Fungsi NetCut Defender untuk Keamanan Koneksi Internet Lebih Baik

0
180
Fungsi NetCut Defender untuk Keamanan Koneksi Internet Lebih Baik
Ilustrasi Fungsi NetCut Defender. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Fungsi NetCut Defender sepenuhnya belum dimengerti oleh masyarakat. Meskipun sangat berguna untuk mengakses internet, mungkin hanya sebagian orang yang membutuhkannya.

Pasalnya, penggunaan NetCut dapat mempercepat koneksi internet anda. Software ini mampu menjaga sistem keamanan jaringan internet milik anda.

Kenali Fungsi NetCut Defender untuk Mengakses Internet Lebih Cepat

NetCut adalah tool pengelola jaringan dan diciptakan oleh Arcai pada 2001. Berupa aplikasi atau software yang dapat membantu untuk mempercepat koneksi internet. Jadi, fungsi utama dari NetCut Defender adalah mempercepat jaringan sebuah internet.

NetCut adalah singkatan dari kata Network dan Cut, artinya memotong atau menggunting. Jika dalam internet, berarti memotong sebuah koneksi

Ketika anda memutuskan koneksi, maka bandwidth secara otomatis akan semakin bertambah. Sehingga koneksi jaringan internet anda akan semakin cepat. Bahkan NetCut dapat menguasai jaringan pada WiFi dan hotspot.

Tak hanya itu saja, namun bisa memotong sambungan koneksi pada suatu client yang saling terhubung. Bahkan mampu melindungi komputer anda dari serangan spoofing ARP. Jadi, tidak hanya memotong jaringan saja, melainkan bisa mengamankan jaringan anda.

Banyak Manfaat

Fungsi NetCut Defender juga digunakan untuk mencuri koneksi internet yang lain. Sehingga pengamanan jaringan sangat penting. Langkah tersebut supaya bisa menghindari dari adanya kegiatan yang merugikan.

Contohnya adalah adanya penyusup yang sedang mencuri bandwidth di internet. Sehingga anda harus mengetahui dasar-dasar dan manfaat NetCut. Software ini juga bisa memberi kemampuan untuk mengelola jaringan internet dengan sangat mudah.

Sejarah NetCut

Pada tahun 2001, Arcai telah membuat aplikasi NetCut. Arcai merupakan sebuah komunitas yang mengembangkan banyak aplikasi sejak tahun 1999.

Peluncurannya dilakukan oleh Arcai dengan cara memanfaatkan kelemahan ARP (Address Resolution Protocol). Untuk saat ini fungsi NetCut Defender juga bisa dirasakan oleh para pengguna Android.

Software Bermanfaat

Banyak orang yang mengira bahwa aplikasi NetCut ini sangat berbahaya. Namun jika dimanfaatkan secara benar akan mendapat keuntungan.

Keberadaan NetCut bisa membantu anda dalam mengelola jaringan dengan mudah. Anda juga bisa membatasi dari perangkat yang lain.

Hanya saja, dalam penggunaannya, NetCut tidak mengharuskan pengguna supaya memiliki akses administrator. Pasalnya, seorang pengguna biasa yang memakai NetCut dapat bertindak sebagai seorang administrator. Maka dari itu, anda harus mengetahui langkah yang tepat.

Untuk Mengontrol Penggunaan Bandwidth

Fungsi NetCut Defender dapat mengontrol penggunaan bandwidth internet pada suatu jaringan. Fitur tersebut bisa anda manfaatkan jika memperoleh perangkat banyak menyedot bandwidth. Di mana dengan jumlah yang cukup besar serta membuat akses menjadi lebih lambat.

Dapat Memantau Perangkat Lain

Fungsi lainnya yaitu bisa memantau suatu jaringan perangkat komputer lain. Dengan cara menggunakan software ini, maka anda bisa melihat perangkat lain yang terhubung dalam jaringan. Sehingga anda bisa mengetahui seorang penyusup lain.

Mengetahui MAC Address

Software NetCut juga bisa membuat anda mengetahui MAC Address dari semua jenis perangkat yang ada dalam jaringan. Selain itu, anda bisa memberikan akses agar melakukan Clone MAC Address dari perangkat yang terhubung.

Mengelola Akses Internet

Selanjutnya fungsi dari NetCut Defender bisa mengelola sebuah akses internet lain. Jadi, tidak hanya untuk membatasi pemakaian bandwidth.

Namun juga mampu menolak dan mengizinkan koneksi internet dari perangkat lain. Bahkan, anda juga bisa memakai NetCut untuk mematikan jaringan internet secara total.

Melindungi Perangkat dari Serangan ARP Spoof

Fungsi NetCut Defender selanjutnya adalah mampu melindungi perangkat anda dari serangan Cyber. Terlebih pada serangan yang menggunakan teknik ARP Spoof.

NetCut akan menangkal ARP Spoof dengan memperbaiki ARP Mapping. Biasanya menggunakan fitur Protect My PC di NetCut, yang bisa memungkinkan untuk mendapatkan fungsi tersebut.

Arcai sendiri telah mendesain software NetCut ini supaya bisa bekerja menggunakan metode ARP Spoof. Metode ini memang lebih rentan dan berbahaya karena bisa terjadi penyadapan.

ARP Spoof

Di dalam jaringan, ARP adalah protokol yang berguna untuk melakukan komunikasi dan menyalurkan akses internet. Sedangkan ARP Spoof untuk mengirim pesan ARP yang palsu pada jaringan.

Di mana dengan melalui sebuah alamat IP pada perangkat yang lain. Kemudian traffic yang telah masuk dalam IP komputer, dapat beralih ke komputer lain. Sehingga fungsi NetCut Defender ini banyak sekali manfaatnya.