Letak Sendi Pelana, Sendi Paling Fleksibel di Dalam Tubuh

377
Letak Sendi Pelana, Sendi Paling Fleksibel di Dalam Tubuh
Ilustrasi Letak Sendi Pelana. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Letak sendi pelana salah satunya berada di antara ibu jari. Selain itu, sendi ini juga ditemukan pada beberapa bagian tubuh lainnya.

Sendi merupakan sebuah bagian di dalam tubuh yang menghubungkan tulang. Tanpa adanya sendi, tubuh tidak akan bisa bergerak. Jumlah sendi seseorang juga berbeda-beda. Ada beberapa jenis sendi, salah satu yang paling penting adalah sendi pelana.

Dimana Letak Sendi Pelana?

Pelana adalah sendi yang fleksibel. Sendi ini dapat Anda temukan di beberapa bagian tubuh, seperti bahu, telinga bagian dalam, dan ibu jari. Meskipun sendi ini cukup fleksibel, namun tetap tidak bisa bergerak memutar seperti halnya sendi peluru.

Arti dari nama pelana sendiri karena tulang yang membentuk salah satu bagian dari sendi berbentuk cekung pada salah satu ujungnya, sehingga terlihat seperti pelana.

Sendi ini juga terkenal dengan nama sellar. Sendi sellar atau pelana ini juga memiliki jangkauan gerak yang lebih luas, tidak hanya terbatas gerak maju mundur yang sederhana.

Cara Kerja Sendi

Sendi dalam tubuh pada dasarnya memiliki fungsi yang sangat penting. Merekalah yang membuat tubuh kita dapat bergerak. Setiap sendi tentunya memiliki cara kerjanya sendiri. Berdasarkan letak sendi pelana di dalam tubuh, terdapat dua tipe gerakan dasar.

Gerakan tersebut memiliki nama fleksi-ekstensi dan abduksi-adduksi. Untuk fleksi dan ekstensi, kedua gerakan tersebut sangatlah berlawanan.

Contoh dari gerakan ekstensi adalah pada saat Anda meluruskan lengan, lalu merentangkannya. Anda akan melihat bahwa sudut antara lengan bagian atas dan bawah meningkat.

Kemudian ada contoh dari gerak fleksi, yaitu pada saat Anda menekuk lengan. Saat inilah Anda akan merasa bahwa sudut antara lengan bawah dan atas berkurang.

Sedangkan pada abduksi dan adduksi merupakan sebuah gerakan yang saling berhubungan dengan garis tengah suatu tulang. Sebagai contoh, ketika Anda merentangkan jari dengan lebar, maka tentunya hal itu akan menjauhkan dari garis tengah ke bagian tengah tangan itu yang dinamakan abduksi.

Sebaliknya, ketika Anda menggerakkan jari kembali ke garis tengah, maka Anda sudah melakukan adduksi. Beberapa sendi pelana mampu menggabngkan gerakan fleksi-ekstensi dan adduksi-abduksi.

Contoh Sendi Pelana

Ada tiga contoh dari sendi ini, yaitu:

  1. Sendi Trapeziometacarpal

Letak sendi pelana satu ini adalah pada dasar ibu jari. Trapeziometacarpal berfungsi untuk menghubungkan tulang metakarpal ibu jari dengan trapesium. Karakteristik utama dari sendi ini adalah ibu jari yang lebih besar sehingga mampu menggenggam beda besar.

  1. Sendi Sternoklavikularis

Sternoklavikularis merupakan tempat bertemunya tulang selangka atau klavikula dengan manubrium, yaitu bagian atas dari tulang dada.

Dengan adanya sendi ini, Anda jadi bisa untuk mengangkat lengan hingga ke bagian atas kepala, menopang bahu, serta gerakan lainnya oleh lengan.

Sendi ini juga sulit untuk terluka. Sebab, ligamen yang terdapat di sekeliling sternoklavikularis merupakan beberapa yang terkuat di dalam tubuh. Meski begitu, benturan keras akibat jatuh atau kecelakaan tetap bisa merusak sendi sternoklavikularis.

  1. Sendi Inkud Malleolar

Anda dapat menemukan sendi inkud malleolar pada bagian dalam telinga. Fungsi sendi ini adalah untuk menghubungkan dua tulang kecil yang memiliki nama maleus dan inkus.

Kedua tulang tersebut memiliki peran penting terhadap kemampuan mendengar Anda. Sendi inkud malleolar akan mengantarkan getaran di telinga. Nantinya, getaran tersebut akat otak indentidikasikan sebagai suara.

Karena letak sendi pelana yang ada di berbagai bagian tubuh serta fungsinya penting, membuat Anda harus benar-benar menjaganya dengan rajin berolahraga, berhati-hati dalam bergerak, dan lainnya.