Cara Mengirim Aplikasi dari Bluetooth yang Mudah Untuk Dilakukan

0
197
Cara Mengirim Aplikasi dari Bluetooth yang Mudah Untuk Dilakukan
Ilustrasi mengenai bluetooth. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara mengirim aplikasi dari bluetooth, anda dapat mencoba untuk melakukannya. Bluetooth digunakan untuk mengirim gambar, video, atau lagu. Untuk dapat mengirimnya, anda dapat mengikuti beberapa cara lewat bluetooth ini.

Bluetooth yang berguna untuk membagikan file antar perangkat maupun juga berbeda perangkat. Seperti halnya antar smartphone maupun smartphone dengan tablet. Selain itu, juga berguna untuk komputer atau laptop dan yang lainnya.

Apabila ingin menghemat kuota internet, namun menginginkan suatu aplikasi tanpa harus download, anda dapat berbagi ataupun meminta aplikasi dengan memanfaatkan adanya bluetooth yang sudah tersedia pada smartphone.

Inilah Cara Mengirim Aplikasi dari Bluetooth

Untuk dapat mengirimkan aplikasi Android lewat bluetooth, maka smartphone anda memerlukan adanya aplikasi tambahan. Hal itu agar anda dapat menjalankan fungsi tersebut.

Tanpa adanya aplikasi tambahan, bluetooth tidak dapat menjalankan fungsinya untuk mengirim aplikasi. Bluetooth biasanya hanya dapat mengirim gambar, dokumen, audio, atau video.

Bagi anda yang mempunyai smartphone lebih dari satu, tentu cara ini sangat bermanfaat. Sehingga akan lebih menghemat kuota internet, apabila mempunyai aplikasi yang sama pada smartphone berbeda. Caranya ini sangat mudah dilakukan serta tidak perlu khawatir akan hal-hal yang ribet.

Menggunakan ES File Explorer

Sebelumnya anda perlu mengenal ES File Explorer. ES File Explorer merupakan sebuah file manager pada Android yang dapat berguna untuk mentransfer file. Anda dapat mentransfer file kepada sesama pengguna Android ataupun perangkat yang berbeda.

Kelebihan ES File Explorer adalah dapat menggunakannya dengan bluetooth ataupun jaringan wifi. Berikut cara mengirim aplikasi dari bluetooth yang dapat dilakukan:

  1. Install ES File Explorer pada aplikasi Playstore
  2. Perlu menyalakan bluetooth pada kedua smartphone/perangkat
  3. Buka ES File Explorer pada smartphone pengirim
  4. Pilih pada menu library > APP
  5. Kemudian pilih aplikasi yang ingin dikirimkan dengan cara menahan beberapa detik pada icon aplikasi yang diinginkan sampai muncul tanda centang pada icon
  6. Setelah itu, akan muncul pada menu Share. Pilih bluetooth
  7. Cari perangkat penerimanya. Selesai

Hal itu tentu mudah untuk mencobanya. Dengan menggunakan ES File Explorer sebagai cara mengirim dari bluetooth, sebagai penerima tidak memerlukan adanya layanan tambahan. Namun hanya perlu untuk mengaktifkan bluetooth saja.

Cara Berbagi Aplikasi Lewat Bluetooth dengan Sharecloud

Anda juga dapat mencoba dengan cara yang kedua, tentu mudah mencobanya. Selain menggunakan bluetooth, Sharecloud juga dapat berguna untuk berbagi aplikasi.

Menggunakan email, WhatsApp, ataupun juga Google Drive. Namun saat ini akan membahas mengenai cara mengirim aplikasi lewat bluetooth. Berikut beberapa caranya:

  1. Install Sharecloud pada aplikasi Playstore
  2. Aktifkan bluetooth pada kedua perangkat
  3. Buka Sharecloud
  4. Lalu pilih Select File
  5. Masuk pada tap APP
  6. Pilih aplikasi yang diinginkan
  7. Lalu klik pada button share file with your friends
  8. Kemudian pilih bluetooth (Anda dapat mengirimkan selain menggunakan Bluetooth)
  9. Pilih perangkat bluetooth penerimanya. Tunggu hingga selesai

Simak Cara Mengirim Aplikasi dengan App Backup & Restore – Easiest Backup Tool

Hal ini adalah cara yang dapat anda pakai untuk mengirim layanan lewat bluetooth. Aplikasi yang mempunyai sebutan App Backup & Restore – Easiest backup tool.

Anda dapat download pada aplikasi Playstore untuk menggunakannya. Lebih dari  45 ribu pengguna Android yang sudah menggunakan aplikasi ini serta bersifat gratis.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berfungsi untuk dapat membuat backup. Selain itu, juga merestore aplikasi yang ada pada perangkat Android anda.

Pada App Backup & Restore – Easiest backup tool juga dapat berguna untuk membagikan file dengan bluetooth. Berikut cara mengirim aplikasi dari bluetooth:

  1. Install pada Playstore
  2. Aktifkan bluetooth pada kedua perangkat
  3. Buka pada App Backup & Restore – Easiest backup tool
  4. Terlihat pada menu utama, semua aplikasi yang terinstall
  5. Pilih aplikasi Android yang ingin dikirimkan
  6. Klik send serta pilih bagian send by other apps
  7. Lalu pilih bluetooth. Tunggu hingga selesai

Terdapat beberapa cara untuk mengirim aplikasinya lewat bluetooth yang anda gunakan. Untuk dapat berbagi pada aplikasi Android, anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak kuota agar bisa menginstall aplikasi.

Apabila anda menggunakan cara ini, hanya perlu menginstal aplikasi pada salah satu perangkat. Selain itu, juga berbagi dengan Android lain dengan menggunakan bluetooth. Demikian mengenai cara mengirim aplikasi dari bluetooth, semoga dapat bermanfaat.