Cara Menggunakan Google Lens di HP dengan Mudah

241
Cara Menggunakan Google Lens di HP dengan Mudah
Ilustrasi Cara Menggunakan Google Lens di HP. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menggunakan Google Lens di HP bisa kamu terapkan dengan sangat mudah. Bahkan, kamu bisa menggunakan Google Lens ini untuk berbagai hal. Pada dasarnya, Google Lens ini merupakan salah satu produk aplikasi besutan Google.

Aplikasi ini bisa memahami apa saja yang pengguna lihat. Selain itu, mempermudahkan penggunanya, untuk menggunakan informasi tersebut guna menyalin maupun menerjemahkan teks.

Tak hanya itu, melalui aplikasi ini kamu juga bisa mengidentifikasi tumbuhan maupun hewan, menjelajahi tempat atau menu, menemukan berbagai macam produk, maupun kemudahan lainnya.

Dengan menggunakan Google Lens, kamu dapat menelusuri apa yang tengah kamu lihat. Misalnya saja foto pada galeri atau objek yang berada pada sekitar kamu.

Kemudian, aplikasi ini membantu penggunanya untuk menemukan gambar maupun konten terkait. Sehingga, kamu dapat mengumpulkan semua informasi yang ada dalam internet.

2 Cara Menggunakan Google Lens di HP

Google Lens ini bisa dikatakan sebagai salah satu produk sekaligus inovasi dari Google yang belum lama. Pasalnya, aplikasi ini secara resmi rilis pada tanggal 4 Oktober 2017 lalu.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini hanya dengan mengunduhnya melalui App Store maupun Google Play Store. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya melalui iOS maupun Android.

Ketika aplikasi ini terpasang pada HP milikmu, maka bisa langsung mengenali objek. Pasalnya, aplikasi ini memiliki Artificial Intelligence yang tergolong canggih.

Sehingga dapat membaca maupun mengidentifikasi gambar. Google Lens ini pun sudah terintegrasi dengan Google Assistant.

Dengan begitu, dapat memberikan layanan yang lebih komprehensif lagi. Melalui Google Lens ini, kamu juga bisa mengenali objek dari Google Photos secara online untuk berbagai macam merek HP.

Cara Menggunakan Google Lens

Pada dasarnya, terdapat dua cara menggunakan Google Lens di HP. Untuk lebih jelasnya, berikut cara beserta dengan langkah-langkahnya.

1. Cara Menggunakan Google Lens Melalui Google Foto

Cara pertama kali yang bisa kamu gunakan yakni dengan melalui Google Foto. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, karena kamu menggunakan HP, maka silakan buka aplikasi “Google Foto”.
  • Setelah itu, silakan pilih foto yang kamu inginkan.
  • Langkah berikutnya, pilihlah fitur “Lens” yang terdapat pada HP milikmu. Jika kamu belum mengunduh dan menginstallnya, pastikan kamu unduh dan install terlebih dahulu.
  • Kemudian, tunggulah hingga beberapa saat, dan jangan lupa periksa detailnya. Setelah itu, kamu bisa lakukan tindakan atau menemukan produk serupa yang muncul pada internet.

2. Cara Menggunakan Google Lens Tanpa Aplikasi

Cara menggunakan Google Lens di HP selanjutnya, yakni tanpa menggunakan aplikasi. Meskipun begitu, pada HP milikmu sudah terinstall Google.

Namun, biasanya Google menjadi aplikasi bawaan, sehingga kamu tidak perlu mengunduhnya. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama, sialakan kamu buka Google dari HP milikmu.
  • Setelah itu, akan tampil menu Google. Untuk melanjutkan langkahnya, silakan tap ikon kamera yang terdapat pada bar pencarian.
  • Kemudian, akan muncul Google Lens, setelah itu kamu bisa memakai foto galeri maupun menelusuri menggunakan kamera. Kamu bisa menggunakan cara yang lebih mudah, yakni dengan menekan ikon gambar kamera.
  • Berikutnya, akan muncul Google Lens, kamu bisa memilih menu sesuai keinginan, mulai dari Terjemahan, Teks, Telusuri, Belajar ataupun Belanja.
  • Sebagai contoh, jika kamu pilih Terjemahan, maka arahkan kamera ke teks yang akan kamu terjemahkan. Kemudian, tekan tombol “Shutter” untuk mengambil gambar.
  • Setelah itu, akan muncul hasil terjemahan teks dari foto yang sudah kamu ambil.

Cara menggunakan Google Lens di HP tanpa aplikasi mudah bukan? Selamat mencoba untuk mendapatkan setiap kemudahannya.