Cara Copy Paste Tulisan Arab di Android dengan Mudah dan Praktis

0
245
Cara Copy Paste Tulisan Arab Di Android Dengan Mudah dan Praktis
Ilustrasi Cara Copy Paste Tulisan Arab Di Android. Foto: apksum.com

Texno.ID – Cara copy paste tulisan Arab di android sebenarnya cukup mudah. Apalagi perkembangan teknologi yang telah support dalam berbagai bahasa, dan bahasa Arab salah satunya.

Copy paste merupakan, menyalin teks dalam suatu ruang. Misalnya, dalam suatu web lalu akan anda pindahkan dalam sebuah room chat.

Dewasa ini, begitu banyak kemudahan yang kita dapat nikmati. Perkembangan smartphone yang begitu pesat tentu saja.

Jadi jangan khawatir untuk memindah tulisan arab dalam android. Kini lebih mudah dan praktis, dan dapat anda coba sendiri.

Cara Copy Paste Tulisan Arab di Android

Pertama coba cek uang pengaturan dalam perangkat anda. Dengan klik Language & Keyboard (Bahasa & Papan Tombol).

Lalu, Android Keyboard Settings, nah klik pengaturan Input Keyboard. Centang pada Bahasa Arab. Maka dengan ini saat akan menggunakan bahasa arab pada keyboard sudah aktif.

Hal ini juga berlaku dalam beberapa bahasa lain. Namun apabila android anda belum support penggunaan bahasa Arab ini anda dapat lakukan cara lain.

Instal Keyboard

Cara copy paste tulisan Arab di android yang satu ini dengan menginstal keyboard pihak ketiga. Beragam aplikasi yang dapat anda coba seperti Smart Keyboard Pro, A.I, Keyboard MultiLing, dan sebagainya.

Dalam beragam aplikasi ini memiliki fitur yang dapat membantu anda mengakses bahasa Arab. Dengan menginstal aplikasi, lalu aktifkan keyboard yang akan anda perlukan.

Fitur yang tersedia cukup mudah untuk anda pahami. Jangan khawatir ketika ingin mencobanya secara mandiri.

Langkah Penggunaan

Cara copy paste tulisan Arab di android, Pilih Enable MultiLing, setelah itu anda akan masuk dalam Menu Language & Keyboard Settings. Sama dalam pengaturan pertama tadi beri centang pada MultiLing Keyboard.

Setelah itu, pilih Switch IME to MultiLing akan muncul Input Keyboard. Lalu, klik Dictionaries for Word Prediction pilih yang Arabic. Pada pilihan Download From, anda klik yang Official Android Market.

Nanti akan muncul pop up  menu bertuliskan Market lalu klik Download. Setelahnya Plugin Arabic akan terunduh. Lalu dapat anda atur ulang pada Huruf Arab.

Tombol Spasi

Cara copy paste tulisan Arab di android, dengan sudah tersedianya keyboard tadi anda dapat menggunakannya. Ketika anda tidak akan menggunakan setting bahasa Arab cukup tekan spasi untuk menggantinya ke keyboard biasa.

Cara Menyalin

Apabila anda ingin memindahkan tulisan dalam bahasa Arab dalam tempat lain begini caranya. Tekan lama tulisan yang akan anda salin.

Geser sampai mana yang akan anda salin. Nah, sama seperti menyalin huruf biasa, setelah itu kan muncul option salin-tempel-pilih semua.

Pilih Salin, setelah itu buka tempat yang akan anda gunakan untuk menyimpan tulisan Arab tersebut. Klik tempel, otomatis tulisan akan berpindah dengan lengkap.

Hal ini bisa terjadi, apabila setting keyboard anda sudah support atau anda sudah mengikuti langkah-langkah memasang aplikasi di atas.

Cara copy paste tulisan Arab di android ini cukup mudah untuk anda aplikasikan. Dengan berbagai kebutuhan yang menggunakan berbagai tulisan dalam bahasa berbeda dengan kita.

Sebaiknya, anda tetap mengatur ulang pada pengaturan setting keyboard anda. Hampir semua smartphone sudah menyediakan layanan ini jadi coba cek dulu sebelum melakukan penginstalan aplikasi.

Tulisan Berantakan

Cara copy paste tulisan Arab yang baik dan benar akan menghasilkan tulisan runtut dan dapat anda baca sesuai artinya. Namun, apabila mengalami teks yang berantakan dan acak anda dapat membenarkannya menggunakan Aplikasi MS Word.

Caranya buka MS Word, setelah itu copy paste tulisan arab yang acak tadi, lalu klik Start. Opsi Microsoft Office, menu tools lalu language settings.

Nah, pilih Available Editing Languages dan bahasa Arab atau Arabic. Klik Add, setelah itu tulisan akan rapi. Hal ini akan otomatis dari proses yang dilakukan MS Word.

Cara copy paste tulisan Arab di android ini bisa anda coba dalam keperluan masing-masing. Alangkah baiknya, apabila mengcopy dari suatu sumber tetap menyertakan sumber yang anda pakai. Karena hal tersebut merupakan hak cipta seseorang, dan kita wajib untuk berterima kasih juga menghormatinya.