Organ Tubuh Manusia yang Vital Serta Organ Bagian Luarnya

0
229
Organ Tubuh Manusia yang Vital, Serta Organ Bagian Luarnya
Ilustrasi organ tubuh manusia. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Organ tubuh manusia tersusun dari berbagai macam. Tentunya ada organ yang memegang fungsi vital dalam tubuh manusia. Namun ada juga organ tubuh bagian luar yang tidak kalah pentingnya.

Kehidupan dan aktivitas manusia sehari-hari didukung oleh kerja organ-organ dalam tubuh. Adanya organ vital dalam tubuh diperlukan untuk bertahan hidup. Kehilangan fungsi dari salah satu organ vital tersebut bisa menyebabkan kematian.

Inilah Organ Tubuh Manusia yang Vital

Melansir Education, terdapat lima organ vital dalam tubuh, seperti pada otak, jantung, paru-paru, liver, dan ginjal.  

Otak

Otak merupakan pusat kontrol dari segala kegiatan dalam tubuh. Tentunya yang bertanggung jawab untuk mengatur pikiran, perasaan, menyimpan ingatan, dan persepsi tentang dunia. Otak memiliki tugas untuk mengirim dan menerima sinyal berbagai anggota tubuh yang berbeda-beda.

Penurunan fungsi pada otak bisa mengakibatkan berbagai penyakit. Seperti halnya alzheimer, demensia frontotemporal, parkinson, dan penyakit huntington.

Jantung

Berbeda dengan otak yang merupakan pusat kontrol, maka jantung merupakan pusat mesin pada tubuh manusia. Organ tubuh manusia seperti jantung memiliki tugas penting untuk dapat memompa darah ke seluruh tubuhnya. 

Namun apabila terjadi penurunan fungsi jantung, bisa menyebabkan berbagai komplikasi. Seperti halnya gagal jantung, stroke, aneurisma, henti jantung, dan kematian.

Paru-Paru

Paru-paru memiliki tugas untuk mentransfer oksigen yang dihirup ke dalam darah. Setelah itu, mengalirkannya ke seluruh tubuh. Paru-paru juga memiliki fungsi untuk mengeluarkan karbon dioksida ke luar tubuh.

Apabila paru-paru mengalami penurunan fungsi, bisa menyebabkan masalah pada paru-paru. Adanya masalah pernapasan juga bisa membahayakan nyawa.

Hati atau Liver

Hati merupakan organ terpenting dari sistem metabolisme tubuh manusia. Liver memiliki beberapa peranan penting. Seperti halnya mengeluarkan racun dari dalam tubuh, mencerna obat, dan menyaring darah. Selain itu, juga mensekresi bilirubin dan memproduksi protein untuk pembekuan darah.

Apabila fungsi hati terganggu, maka kemampuan tubuh pun akan terganggu. Seperti untuk menghilangkan racun, menyaring darah, dan mengubah nutrisi, kemampuannya bisa menurun.

Ginjal

Ibarat sebuah mobil, maka ginjal merupakan knalpot yang bertugas untuk membuang gas sisa. Ginjal memiliki fungsi untuk membuang sisa pencernaan ke luar tubuh. Sisa pencernaan yang tidak dibuang bisa menjadikan racun pada tubuh.

Apabila fungsi ginjal terganggu, maka sampah pada darah tidak bisa terbuang. Sehingga akan berpotensi menyebabkan adanya penyakit yang serius.

Simak Organ Tubuh Manusia Bagian Luar

Organ tubuh bagian luar tidak kalah pentingnya dengan organ tubuh yang vital.

Mata

Organ tubuh bagian luar yang mempunyai banyak manfaat adalah mata. Fungsi mata bisa menerima respon yakni pantulan cahaya. Sehingga membuat manusia bisa membedakan bentuk, warna, dan yang lainnya. Mata juga memiliki jutaan saraf yang terhubung ke otak.

Bibir

Bagian bibir adalah organ tubuh bagian luar yang peka dengan adanya benda asing. Lapisan kulit dalam bibir yang namanya membran mukrosa ini dapat mendeteksi ataupun memiliki kepekaan raba yang begitu kuat.

Alat Reproduksi

Pada alat reproduksi manusia, terdapat dua macam yaitu alat reproduksi wanita dan pria. Wanita dan pria memiliki alat reproduksi yang pastinya berbeda.

Perbedaannya ada pada jenis kelamin serta organ reproduksinya. Selain itu, pengaruh hormonnya juga berperan aktif dalam menentukan jenis kelamin seseorang.

Anggota Gerak

Organ tubuh manusia bagian luar selanjutnya mengenai anggota gerak. Anggota gerak manusia yang berupa tangan dan kaki, berfungsi untuk mendukung pergerakan tubuh manusia. Misalnya untuk makan, berjalan, berlari, ambil sesuatu, dan berbagai kegiatan lainnya.

Hidung dan Telinga

Fungsi organ tubuh manusia bagian luar manusia seperti halnya pada hidung. Tentunya memiliki peran penting dalam sistem pernapasan manusia.

Selain itu, hidung berfungsi sebagai filter atau penyaring. Sehingga kotoran yang tercampur udara, tidak masuk dalam paru-paru.

Sedangkan telinga, berperan penting dalam pendengaran manusia. Melalui telinga, manusia akan menerima rangsang atau suara dari luar.

Anda bisa lebih mengetahui organ tubuh manusia yang vital di atas. Selain itu, organ bagian luar manusia juga memiliki peran yang tidak kalah pentingnya. Tentu menarik dan penting untuk kita ketahui.