akan mendapatkan informasi yang penting, namun sampah seperti cache, riwayat penjelajahan, dan cookies.

Data-data tersebut justru akan membuat koneksi internet semakin memburuk bahkan hilang. Maka dari itu, untuk menangani hal tersebut, sebaiknya anda selalu membersihkannya setiap saat.

Menghindari Banyak Membuka Tab

Banyak orang yang sering membuka tab karena lebih efisien dalam mencari sesuatu di internet. Padahal cara tersebut akan melambatkan jaringan internet. Terlebih website yang anda kunjungi tersebut banyak mengandung konten berat seperti video dan audio.

Hal tersebut bisa saja mengurangi kecepatan koneksi internet anda. Maka dari itu, sebaiknya anda membuka tab maksimal empat saja supaya jaringan bisa lebih stabil lagi.

Itulah beberapa gangguan internet selama pandemi untuk kegiatan WFH. Selain itu, juga ada beberapa cara supaya koneksi internet bisa berjalan dengan stabil lagi.