Planet Dengan Satelit Terbanyak Saat Ini Beserta Faktanya

0
336
Planet Dengan Satelit Terbanyak Saat Ini Planet Saturnus
Ilustrasi planet dengan satelit terbanyak. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Planet dengan satelit terbanyak sepanjang ingatan penulis sebagai pecinta astronomi. Planet Jupiter hampir memegang semua rekor keplanetan pada sistem tata surya. Sebagai planet terbesar, dengan jumlah bulan terbanyak, planet dengan sistem badai yang bertahan ratusan tahun, atau sejenisnya.

Namun, menurut para ilmuwan dari Carnegie Institution of Science (Carnegie Science), telah menurunkan Jupiter sebagai planet dengan jumlah bulan terbanyak. Planet dengan jumlah bulan terbanyak saat ini yaitu Saturnus yang mempunyai 82 satelit.

Inilah Planet Dengan Satelit Terbanyak

Tim ilmuwan dari Carnegie Institution of Science berhasil menemukan adanya 20 bulan baru yang mengorbit planet Saturnus. Menggunakan jenis teleskop Subaru di Mauna Kea, Hawaii, Amerika Serikat. Adanya tambahan 20 satelit, maka Saturnus memegang rekor satelit terbanyak.

Jumlah total satelit yang Saturnus miliki sebanyak 82 satelit. Jumlah ini tentunya melebihi pemegang rekor sebelumnya yaitu Jupiter. Planet Jupiter yang memiliki 79 bulan.

Karakteristik Satelit

Planet Saturnus merupakan planet terbesar kedua pada sistem tata surya. Semua satelit baru yang ditemukan ini memiliki ukuran sangat kecil apabila daripada dengan ukuran Saturnus. Bulan-bulan tersebut hanya memiliki diameter sekitar 5 km ataupun 3 mil.

17 dari total 20 satelit ini orbit planet Saturnus dengan retrograde ataupun berlawanan dengan gerakan rotasi Saturnus. Sementara itu 3 satelit yang lain, orbit Saturnus dengan prograde, yaitu searah dalam arah rotasi Saturnus.

Terlihat dari jaraknya, pada planet dengan satelit terbanyak, terdapat dua satelitnya yang orbit dengan prograde lebih dekat pada planet induknya. Sehingga bisa selesaikan satu orbitnya dalam waktu dua tahun.

Satelit-satelit yang lain membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun untuk dapat menyelesaikan satu orbit dalam mengelilingi Saturnus.

Para ilmuwan juga membagi satelit-satelit menjadi 3 kelompok berdasarkan sudut orbit terhadap Saturnus. Kelompok tersebut Norse, Inuit, dan Gallic. Apabila satelit-satelit itu awalnya asalnya dari satelit yang kian besar, namun kemudian pecah jadi kecil.

Penyebab terjadinya patahan karena adanya tabrakan keras yang terjadi antar bulan pada sistem Saturnus. Selain itu, juga adanya benda-benda seperti asteroid atau komet.

Keterlibatan Publik

Ada temuan planet dengan satelit terbanyak. Tentunya juga menginspirasi Carnegie Institution of Science untuk dapat membuat sebuah kompetisi online. Kompetisi tersebut bertujuan untuk dapat mengajak publik ikut serta untuk memberikan nama satelit-satelit tersebut.

Geser Posisi Jupiter

Sebelumnya, Jupiter menjadi planet dengan jumlah bulan terbanyak pada sistem tata surya. Namun faktanya, Saturnus telah menggeser posisi Jupiter mengenai jumlah satelitnya.

Pada tim observasi menilai munculnya satelit pada Saturnus tersebut adanya interaksi antara asap dan debu. Hal tersebut akhirnya menganggap komet ataupun asteroid yang tengah melintas.

Tak hanya itu saja, namun kemungkinan masih ada banyak lagi satelit yang akan terlihat pada Saturnus. Para ahli astrologi memerlukan teleskop dengan ukuran lebih besar. Hal itu agar dapat menangkap satelit dengan ukuran yang lebih kecil.

Planet dengan satelit terbanyak sebelumnya yaitu Jupiter, memiliki satelit dengan ukuran diameter yang berbeda-beda. Namun beberapa juga memiliki ukuran satelit yang lebih besar.

Satelit terbesar milik Jupiter yaitu Io, Ganymede, Europa, dan Callisto. Satelit-satelit tersebut juga mendapatkan julukan sebagai satelit Galileo.

Satelit Alami

Saturnus yang memiliki 82 satelit alami diantaranya diberikan penamaan resmi. Selain itu, terdapat bukti adanya keberadaan puluhan hingga ratusan satelit minor. Ukuran diameter yang berkisar antara 40-500 meter pada cincin-cincin Saturnus.  

Titan merupakan satelit alami yang terbesar, mencakup 90% dari total massa objek yang mengitari Saturnus. Selain itu, juga termasuk sistem cincinnya. Satelit alami terbesar kedua Saturnus yaitu Rhea. Memiliki atmosfer serta sistem cincin yang tipis.

Satelit-satelit yang lain sebagian besar memiliki ukuran yang kecil. Planet dengan satelit terbanyak ini, pada 34 satelitnya mempunyai diameter yang kurang dari 10 km. Sedangkan pada 14 satelit yang lain memiliki diameter berkisar antara 10 dan 50 km.

Hampir semua satelit Saturnus dari nama dewa-dewa Titan dalam mitologi Yunani. Satelit terbesar pada Saturnus, merupakan satu-satunya satelit alami pada sistem tata surya. Selain itu, yang memiliki atmosfer tebal.

Atmosfer pada Titan terdapat bahan kimia organik yang kompleks. Titan juga merupakan satelit alami yang memiliki danau hidrokarbon.

Penemuan 20 satelit milik Saturnus dapat membuat Jupiter tidak lagi menyandang sebagai planet dengan satelit terbanyak. Rekor planet Jupiter sudah beralih ke planet Saturnus.