Penyebab Dinosaurus Punah, Hantaman Komet, Letusan Gunung

69
Penyebab Dinosaurus Punah, Hantaman Komet, Letusan Gunung
Ilustrasi Penyebab Dinosaurus Punah. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Penyebab dinosaurus punah hingga saat ini masih menjadi salah satu topic menarik yang bisa kita bahas. Penyebab punahnya hewan raksasa ini karena berbagai macam faktor. Dinosaurus merupakan kelompok hewan purbakala yang berasal dari klad Dinosauria.

Pertama kalinya, dinosaurus muncul pada periode Trias, yakni sekitar 230 juta tahun yang lalu. Selain itu, dinosaurus ini merupakan Vertebrata dominan hingga waktu yang sangat lama, yakni selama 135 juta tahun.

Sejak periode Jura atau sekitar 201 juta tahun yang lalu, hingga periode Kapur atau 65 juta tahun lalu. Beberapa jenis hewan dinosaurus, antara lain ichthyosaurus, mosasaurus, plesiosaurus, hingga dimetrodon.

4 Penyebab Dinosaurus Punah

Pada masanya, dinosaurus menjadi penguasa bumi. Hal ini karena populasinya yang tersebar ke seluruh belahan dunia.

Meskipun memiliki populasi yang banyak, tetapi dinosaurus ini bisa mengalami kepunahan. Berikut ini beberapa penyebab kepunahannya.

1. Hantaman Asteroid

Penyebab dinosaurus punah yakni karena hantaman asteroid. Akibat dari hantaman asteroid tersebut mampu membunuh dinosaurus.

Selain itu, asteroid ini juga membuat bumi penuh dengan banyak debu, radiasi, gas, maupun puing-puing yang merubah iklim bumi. Hal ini juga menyebabkan matahari tertutup dalam waktu yang cukup lama.

Dengan kondisi semacam ini secara berangsur angsur, dinosaurus tidak mampu untuk bertahan hidup. Sehingga, kepunahan dinosaurus terjadi secara masal.

2. Hantaman Komet

Tidak hanya asteroid saja, penyebab dinosaurus punah ini juga karena hantaman komet. Komet tersebut berasal dari awan Oort atau bola puing pada tepi Tata Surya yang mengalami benturan dengan medan gravitasi Jupiter.

Komet ini kemudian menghantam bumi dengan energy yang sangat besar dan menyebabkan ledakan. Akibat dari hantaman komet ini memicu terjadinya gempa bumi dan bencana lainnya.

Sama halnya dengan hantaman asteroid, hantaman komet ini juga menghasilkan debu, gas, radiasi, maupun puing-puing yang memenuhi atmosfer.

Atmosfer kemudian menjadi hitam dan menghalangi sinar matahari. Perubahan iklim pun terjadi, dan suhu menjadi lebih dingin.

Kondisi semacam ini membuat dinosaurus tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan hidupnya. Sehingga, membuat populasi dinosaurus menjadi punah bahkan dalam waktu yang singkat.

3. Letusan Gunung

Salah satu penyebab dinosaurus punah yakni letusan gunung. Pada zaman dinosaurus, pernah terjadi letusan gunung berapi terbesar di dunia.

Gunung tersebut adalah Deccan Traps. Letusan gunung berapi yang dahsyat ini terjadi sekitar puluhan juta tahun yang lalu. Selain itu, akibat dari letusan gunung tersebut, mengeluarkan lava maupun gas yang jumlahnya besar.

Sehingga, menutupi bumi bertahun-tahun. Kemudian aktivitas vulkanis tersebut juga mengakibatkan perubahan iklim. Karena sulitnya dinosaurus untuk beradaptasi, maka terjadilah kepunahan hewan purba tersebut.

4. Munculnya Tanaman Bunga Beracun

Penyebab dinosaurus punah ini juga karena munculnya tanaman bunga beracun pada saat ini. Mungkin, penyebab satu ini cukup aneh bagi sebagian orang.

Hal ini berdasarkan kemampuan adaptasi yang dinosaurus miliki. Faktanya, hewan purba satu ini memiliki kemampuan adaptasi yang cukup buruk terhadap lingkungan.

Sehingga, mereka tidak memiliki tingkat kepekaan yang baik. Terutama  terkait dengan rasa makanan maupun bahaya dari tumbuhan berbunga yang beracun.

Akibat mengonsumsi tumbuhan beracun itulah, dinosaurus kemudian mengalami kepunahan.

Akibat dari bencana yang besar, membuat hewan purba ini kesulitan untuk pulih kembali, terutama. Telur dinosaurus membutuhkan waktu yang lama untuk menjadi dewasa.

Belum lagi, adanya ancaman berbagai predator yang mengganggu perkembangannya, sehingga menjadi salah satu penyebab dinosaurus punah.