Fungsi Otak Tengah, Bagian Otak Terkecil dan Berada di Tengah

0
227
Fungsi Otak Tengah, Bagian Otak Terkecil dan Berada di Tengah
Ilustrasi fungsi otak tengah. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Fungsi otak tengah sangatlah penting meskipun memiliki ukuran kecil dari batang otak. Otak adalah organ penting yang mempunyai banyak jaringan saraf. Otak terdiri dari beberapa bagian, namun otak tengah ini menjadi elemen penting sebagai titik penghubung dengan wilayah utama otak.

Melansir Wikipedia, otak tengah merupakan bagian terkecil dari otak. Berfungsi sebagai stasiun relay mengenai informasi pendengaran dan penglihatan.

Otak tengah juga disebut dengan mesencephalon. Letak otak ini dalam batang otak, yaitu antara otak depan dan otak belakang. Otak tengah ini hanya dengan ukuran sekitar 1,5 cm.

Mengenal Struktur dan Fungsi Otak Tengah

Apabila dibandingkan dengan bagian otak yang lain, otak tengah memiliki bagian lebih kecil. Meskipun berukuran paling kecil dan letaknya di tengah, fungsi otak tengah tentunya memiliki peran yang sangat penting.

Letak otak tengah ini berada pada dalam batang otak. Bagian batang dari otak manusia akan menjadi penghubung otak langsung ke sumsum tulang belakang leher. Bagian batang otak terdiri dari tiga bagian utama, otak tengah, pons, dan medulla oblongata.

Namun diencephalon juga sebagai bagian dari batang otak. Ketiga bagian tersebut dapat melakukan kerjasama untuk mengatur berbagai fungsi otak tengah yang tidak disadari.

Seperti halnya pada pernapasan, detak jantung, dan tekanan darah. Bagian batang otak juga berperan penting saat manusia ingin tidur dan mengatur kesadaran.

Bagian otak tengah terdiri dari dua bagian utama, yaitu tegmentum dan tektum. Tegmentum merupakan permukaan anterior otak tengah yang mengandung banyak struktur.

Seperti formasi retikuler, inti saraf kranial tertentu, materi PAG (periaqueductal grey), jalur saraf sensorik, juga motorik. Selain itu, nukleus merahnya, substansia nigra, dan daerah tegmental ventral (VTA).

Tektum merupakan permukaan posterior otak tengah yang terdapat corpora quadrigemina. Bagian tersebut yang berisi kelompok sel saraf. Seperti halnya colliculus superior dan inferior.

Inilah Fungsi Otak Tengah

Bagian otak tengah merupakan wilayah yang kompleks dalam tubuh. Bagian otak tengah ini memiliki banyak fungsi. Fungsi bagian otak ini dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu tegmentum dan tektum.

Tegmentum

Berdasarkan struktur dan fungsinya, berkaitan dengan bagian tegmentum. Pembentukan retikuler pada area yang berbagai macam dan juga integrative.

Bagian ini berisi jaringan inti yang bertanggung jawab dengan banyak fungsi vital. Seperti halnya kesadaran, gairah, siklus tidur-bangun, kontrol kardiovaskuler, dan koordinasi gerakan tertentu.

Materi periaqueductal grey (PAG) pada area ini memiliki peran utama. Terlebih dalam fungsi otonom, memproses sinyal nyeri, dan respons perilaku terhadap ketakutan maupun kecemasan.

Struktur ini telah berkaitan dengan pengendalian reaksi defensive. Tentunya yang terkait mengenai gangguan stres pasca trauma (PTSD). Inti saraf yang berperan penting pada otak tengah, fungsinya mengendalikan pupil dan sebagian besar gerakan mata.

Pada bagian saraf troklear dapat menginervasi otot oblik superior mata yang menekan. Selain itu, berfungsi memutar mata secara internal. 

Saluran spinotalamikus merupakan jalur saraf utama. Fungsinya membawa informasi mengenai rasa sakit. Selain itu, juga memberi sensasi suhu tubuh ke talamus otak.

Saluran kortikospinalis sebagai jalur saraf utama yang membawa informasi mengenai gerakan. Terutama dari otak ke sumsum tulang belakangnya.

Inti merah merupakan wilayah yang terlibat dalam koordinasi motorik. Bagian ini terkenal dengan sebutan inti merah. Hal itu karena memiliki warna merah jambu akibat keberadaan adanya zat besi di dalamnya. 

Substantia nigra pada daerah yang mengandung sel saraf. Bagian yang membuat neurotransmitter atau zat kimia otak menjadi dopamin. Berfungsi sebagai stasiun relay untuk sinyal saraf. Tentunya yang bertanggung jawab dalam pengendalian gerakan.

Tektum

Fungsi otak tengah pada bagian tektum bertanggung jawab kepada tubuh untuk menghasilkan gerakan mata dan aktivitas pada otot leher.

Selain itu, bagian ini juga berfungsi dalam memproses pendengaran dan menangkap sinyal sebelum menyebarkannya melalui thalamus otak. Pada akhirnya, akan menuju korteks pendengaran primer di lobus temporal.

Fungsi lain yang masih berkaitan seperti halnya menciptakan respon tubuh. Selain itu, mengorientasikan tubuh terhadap rangsangan tertentu dan membedakan nada atau ritme suara.

Kini anda dapat mengetahui fungsi otak tengah di atas. Bagian otak berukuran paling kecil dan letaknya di tengah. Namun otak tengah memiliki peran yang sangat penting.