Perbedaan Bumi dengan Planet Lain di Tata Surya

121
Perbedaan Bumi dengan Planet Lain di Tata Surya
Perbedaan Bumi dengan Planet Lain. Foto: Ilustrasi/Istimewa

Texno.ID – Perbedaan Bumi dengan planet lain penting diketahui. Planet Bumi memang memiliki perbedaan dengan planet lainnya. Perbedaan tersebut menjadikan planet satu ini begitu istimewa.  

Hingga kini Bumi menjadi yang paling terkenal di tata surya. Planet yang satu ini sangat ideal sebagai tempat tinggal bagi jutaan maupun milyaran makhluk hidup.

Perbedaan Bumi dengan Planet Lain, Simak Berikut Ini

Faktanya, hingga saat ini belum ada planet yang memiliki kesamaan dengan planet Bumi. Beberapa anggota tata surya memiliki syarat yang sama layaknya Bumi, namun belum terpenuhi semua syaratnya.

Bumi memiliki keunggulan daripada anggota tata surya yang sejenis. Adapun beberapa perbedaan Bumi dibandingkan bagian tata surya lainnya, adalah sebagai berikut.

Planet Air

Jika melihatnya dari luar angkasa, kondisi dari Bumi yang tampak berwarna biru. Hal tersebut karena ada hampir sekitar 70% Bumi yang terdiri dari air. Padahal air merupakan elemen yang sangat penting bagi kehidupan.

Elemen penting ini yang hanya tersedia pada Bumi. Oleh karena itu, bisa membedakan planet tersebut dengan planet yang lainnya pada tata surya.

Jumlah air yang terkandung pada Bumi cukup ideal. Tidak terlalu banyak jika akan menutupi pegunungan serta tidak terlalu sedikit layaknya gurun kering pada planet Mars maupun Venus.

Jarak yang Tepat dengan Matahari

Bumi memiliki jarak yang tepat dengan matahari sebagai pusat dari tata surya yakni 149,6 juta km. Jarak tersebut menjadikan planet ini tampak sesuai dengan tempat yang tepat.

Jika planet Bumi ada pada jarak yang terlalu dekat terhadap matahari, maka planet bumi akan menerima energi dari sinar matahari terlalu banyak.

Hal tersebut mengakibatkan kondisi Bumi akan mengalami penguapan dengan cepat. Jika terlalu jauh, kemungkinan Bumi justru cepat membeku.

Terdapat Lapisan Ozon

Perbedaan Bumi dengan planet lain yakni terdapat lapisan ozon. Tentu bisa Anda bayangkan jika planet tersebut tidak tersedia lapisan ozon. Kemungkinan sejak awal terbentuknya planet ini, tidak akan memiliki kehidupan.

Padahal lapisan ini sangat penting bagi Bumi. Fungsi dari lapisan ozon untuk melindungi Bumi akibat radiasi sinar ultraviolet yang berbahaya. Sinar ini sangat membahayakan semua makhluk hidup, khususnya manusia.

Rotasi yang Stabil

Bumi yang mengalami perputaran pada sumbunya dan kecepatannya yang konstan. Selain itu, planet ini juga berputar untuk mengelilingi matahari.

Hal tersebut mengakibatkan terjadinya pergantian siang dan malam. Bahkan mengalami pergantian musim pada berbagai belahan Bumi. 

Rotasi Bumi menjadikan pergantian siang dan malam secara teratur dengan frekuensi stabil. Dengan demikian, tidak terjadi perubahan suhu secara ekstrim pada Bumi.

Perbedaan Bumi dengan planet lain paling mencolok memiliki kehidupan serta air tempat manusia bertahan hidup. Atmosfer Bumi akan melindunginya dan memungkinkan kehidupan untuk berkembang.