Dampak Perubahan Iklim pada Beberapa Sektor di Indonesia

0
242
Dampak Perubahan Iklim Pada Beberapa Sektor Di Indonesia
Ilustrasi dampak perubahan iklim. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Dampak perubahan iklim dapat berakibat pada beberapa sektor di Indonesia. Iklim yang ada di Indonesia terdapat 3 macam, yaitu iklim musim atau muson, tropika atau panas, dan iklim laut. Namun di Indonesia lebih banyak mengenal iklim tropis atau dengan sebutan iklim panas.

Hal itu yang menjadikan orang dari mancanegara sering berkunjung ke Indonesia untuk dapat menikmati iklimnya, karena negara lain tidak memiliki iklim tersebut. Sehingga  dapat berjemur bawah terik matahari dan sensasi yang berbeda pada musim panas.  

Beberapa Dampak Perubahan Iklim

Adanya 3 iklim yang dapat berganti dalam waktu tertentu, maka akan banyak berpengaruh bagi kehidupan manusia, terlebih jika sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia. Pengaruhnya dapat menguntungkan atau merugikan bagi warga indonesia. 

Dampak pada Sektor Pertanian 

Adanya perubahan iklim pada sektor pertanian, tentunya berpengaruh terhadap hasil pertanian. Hujan yang terlalu berlebihan, beberapa sawah akan mengalami kekeringan dan penanaman padi yang tidak teratur.

Perubahan iklim mempengaruhi hasil dari pertanian yang ada pada wilayah pedesaan. Sehingga para petani yang menerima dampaknya. Petani bisa mendapatkan keuntungan atau kerugian dari hasil panen padinya.

Dampak pada Sektor Transportasi 

Indonesia merupakan negara yang padat penduduk dan mengalami kemacetan pada seluruh sudut kota. Hal itu bukanlah sesuatu yang mengherankan lagi, apabila penghuninya tidak beraturan. Akibat padatnya penduduk dan kemacetan yang setiap harinya terus terjadi.

Selain itu, perubahan iklim membuat dampak terhadap transportasi. Seperti mengalami kemacetan, menerobos jalan, perjalanan yang tidak tepat waktu, dan menggunakan jalan sembarangan.

Beberapa peristiwa tersebut dapat menimbulkan efek rumah kaca dan pemanasan global pada setiap sudut kota. Sehingga perlu adanya observasi penghijauan setiap kota. Hal itu agar menjadi lebih sejuk, nyaman, dan kemacetan transportasi bisa berkurang.

Dampak Sektor Pariwisata

Adanya dampak perubahan iklim dapat terjadi pada sektor pariwisata. Hal itu dapat mempengaruhi pola dan karakteristik kunjungan wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Tempat pariwisata dapat mengalami banjir, longsor, kekeringan, angin kencang, serta kerusakan terumbu karang.

Sehingga dapat mempengaruhi daya tarik pada tempat wisata tersebut. Hal itu juga dapat berakibat pada berkurangnya jumlah pengunjung dari dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, dapat menyebabkan kerugian bagi pihak sektor pariwisata, karena kunjungan wisatawan yang sedikit.

Dampak Dalam Kehidupan Manusia 

Dampak perubahan iklim dan musim tentunya sangat berpengaruh terhadap manusia. Seperti halnya pada ekonomi, lingkungan, kesehatan, maupun dalam pelestarian flora dan fauna.

Sebagian besar dampaknya yang merugikan akibat manusia kurang kesadaran pada dirinya. Sehingga dapat menimbulkan dampak bagi lingkungan manusia itu sendiri.

Seperti halnya pembangunan sembarang tempat yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan. Melakukan penebangan hutan secara liar dan pembukaan lahan dengan membakar pohon yang ada di hutan.

Tentunya hal itu dapat merusak lingkungan dan pemanasan global. Untuk itu, perlu dalam meningkatkan kesadaran diri sendiri dan tanggung jawab. Selain itu, dapat menjaga dan tidak mengotori lingkungan.

Dampak Iklim Terhadap Tanaman 

Dengan adanya perubahan iklim atau musim dalam waktu tertentu, dapat memberikan berbagai dampak terhadap tanaman. Pada cuaca yang panas atau musim hujan yang berkepanjangan, juga memberikan pengaruh bagi tanaman.

Seperti tanaman menjadi kering, layu, mudah mati, atau tempat yang terlalu lembab untuk menanam tanaman. Dengan demikian, dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman yang lebih lambat dari biasanya.

Dampak Ekologis pada Wilayah Pesisir atau Mangrove

Adanya pemanasan global yang ada pada Indonesia, telah memberikan dampak buruk bagi wilayah pesisir. Bukan tanpa alasan. Hal itu karena dapat menyebabkan terjadinya abrasi dan badai yang merusak ekosistem daerah pesisir atau mangrove.

Selain itu, bagi kehidupan biota laut dapat mengakibatkan potensi kematian dan pemutihan terumbu karang pada perairan tropis. Tentunya hal ini akibat pemanasan global. Hal tersebut tak boleh luput dari perhatian bersama demi kelangsungan hidup.

Itulah beberapa dampak perubahan iklim yang dapat berpengaruh bagi warga Indonesia. Ada 3 iklim yang dapat berganti dalam waktu tertentu. Sehingga dapat menimbulkan dampak yang positif atau negatif bagi setiap sektor yang berbeda.