Cara Mengirim File Lewat Email Melalui Android dan PC

0
123
Cara Mengirim File Lewat Email dengan Melalui Komputer dan Android
Ilustrasi cara mengirim file lewat email. Foto: Ist/Ne

Texno.ID – Cara mengirim file lewat email biasanya untuk dokumen yang berukuran besar. Bukan hanya itu saja, jika anda mengirim file melalui email, anda bisa melakukannya melalui smartphone atau laptop. Email sendiri merupakan sebuah singkatan dari elektronik mail, surat atau pesannya dalam bentuk digital.

Tentunya berbeda sekali pada zaman dulu. Apabila ingin mengirim surat, harus melalui pos dengan memakai perangko. Sekarang melalui email, membuat semua menjadi mudah dan juga praktis.

Saat ini seolah email merupakan sesuatu hal penting yang dibutuhkan oleh setiap orang. Terlebih telah menjadi salah satu identitas yang harus seseorang miliki untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Contohnya saja, dalam urusan pekerjaan, anda akan dipermudah dalam mengirim surat, seperti CV serta lampiran lainnya.

Dengan adanya email, semua pekerjaan akan lebih praktis. Dalam menggunakan email, anda bisa secara mudah mengirimkan file dalam bentuk apapun. Misalnya RAR, PDF, Microsoft Word, dan lain sebagainya.

Saat ini penyedia jasa email telah banyak. Anda bisa menyebutnya Yahoo dan Hotmail. Akan tetapi, sampai saat ini eksistensi Gmail yang menjadi penyedia jasa kirim file secara gratis belum ada yang menandingi.

Hampir sebagian orang mempunyai akun tersebut. Gmail mempunyai kecepatan dalam akses, fitur yang lebih lengkap, dan juga memiliki keunggulan dalam tampilan.

Akan tetapi, untuk orang yang sama sekali belum pernah menggunakannya, kemungkinan akan bingung. Terlebih jika banyak dokumen atau lampiran yang harus disertakan.

Untuk anda yang belum tahu cara mengirim file lewat email, anda bisa melakukannya melalui perangkat Android maupun laptop iOS. Akan tetapi, jika anda menggunakan smartphone, anda akan lebih mudah dalam menggunakan email, sebab anda tidak perlu log in kembali.

Inilah Cara Mengirim File Lewat Email di Android

Bagi anda yang memakai smartphone, terdapat dua cara yang dapat anda gunakan dalam mengirim email melalui perangkat ini. Pada tahapan pertama cara mengirim file lewat email, yakni melalui web resminya.

Untuk langkah yang kedua, anda bisa memakai aplikasi Gmail yang sudah ada pada smartphone anda. Tetapi, anda akan lebih mudah dalam menggunakan aplikasi Gmail. Simak berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pada langkah pertama, anda bisa membuka aplikasi Gmail yang berada pada ponsel pintar anda terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, anda bisa klik + pada pojok kanan bawah.
  3. Jika sudah, anda bisa memasukkan alamat yang akan anda tuju atau alamat si penerima pada bagian kolom Kepada.
  4. Isi juga pada baris Subjek dengan judul email yang akan anda kirim.
  5. Anda bisa juga melampirkan file, misalnya seperti video, foto, dan file-file lainnya. Caranya dengan anda mengklik ikon peniti yang berada pada bagian kanan atas layar.
  6. Apabila dokumen anda sudah siap, anda bisa mengirim email tersebut dengan mengklik ikon pesawat yang ada pada kertas untuk sebelah kanan atas.
  7. Lalu pesan akan terkirim ke tujuan email anda.

Mengirim Email Melalui PC

Cara mengirim file lewat email yang kedua ini, bisa anda lakukan melalui perangkat laptop atau komputer. Simak berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pada langkah pertama, anda harus melakukan log in ke akun Gmail yang anda punyai terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya anda bisa memilih tombol Compose yang berada di samping sebelah kiri.
  3. Jika sudah, nantinya akan muncul jendela yang berukuran kecil pada bagian sebelah kanan bawah browser anda.
  4. Anda bisa mengisi kolom To dengan alamat email yang akan anda tuju. Bisa juga anda menambahkan alamat email penerima lainnya dengan Cc serta Bc.
  5. Lalu anda bisa menulis judul pesan yang akan anda kirim pada bagian kolom Subject.
  6. Kemudian klik pada tombol Send untuk bisa mengirimnya. Email yang sudah berhasil anda kirim, biasanya akan memberikan notifikasi singkat yang berada pada bagian tengah dengan mengatakan bahwa pesan anda telah berhasil untuk dikirim. Namun jika gagal dalam pengiriman, anda bisa mengirim ulangnya dengan langkah yang sama.

Nah, sampai disini paham kan, khususnya bagi anda yang masih bingung dengan cara mengirim file lewat email. Sangat mudah dan praktis bukan?