Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Anti Gagal

255
Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Anti Gagal
Ilustrasi Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara mengembalikan foto yang terhapus secara tidak sengaja sekarang bisa kamu lakukan. Dengan kemajuan teknologi, saat ini mengembalikan foto menjadi lebih mudah.

Mungkin beberapa dari kamu ada yang seringkali tidak sengaja menghapus file foto. Hal itu tentunya sangat menjengkelkan, terlebih jika foto yang terhapus mengandung momen penting.

Dahulu, saat foto terhapus maka tidak bisa pulih kembali karena keterbatasan teknologi. Berbeda dengan saat ini yang semua serba bisa.

Inilah Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus pada Andoid dan iPhone

Memulihkan kembali foto yang terhapus bukanlah hal mustahil lagi. Bahkan, kamu tidak perlu meminta bantuan tukang foto untuk melakukannya. Kamu bisa melakukan sendiri dengan mudah dan cepat.

Ponsel Android

Android adalah jenis ponsel yang paling banyak penggunanya. Jika kamu pengguna Android dan tidak sengaja menghapus foto, maka tidak perlu khawatir.

Jika Androidmu adalah keluaran terbaru, foto yang terhapus pasti masih tersimpan dengan baik di dalam folder galeri foto yang baru saja terhapus. Foto-foto itu akan bertahan di sana selama 30 hari.

Jadi jika kamu tidak sengaja menghapusnya bisa langsung mencari folder galeri tersebut. Namun, bagaimana jika perangkat Android masih lama dan belum mendukung?

Saat ini Google mengeluarkan layanan yang bernama Google Photo. Fungsi dari Google Photo sendiri adalah untuk menyimpan foto-foto agar tidak memenuhi memori ponsel.

Foto yang ada di dalam Google Photo, jika terhapus juga masih tersedia pada menu trash dalam 60 hari. Ini cara mengembalikan foto yang terhapus melalui Google Photo.

  1. Bukalah aplikasi layanan Google Photos atau Photos di ponsel Android milikmu.
  2. Ketuk ikon garis tiga pada sudut kiri.
  3. Pilih menu dengan ikon tempat sampah atau Trash.
  4. Jika folder sudah terbuka, pilih foto yang ingin kamu pulihkan.
  5. Ketuk beberapa saat foto tersebut hingga muncul tanda centang.
  6. Pilih menu tanda panah melingkar atau Recovery.
  7. Tunggu prosesnya.

Pastikan dulu sebelum ini, kamu sudah membuat akun Google Photo.

Ponsel iPhone

Untuk kamu para pengguna iPhone, cara untuk memulihkan foto hampir sama dengan Android. Kamu bisa coba untuk memeriksa folder foto baru dihapus di galeri.

Memang jauh sebelum ada di Android, fitur folder ini sudah ada sejak lama di perangkat iPhone. Foto-foto yang sudah terhapus juga akan berada di dalam folder selama 30 hari.

Caranya cukup pilih foto yang ingin kamu pulihkan, pada bagian bawah akan terdapat logo panah bulat. Klik logo itu dan pilih ya muncul pop up verifikasi.

iTunes dan iCloud adalah layanan khusus pengguna perangkat iOS. Meski iTunes pada dasarnya berguna untuk mendengarkan lagu, namun fitur ini juga menyimpan berbagai data ponsel, termasuk foto.

Untuk cara mengembalikan foto yang terhapus melalui iTunes, kamu perlu menonaktifkan fitur cari iPhone. Setelah sudah mati, sambungkan iPhone milikmu ke komputer dan buka iTunes. Nantinya, akan ada menu Backups.

Kamu bisa klik menu Backups tersebut dan menu Restore. Ikuti prosesnya hingga selesai. Selain dengan iTunes, kamu juga bisa menggunakan fitur iColouds. Fitur ini sebenarnya mirip dengan Google Drive atau Google Photo.

Untuk memulihkan foto yang terhapus, nyalakan fitur iCloud Photos terlebih dahulu. Setelah menyala, kamu bisa mencari foto yang ingin dipulihkan.

Jangan lupa selalu update perangkat iPhone dengan memasukkan ID Apple yang sama pada setiap perangkat. Dengan itu, maka data-data di iCloud akan berpindah dengan otomatis.

Cara mengembalikan foto yang terhapus lainnya adalah menggunakan aplikasi. Unduh aplikasi di Google Play Store atau App Store agar tetap aman.