Planet Dalam dan Planet Luar di Tata Surya, Ini Perbedaannya

0
371
Planet Dalam Dan Planet Luar
Planet Dalam dan Planet Luar. Foto: slideplayer

Texno.ID – Planet dalam dan planet luar tentu memiliki perbedaan. Namun sebelum secara jauh membahasnya, lebih dulu mengetahui pengertian dari benda langit tersebut.

Planet dalam merupakan benda langit yang orbitnya di bagian dalam antara Matahari dan sabuk asteroid. Adapun yang termasuk dalam hal ini yakni Merkurius, Venus, Mars, dan Bumi. 

Sedangkan kategori luar atau eksoplanet merupakan benda langit yang terletak di luar sabuk asteroid. Sebut saja Jupiter, Uranus, Saturnus, dan Neptunus. Pengelompokan tersebut berpengaruh pada jarak dari Matahari. 

Perbedaan Mendasar Planet Dalam dan Planet Luar

Perbedaan kedua jenis benda langit tersebut dapat diteliti dari berbagai segi. 

Berdasarkan Rotasi

Pada kategori dalam, perputarannya cukup lambat. Paling lambat perputarannya yakni Venus, karena butuh 243 hari untuk berputar. Sedangkan Bumi membutuhkan waktu 23 jam 56 menit dan menjadi perputaran tercepat. Lalu pada eksoplanet, perputaran tercepat yakni Uranus.

Waktu perputarannya hingga 17 jam 15 menit. Pada eksoplanet ini, yang paling tercepat adalah Jupiter dengan catatan waktu 9 jam 55 menit. Bahkan Jupiter dan Saturnus tampak lebih pipih karena luas daerah ekuator lebih besar daripada area atas dan bawahnya. 

Berdasarkan Ukuran

Perbedaan planet dalam dan planet luar yang paling menonjol yakni dari segi ukurannya. Jika dibandingkan, maka ukuran yang paling kecil masuk ke kategori dalam. 

Kita lihat saja Merkurius, memiliki diameter kecil sekitar 4878 km. Berbeda dengan Bumi, karena memiliki diameter sekitar 12.756 km. Begitu juga sebaliknya, objek yang memiliki ukuran besar masuk kategori eksoplanet.

Bahkan jika dibandingkan dengan Bumi, Neptunus memiliki diameter 49.552km. Jupiter adalah yang terbesar dalam sejarah tata surya sebab memiliki diameter hingga 142.985km.

Berdasarkan Cincin

Planet dalam tidak memiliki cincin. Sedangkan eksoplanet, semua memiliki cincin. Inilah yang membedakannya dan lebih terlihat. Cincin tersebut yang mengitari bagian luar dan akan hancur dengan sendirinya akibat gravitasi.

Namun jika diperhatikan secara seksama, hanya Saturnus yang memiliki cincin dan terlihat jelas daripada lainnya. Cincin Saturnus memiliki kepadatan tersendiri sehingga lebih terlihat dari Bumi. Sedangkan yang lainnya tidak. 

Berdasarkan Jarak

Perbedaan keduanya bisa terlihat dari segi jarak. Jika membahas secara detail, maka yang dalam memiliki jarak lebih dekat dengan matahari. Sedangkan pada eksoplanet sebaliknya, jarak ke matahari lebih jauh. Untuk membedakannya pun lebih mudah bukan?

Berdasarkan Permukaan

Makhluk hidup hanya bisa hidup pada permukaan yang kategori dalam. Hal tersebut pengaruhnya dari permukaan yang padat. Sehingga ekosistem dapat berkembang. 

Begitu juga dengan suhu, makhluk hidup hanya bisa hidup di Bumi saja karena memiliki suhu normal. Sedangkan Merkurius dan Venus memiliki suhu panas. 

Namun berbeda dengan Mars sebab bersuhu dingin. Permukaan eksoplanet terdiri dari gas atau udara. Selain itu, juga memiliki permukaan cair dan padat, namun berada pada paling dalam dan jumlahnya kecil. 

Persamaan  

Selain perbedaan planet dalam dan planet luar yang terlihat, ada juga persamaannya. Sama-sama mengalami rotasi atau bergerak pada porosnya. Selain itu, delapan benda langit tersebut melakukan proses revolusi atau berputar mengelilingi matahari. 

Waktu untuk mengelilingi matahari berbeda-beda. Pada dasarnya, semakin jauh dari matahari, maka semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk mengelilingi matahari. 

Sedangkan Bumi membutuhkan satu tahun yakni 365 hari untuk mengelilingi matahari. Lalu persamaan lainnya terletak pada cahaya.

Planet dalam dan yang luar tidak bisa menghasilkan cahaya sendiri. Hal ini berhubungan dengan tidak adanya reaksi fusi yang dapat menghasilkan energi cahaya. 

Sedangkan pengelompokan benda langit tersebut ada 3 bagian, yakni pengelompokan berdasarkan lintasan asteroid, berdasarkan Bumi sebagai pembatasnya, dan berdasarkan ukuran hingga komposisi penyusunnya. 

Berdasarkan Bumi sebagai pembatas, maka terbagi dua macam yakni superior dan inferior. Perbedaan dari kedua jenis tersebut yakni berada pada luar orbit Bumi dan dalam orbit Bumi.

Contohnya saja pada Merkurius dan Venus karena berada di antara matahari dan Bumi. Sedangkan Mars, Jupiter, Uranus, Saturnus, dan Neptunus berada di luar Bumi dan jauh dari matahari. 

Dengan mengetahui perbedaan planet dalam dan planet luar, anda semakin tertantang untuk mempelajari tentang ilmu semesta. Karena tidak akan pernah ada habisnya dan membuat anda semakin penasaran.