Galat Jaringan atau Kartu SIM Tidak Terdeteksi, Ketahui Cara Mengatasi!

0
365
Galat Jaringan atau Kartu SIM Tidak Terdeteksi, Ketahui Cara Mengatasi!
Ilustrasi: Galat jaringan atau kartu SIM. Foto. gadgetstouse.com

Texno.ID – Galat jaringan atau kartu SIM adalah terjadinya error pada jaringan disebabkan oleh sumber data yang tidak bisa masuk dalam model. Salah satu penyebabnya adalah karena ketidakcocokan antara proxy anda dengan bawaan.

Kondisi seperti ini tentu kita tidak bisa menerima maupun melakukan SMS, panggilan dan menggunakan internet. Karena, SIM pada HP anda tidak bisa terbaca.

Galat Jaringan atau Kartu SIM Error

Keberadaan ponsel kini menjadi suatu benda berharga dan sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Karena, bisa digunakan untuk bekerja, belajar, belanja, bermain dan masih banyak lagi.

Namun, apa jadinya jika tiba-tiba muncul notifikasi error pada layar HP? Tentunya hal seperti ini membuat anda menjadi merasa sangat jengkel.

Salah satunya adalah terjadi galat jaringan, kondisi seperti ini menandakan bahwa kartu SIM tidak bisa terbaca. Sehingga, membuat beberapa fitur yang ada di ponsel tidak bisa bekerja secara maksimal.

Masalah IC PA

Penyebab utama jika kartu SIM tidak terbaca adalah karena komponen IC PA mengalami kerusakan. IC PA merupakan komponen yang berguna untuk penangkapan sinyal. Jika rusak, maka sinyal di ponsel akan hilang dan kartu tidak dapat terdeteksi.

IMEI Hilang

Galat jaringan atau kartu SIM bisa hilang karena IMEI pada HP tersebut hilang. IMEI merupakan salah satu nomor unik yang berguna untuk memberi identitas pada smartphone. Jika rusak, maka SIM tidak dapat terbaca.

Membersihkan Kartu SIM

Pertama, cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi SIM tidak terbaca adalah dengan membersihkannya. Cukup lepaskan kartu tersebut dan bersihkan dari debu yang menempel. Kemudian, pasang kembali di ponsel anda dan tunggu sampai kartu bisa terdeteksi.

Restart Ulang Ponsel

Cara mengatasi galat jaringan atau kartu SIM yang kedua adalah dengan merestart smartphone anda. Langkah ini akan memulai ulang seluruh service yang berjalan di HP.

Karena, semua cache dan jalur pintas akan dibersihkan. Bahkan, ketika di hidupkan kembali kondisi ponsel akan lebih terasa fresh.

Mode Pesawat

Apabila kartu SIM tidak ada layanan, biasanya karena ada kesalahan di sistem. Untuk mengatasinya, anda dapat menggunakan fitur mode pesawat yang ada di perangkat android.

Caranya juga sangat mudah, yaitu aktifkan mode tersebut sampai muncul gambar pesawat. Kemudian, tunggu hingga beberapa saat, setelah itu aktifkan kembali. Dengan begitu, sinyal akan muncul kembali alias kartu SIM sudah terbaca.

Menghapus Cache

Galat jaringan atau kartu SIM bisa anda atasi dengan cara membersihkan cache yang ada di perangkat anda. Karena, sampah yang ada di HP bisa menyebabkan kartu SIM tidak terbaca.

Sehingga, anda harus menghapus cache pada aplikasi di smartphone. Anda bisa menghapusnya melalui menu pengaturan atau menggunakan aplikasi cleaner.

Cek Pengaturan Acces Point Name (APN)

Kartu SIM yang tidak terbaca bisa disebabkan karena pengaturan APN tidak sesuai. Pasalnya, setiap operator pasti memiliki konfigurasi berupa APN sendiri.

APN ini berguna untuk menghubungkan dengan sebuah jaringan. Supaya bisa mengatasinya anda harus memeriksa terlebih dahulu dengan melakukan konfigurasi yang benar.

Mengatur Ulang Jaringan

Cara mengatasi galat jaringan atau kartu SIM tidak terbaca selanjutnya adalah dengan mengatur ulang kembali jaringan pada ponsel anda. Masalah operator seluler yang sedang error kadang juga menyebabkan kartu tidak bisa berfungsi.

Mengatur Jaringan ke Otomatis

Banyak pengguna yang sering memilih penyedia jaringan yang tidak sesuai, sehingga menyebabkan kartu SIM bermasalah. Untuk mengatasinya, anda bisa mengatur mode jaringan ke otomatis.

Caranya pun juga sangat mudah, pertama buka menu pengaturan dan pilih Kartu SIM. Selanjutnya, gulir ke bawah dan pilih SIM. Anda bisa memilih opsi Jenis Jaringan Pilihan dan tekan opsi GSM/ WCDMA/LTE.

Ganti Kartu

Masalah pada jaringan mungkin disebabkan dari kartu provider yang digunakan. Bisa jadi kartu tersebut rusak. Sehingga, anda harus mengganti kartu SIM dengan yang baru.

Membawa ke Tukang Service

Masalah seperti tersebut mungkin bisa saja teratasi dengan cara membersihkannya. Namun, jika semua itu sudah anda lakukan tapi tidak bisa, kemungkinan pada konektornya yang sudah rusak.

Hal ini bisa karena ada beberapa bagian yang sudah putus. Salah satu komponen yang bisa menyebabkan kartu SIM tidak terbaca adalah IC PA, meskipun tidak sepenuhnya. Namun, komponen ini identik dengan kerusakan ponsel dan berhubungan dengan sinyal.

Supaya bisa mengetahui dan cara mengatasi masalah tersebut, sebaiknya langsung bawa saja ke tukang servis HP. Teknisi HP akan mengganti komponen ponsel anda yang rusak tersebut.

Nah, itulah beberapa pengertian, penyebab dan cara mengatasi galat jaringan atau kartu SIM tidak terbaca di smartphone.