Contoh Penyerbukan Tetangga dan Penyebab Gagalnya Penyerbukan

0
346
Contoh Penyerbukan Tetangga, Beserta Penyebab Gagalnya Penyerbukan
Ilustrasi contoh penyerbukan tetangga. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Contoh penyerbukan tetangga sangat beragam. Penyerbukan adalah proses pembuahan bagi setiap tumbuhan. Hal itu bertujuan agar bisa berkembang biak.

Melansir Wikipedia, penyerbukan merupakan proses dari jatuhnya serbuk sari pada bagian putik tumbuhan. Penyerbukan bisa terjadi pada beberapa tumbuhan.

Seperti halnya tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan yang memiliki bunga. Adanya serbuk sari pada jenis tumbuhan biji terbuka perlu mencapai pada tetes penyerbukannya. Serbuk sari harus meraih bagian kepala putik pada jenis tumbuhan berbunga.

Proses tumbuhnya buluh serbuk masuk pada saluran putik ke bagian bakal biji. Hal itu akan mengikuti pada proses penyerbukan yang sukses. Peristiwa penting seperti proses pembuahan terjadi pada bagian bakal biji.

Ini Contoh Penyerbukan Tetangga Berdasarkan Klasifikasi Asal Serbuk Sari

Ada berbagai macam penyerbukan yang masuk pada klasifikasi berdasar asal serbuk sari. Selain itu, juga cara serbuk sari yang melakukan perpindahan dari bunga satu dengan spesies sama.

Penyerbukan yang berdasarkan asal serbuk sarinya seperti penyerbukan sendiri (autogami), penyerbukan silang (alogami), dan penyerbukan bastar. Selain itu, juga proses penyerbukan tetangga atau geitonogami.

Setiap tanaman termasuk dalam golongan makhluk hidup. Tentunya semua makhluk hidup memiliki tujuan yang sama. Semuanya harus bisa meneruskan informasi genetiknya kepada generasi berikutnya.

Hal itu bertujuan untuk menciptakan keturunan. Tentu saja melalui proses penyerbukan agar benih bisa menghasilkan keturunan.

Deretan Contoh Tanaman Dengan Penyerbukan Tetangga (Geitonogami)

Penyerbukan ini disebut juga dengan geitonogami. Penyerbukannya terjadi jika serbuk sari jatuh atau juga menempel pada bagian putiknya. Tentunya asalnya dari bunga yang lainnya. Namun masih dalam satu tanaman atau ekosistemnya.

Singkatnya, serbuk sari jatuhnya ke bagian kepala putik pada bunga yang lain.  Namun bunga tersebut masih pada tumbuhan yang sama atau satu pohon.

Pada proses penyerbukan inilah yang terbilang sebagai penyerbukan tetangga. Hal itu karena bunga jantan serta bunga betina tidak ada pada bunga yang sama. Sehingga proses penyerbukannya membutuhkan dua bunga dalam satu tumbuhan.

Saat bunga terbuka atau bunga tidak dalam kondisi kuncup (tertutup), maka bisa terjadi penyerbukan tetangga. Seperti contoh penyerbukan tetangga yang juga dikenal sebagai penyerbukan terbuka. Hal itu karena serbuk sari yang berasal dari berbagai bunga secara bebas.

Apabila putik dan serbuk sari masak setelah bunga mekar atau anthesis pada waktu yang bersamaan, dapat terjadi proses penyerbukan terbuka.

Penyerbukan ini dapat terjadi pada bagian putik dan serbuk sari bunga yang sama maupun berbeda. Pada penyerbukan tetangga ini juga termasuk dalam penyerbukan silang.

Terdapat beberapa jenis tumbuhan sebagai contoh yang melakukan penyerbukan tetangga. Seperti pada tumbuhan padi, jagung, kelapa, kelapa sawit, bunga mawar merah, bunga mawar putih, dan yang lainnya.

Penyebab Penyerbukan Gagal

Pada beberapa proses penyerbukan, seperti contoh pada penyerbukan tetangga. Proses penyerbukan merupakan perkawinan antara bunga betina dan juga jantan yang saling bertemu. Setelah itu, terjadi proses pembuahan. Namun ternyata tidak semua pembuahan tersebut bisa berhasil tanpa bantuan manusia.

Terdapat beberapa hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya gagal penyerbukan. Seperti halnya apabila hujan turun dengan lebat. Sehingga tidak ada serangga yang dapat membantu proses penyerbukan tersebut. Lalu adanya serangan hama dan serangga perusak.

Perpindahan tumbuhan atau tanaman pada pot baru juga bisa menjadi penyebabnya. Pada penyemprotan insektisida yang berlebihan juga akan merusak perkembangan tumbuhan.

Selain itu, pada alat reproduksi bunga jantan dan betina yang mempunyai jenis rumpun berbeda. Sebagai contoh, pada bunga buah salak dan bunga kemuning. Lalu juga bunga buah mangga dan bunga mawar, serta masih banyak lainnya.

Adanya bunga jantan dan bunga betina yang memiliki jenis sama, namun berada pada tempat berbeda. Selain itu, bunga jantan dan bunga betina adalah tumbuhan yang memiliki jenis sama. Namun, tidak berada dalam satu gerombolannya atau satu jenis tanaman.

Anda saat ini bisa mengetahui contoh penyerbukan tetangga. Selain itu, mengetahui bahwa pada setiap penyerbukan belum tentu berhasil. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab penyerbukan tersebut gagal. Dengan memahaminya, harapannya bisa menambah wawasan mengenai makhluk hidup.