Gerhana Matahari Cincin, Beserta Proses dan Dampak yang Ditimbulkan

0
287
Gerhana Matahari Cincin, Beserta Proses dan Dampak yang Ditimbulkan
Ilustrasi gerhana matahari cincin. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Gerhana matahari cincin termasuk dalam fenomena alam yang menarik. Terjadinya gerhana matahari saat posisi bulan berada di antara matahari dan bumi. Sehingga akan menutup sebagian atau seluruh cahaya mataharinya.

Melansir Wikipedia, gerhana matahari cincin yang terjadi saat bulan berada pada tengah-tengah matahari dan bumi. Namun ukurannya tampak lebih kecil daripada ukuran tampak mataharinya. Sehingga pinggiran matahari matahari nampak membentuk layaknya cincin yang terang. Saat mengelilingi bulan tampak sebagai bundaran gelap.

Proses Terjadinya Gerhana Matahari Cincin

Terjadinya gerhana matahari posisi matahari, bulan dan bumi dalam kondisi yang sejajar. Saat bulan sedang melintas di antara matahari dan juga bumi atau saat fase bulan barunya. Sehingga akan menghalangi cahaya matahari serta mengakibatkan adanya bayangan.

Pengamat pada area penumbra tidak menerima perubahan. Hal itu karena sorot cahaya mataharinya dan tidak akan mengalami perubahan yang sangat drastis. Namun hanya menerima cahaya kurang dari 100%.

Hal ini terjadi oleh benda langit membentuk bayang-bayang yang menutup sebagian cahayanya. Apabila semakin dekat ke bagian umbra maka semakin besar untuk menghalangi cahaya matahari. Namun tidak setiap gerhana matahari bisa menyebabkan bumi menjadi gelap sempurna. Seperti layaknya kondisi malam hari.

Saat terjadinya gerhana matahari ini tidak akan mengalami gelap total. Namun, saat terlihat dari bumi, matahari seperti halnya cincin raksasa serta semua permukaan bulan menutupi permukaan bumi.

Sehingga dapat diartikan bahwa bulan hanya menutup secara sebagian. Namun posisi bulan  yang menutupi tepat hanya di pusat atau di bagian tengahnya. Maka pada sisinya yang terlihat berbentuk cincin.

Dampak Gerhana Matahari Cincin

Terjadinya gerhana matahari ini juga dapat berdampak pada kehidupan bumi. Berikut beberapa dampak yang dapat terjadi.

Menjadikan Ilmu Pengetahuan

Untuk manusia dampak yang ditimbulkan tidak terlalu terlihat. Namun dampak yang paling bisa diambil, seperti halnya ilmu pengetahuan. Bumi sebagai planet tempat tinggal saat ini, adanya matahari dan bulan sebagai satelitnya.

Tentunya bisa menjadikan suatu fenomena alam. Pengetahuan ini akan membantu dalam mengembangkan suatu fenomena. Seperti saat terjadinya gerhana matahari ini atau fenomena yang bersangkutan dengan GMC.

Gravitasi Bumi

Meskipun tidak terlalu dapat merasakan, gerhana matahari cincin merupakan pergerakan gerhana total dan sebagian. Untuk manusia dampaknya tidak terjadi secara langsung. Namun akan berdampak secara perlahan ke arah bumi. 

Adanya perubahan yang tidak banyak dan tidak terlalu memberikan efeknya. Namun gerhana matahari ini menyebabkan bumi berjarak lebih dekat. Hal itu karena adanya gravitasi yang besar.

Saluran Komunikasi

Saat terjadinya gerhana matahari ini akan memberi efek berkepanjangan yang tidak terasa. Namun efeknya dari gerhana matahari ini tetap bisa terjadi. Dampak pada jalur komunikasi seperti gelombang radio dan koneksi internet yang dapat terganggu. Terjadinya gerhana matahari ini biasanya akan diumumkan sebelumnya.  

Meskipun pemberitahuan waktunya sering kali hanya sehari sebelum gerhana matahari terjadi. Dengan adanya pemberitahuan ini, maka akan mewaspadai kemungkinan gelombang radio akan terganggu. Seperti halnya untuk bandara dan yang lainnya.

Terjadi pada Hewan

Dampak lain juga dapat terjadi dari adanya gerhana matahari cincin ini. Secara langsung gerhana matahari ini dapat berdampak pada hewan. Hewan yang merupakan makhluk hidup yang selama ini bergantung pada alam. Saat bumi gelap menjadikan tanda bagi hewan-hewan untuk istirahat.

Namun gerhana matahari ini merupakan gerhana yang terjadi dalam waktu cukup singkat. Tentunya akan membuat bumi menjadi gelap dalam sementara waktu. Hal ini akan berpengaruh pada hewan dengan membuatnya kebingungan. 

Siklus kegiatan akan menjadi berubah secara tiba-tiba. Beberapa hewan mulai resah dan juga kebingungan. Seperti halnya dengan bersuara secara terus menerus, gelisah dan melakukan gerakan yang tidak beraturan.

Magnet Bumi

Saat terjadi gerhana matahari, waktu mataharinya tertutup lapisan ionosfer. Maka akan berubah konteks dari ionnya, sehingga variasi medan magnetnya akan terganggu. Untuk itu, saat terjadi gerhana matahari akan berdampak pada magnet bumi. Magnet bumi akan mengalami masalah, namun dapat kembali normal. Oleh karena itu, rata-rata GMC tidak memberikan dampak yang cukup berarti.

Kini anda dapat mengetahui fenomena alam gerhana matahari cincin di atas. Selain itu mengetahui proses terjadinya serta dampak yang dapat ditimbulkan.