Perbedaan Biotik dan Abiotik yang Wajib Anda Tahu

0
19
Perbedaan Biotik Dan Abiotik Yang Wajib Anda Tahu
Ilustrasi Perbedaan Biotik dan Abiotik. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Perbedaan biotik dan abiotik belum banyak diketahui oleh banyak orang. Bahkan kebanyakan orang mengira bahwa ekosistem atau lingkungan ini merupakan satu kesatuan divisi yang utuh.

Padahal apabila salah satu divisi dalam ekosistem ini hilang dapat mempengaruhi bagian lainnya. Divisi-divisi tersebut merupakan biotik dan abiotik.

Perbedaan yang paling mencolok dari divisi biotik dan abiotik seperti biotik merupakan seluruh makhluk hidup dalam suatu ekosistem.

Sedangkan abiotik merupakan seluruh hal yang tidak hidup dan bersifat fisik maupun kimia dalam ekosistem. Untuk mengetahui perbedaan lebih dalam terkait divisi biotik dan abiotik, simak ulasannya berikut ini!

Inilah Perbedaan Biotik dan Abiotik Dalam Ekosistem

Untuk mengetahui perbedaan yang terdapat pada kedua divisi dalam ekosistem ini, alangkah lebih baiknya memahami kedua divisi ini.

Pengertian Biotik

Biotik merupakan seluruh makhluk hidup yang terdapat di bumi dan hidup dalam sistem lingkungan atau ekosistem. Elemen-elemen biotik yang terdapat dalam sistem lingkungan ini terbagi menjadi tiga bagian.

Seperti komponen, sumber daya, dan faktor-faktor yang terkait. Berdasarkan pengertian ini sebenarnya sudah terlihat jelas mengenai perbedaan biotik dan abiotik bukan?

Komponen

Seluruh makhluk hidup yang ada dalam ekosistem merupakan komponen biotik. Seperti segala macam jenis hewan dan tumbuhan. Lalu bakteri atau hewan-hewan kecil yang hanya bisa terlihat dengan bantuan alat seperti mikroskop.

Tentunya dalam komponen ini terdapat perbedaan biotik dan abiotik yang sangat terlihat. Berdasarkan proses metabolisme biotik dapat terbagi menjadi tiga yaitu produsen, konsumen, dan pengurai.

Sehingga pada rantai makanan tumbuhan sebagai produsen akan konsumsi oleh konsumen tingkat pertama. Selanjutnya konsumen tingkat pertama yaitu hewan pemakan tumbuhan atau herbivora akan dimangsa oleh konsumen tingkat kedua.

Kemudian konsumen tingkat kedua yaitu hewan pemakan daging atau karnivora akan dimangsa oleh konsumen tingkat tiga. Konsumen tingkat tiga ini juga merupakan konsumen tingkat atas yang hanya bisa diuraikan oleh dokomposer. Nantinya dekomposer akan menguraikan jasad hewan yang telah mati ini.

Sumber Daya

Perbedaan biotik dan abiotik selanjutnya terdapat pada sumber dayanya. Sumber daya biotik masuk dalam kategori jenis sumber daya yang dapat diperbarui.

Seluruh sumber daya ini berasal dari biosfer. Salah satu sumber daya biotik yang dapat anda lihat yaitu seluruh hutan beserta hasilnya. Contohnya segala macam jenis hewan dan tumbuhan seperti kayu, teh, babi hutan, dan lain-lain.

Faktor

Bagian-bagian lain yang saling terkait dalam sistem kehidupan merupakan faktor biotik. Oleh sebab itu, semuanya tergantung rantai makanan. Seperti mangsa, predator, benalu, dan lain-lain.

Pengertian Abiotik

Abiotik terdiri dari elemen-elemen yang mati atau tidak hidup. Seperti sinar matahari, tanah, air, temperatur, dan lain-lain. Peranan abiotik juga sangat besar, yaitu sebagai wadah hidup bagi banyak organisme agar dapat bermetabolisme. Sehingga perbedaan biotik dan abiotik sudah sangat jelas terlihat.

Komponen

Terdapat empat komponen utama dalam sistem lingkungan atau ekosistem ini. Seperti iklim, topografi, tanah, serta bencana alam. Untuk iklim mencakup berbagai pola angin, intensitas curah hujan, dan lain-lain.

Sumber Daya

Kebalikan dari biotik, sumber daya abiotik termasuk dalam kategori jenis sumber daya yang tidak dapat terperbarui. Sehingga akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkannya. Contohnya seperti batu bara dan minyak bumi.

Faktor

Faktor abiotik bisa bermacam-macam jenisnya tergantung pada komponen dan sumber daya yang terdapat dalam divisi abiotik tersebut. Misalnya kadar pH dan kejernihan atau kekeruhan air.