Sistem Pencernaan Manusia yang Sehat dan Penjelasan Fungsi Kerjanya

0
181
Sistem Pencernaan Manusia
Ilustrasi Sistem Pencernaan Manusia. Foto: thoughtco.com

Texno.ID – Sistem pencernaan manusia mempunyai peran yang sangat penting untuk mencerna, mengolah makanan, dan minuman yang kita konsumsi.

Tubuh mempunyai organ-organ yang berfungsi penting. Sistem organ yang ada pada pencernaan manusia dapat mengeluarkan toksin atau zat beracun melalui feses.

Fungsi dari sistem pencernaan pada tubuh kita adalah mengubah makanan dan minuman menjadi nutrisi dan energi. Hal itu sangat penting untuk metabolisme maupun perbaikan sel tubuh serta aktivitas sehari-hari. 

Fungsi Sistem Pencernaan Manusia

Fungsi pencernaan manusia tersebut sangatlah penting dalam mengubah makanan menjadi nutrisi dalam tubuh untuk aktivitas gerak, lari, dan lain sebagainya.

Nutrisi yang masuk ke tubuh kita dapat memperlancar perkembangan maupun perbaikan sel dan jaringan tubuh. Apabila sistem pencernaan tidak bekerja dengan baik, maka tubuh manusia akan mengalami berbagai masalah dan komplikasi. 

Organ Sistem Pencernaan Tubuh

Organ yang ada pada sistem pencernaan meliputi mulut, kerongkongan, lambung, usus besar dan kecil, rektum, serta anus.  Sedangkan kelenjar pencernaan berupa ludah, pankreas, kantung empedu, dan hati. Nah, itulah sistem pencernaan manusia yang berperan setiap hari dalam tubuh.

Baca:  Struktur Tubuh Bakteri, Penjelasan dan Fungsinya

Cara Kerja Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan dalam tubuh kita mempunyai cara kerja sebagai berikut.

Mulut

Di dalam mulut terjadi proses pengolahan makanan mulai dari menggigit, mengunyah, serta menghaluskan dengan bantuan air liur.

Sehingga makanan tersebut menjadi lunak sehingga anda dengan mudah untuk menelannya. Lidah juga berfungsi mendorong makanan tersebut masuk ke dalam kerongkongan.

Esofagus atau Kerongkongan

Kerongkongan merupakan saluran panjang 25 cm yang mempunyai fungsi menyalurkan makanan yang sudah dicerna ke lambung. Bentuknya seperti katup yang berfungsi memasukkan makanan sudah mencapai lambung.

Lambung

Sistem pencernaan manusia adalah lambung. Selanjutnya makanan itu sampai di lambung, zat asam dan enzim yang ada pada lambung membantu dalam proses pencernaan makanan. Lambung bekerja untuk membunuh mikroorganisme pada makanan.

Di dalam lambung makanan tersebut melewati proses sehingga menjadi cairan pekat berupa pasta dan selanjutnya akan mendorongnya ke usus.

Pankreas

Pankreas mempunyai fungsi menghasilkan insulin dalam tubuh. Organ ini memiliki fungsi untuk menghasilkan enzim pencernaan seperti protease, amilase, dan lipase.

Baca:  Enzim pada Lambung Berfungsi untuk Proses Pencernaan, Apa Saja?

Fungsi dari masing-masing enzim tersebut adalah mencerna lemak menjadi asam lemak, mengubah protein menjadi asam amino, dan kadar karbohidrat menjadi glukosa.

Kantong Empedu

Organ ini menghasilkan cairan empedu lalu menyimpannya dalam kandung empedu. Cairan empedu tersebut seperti kolesterol, air, mineral, bilirubin, dan garam empedu. Proses sistem pencernaan manusia ini adalah mengubah lemak menjadi asam lemak.

Usus Halus

Peristaltik usus dapat terjadi kontraksi maupun relaksasi jaringan otot pada dinding halus. Usus halus tersebut mempunyai bagian penting yakni jejunum atau usus kosong, usus 12 jari, dan usus halus.

Ketiganya mempunyai tugas dan fungsi masing-masing seperti melanjutkan pemecahan makanan dan penyerapan nutrisi ke aliran darah.

Usus Besar

Usus besar ini berfungsi untuk mendorong limbah makanan yang sudah terambil nutrisinya ke dalam rektum. Limbah tersebut berbentuk tinja atau feses sisa dari makanan.

Ketika rektum sudah penuh dengan limbah, maka selanjutnya akan mendorongnya ke anus. Saat itu anda akan merasakan reaksi mulas dan timbul keinginan untuk buang air besar. 

Baca:  Fungsi Kloroplas pada Sel Tumbuhan Serta Cara Kerjanya

Yang perlu anda ketahui, proses pencernaan sampai penyerapan nutrisi dalam tubuh sampai ke tinja dapat terjadi kurang lebih 30-40 jam.

Cara Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan bekerja secara baik dan normal, maka sistem pencernaan tersebut dikatakan sehat. Namun apabila sistem pencernaan manusia tidak bekerja dengan baik, maka akan timbul masalah saluran pencernaan.

Seperti maag, sembelit, wasir, diare, dan asam lambung. Anda harus segera memeriksakan ke dokter apabila sudah merasakan tanda tersebut. Demi menjaga kesehatan sistem pencernaan, maka anda sebaiknya melakukan hal sebagai berikut: :

  •  Minum air putih 6-8 gelas per hari
  •  Jauhi konsumsi alkohol dan rokok
  •  Batasi makanan yang tinggi kolesterol
  •  Mengkonsumsi probiotik
  •  Banyak makan makanan tinggi serat
  •  Melakukan pemeriksaan rutin ke dokter

Apabila anda memiliki gangguan sistem pencernaan dengan gejala gangguan seperti diare, muntah, dan BAB berdarah, sebaiknya anda lakukan penanganan.

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang sistem pencernaan manusia dan prosesnya. Dengan informasi tersebut, anda akan menambah pengetahuan agar lebih menjaga kesehatan sistem pencernaan anda. (CW001)

Editor : Deni Supendi