Cara Membuat Link Grup WhatsApp, Mudah Dibagikan dan Kelebihannya

0
21
Cara Membuat Link Grup WhatsApp
Ilustrasi Cara Membuat Link Grup WhatsApp. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara membuat link grup Whatsapp agar mudah untuk dibagikan penting anda pahami. WhatsApp saat ini menjadi salah satu aplikasi yang cukup mudah untuk anda gunakan dalam bertukar kabar.  Biasanya, dalam bentuk pesan singkat atau komunikasi lainnya.

Bahkan melalui aplikasi ini, selain dapat berkirim kabar melalui tulisan anda juga dapat menyapa melalui panggilan telepon atau pun video call. Menariknya lagi, WhatsApp juga mempunyai fitur yang memungkinkan anda untuk dapat berinteraksi dengan sekelompok orang dalam satu waktu.

Fitur ini bernama fitur grup. Untuk membuat grup WA serta mengundang kerabat atau rekan, anda dapat menggunakan link. Berikut ini akan kita ulas mengenai cara membuat link pada grup WA yang dapat anda lakukan dengan mudah.

Mengetahui Cara Membuat Link Grup WhatsApp

Sebelum memahami bagaimana cara dalam membuat link WhatsApp untuk mengundang anggota grup agar dapat masuk dalam grup WA yang anda miliki. Langkah penting pertama yang harus anda ketahui adalah bagaimana cara membuat grup WhatsApp. Hal ini agar anda dapat menggunakan fitur tersebut secara lebih maksimal.

Cara Membuat Grup WhatsApp

Adapun cara membuat grup WhatsApp antara lain:

  • Buka aplikasi WhatsApp pada HP anda
  • Pilih opsi Chat Baru > Grup Baru, untuk membuat grup WhatsApp. Dapat langsung memilih opsi Grup Baru pada ikon chat pada tampilan WhatsApp yang anda miliki.
  • Selanjutnya, cari serta pilih kontak yang akan anda jadikan anggota grup, kemudian pilih opsi Lanjut.
  • Langkah berikutnya masukkan subjek grup sebagai nama grup yang anda buat. Kemudian, nama grup tersebut akan muncul serta dapat terlihat oleh semua anggota grup.
  • Selain itu, anda juga dapat menambahkan ikon grup dengan cara klik ikon kamera pada grup. Selanjutnya ambil foto yang telah tersedia pada ponsel anda.
  • Setelah proses selesai, maka dapat memilih opsi Buat pada tampilan WhatsApp anda.

Langkah Membuat Link Grup WhatsApp

Berikut ini cara membuat link grup WhatsApp yang dapat anda lakukan antara lain:

  • Langkah pertama buka grup WhatsApp yang akan anda buat linknya.
  • Selanjutnya masuk ke info Grup WhatsApp yang telah anda buat. Untuk dapat masuk ke halaman pengaturan atau informasi grup, anda dapat tap bagian nama grup WA anda.
  • Proses berikutnya klik menu “Undang via Tautan”
  • Kemudian lihat link grup atau pilih tindakan.

Untuk dapat langsung membagikan link grup WA melalui chat pribadi pada orang tertentu, maka anda dapat langsung tap pada pilihan “Kiriman tautan via WhatsApp”.

Selanjutnya akan menuju ke daftar kontak WhatsApp yang anda miliki. Anda pun dapat memilih pada siapa akan membagikan tautan atau link grup tersebut. Untuk membagikannya anda dapat memilih “Salinan Tautan”. Selanjutnya dapat menempel atau paste tautan tersebut yang anda inginkan.

Kelebihan Menggunakan Link Grup WA

Dengan menggunakan link grup WhatsApp siapapun dapat masuk grup secara otomatis serta tidak perlu meminta admin grup untuk memasukkannya. Dengan demikian, admin grup pun tidak perlu memasukkan anggota satu persatu secara manual.

Selain itu, admin juga tidak perlu menyimpan kontak baru pada ponsel. Calon anggota bebas untuk masuk ataupun tidak. Jadi dengan menggunakan link undangan para calon anggota dapat memilih untuk masuk kapan saja mereka mau.

Setelah mengetahui cara membuat link grup WhatsApp secara mudah di atas. Hal penting lain yang perlu anda ketahui adalah link WhatsApp dapat diganti sewaktu-waktu oleh admin grup. Hal ini bertujuan untuk menghindari anggota yang tidak diinginkan masuk ke dalam grup anda.