Home Tutorial Cara Mengunci File di Google Drive untuk Meningkatkan Keamanan Data

Cara Mengunci File di Google Drive untuk Meningkatkan Keamanan Data

10258
Cara Mengunci File di Google Drive Untuk Meningkatkan Keamanan Data
Ilustrasi Cara Mengunci File di Google Drive. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara mengunci file di Google Drive dapat Anda lakukan untuk menjaga keamanan file.

Selain itu mengunci data file di Google Drive juga membuat orang lain tidak bisa mengedit data tanpa izin Anda sendiri.

Cara Mengunci File di Google Drive

Google Drive merupakan sebuah fitur unggulan dari perusahaan browsing terbesar Google.

Perusahaan tersebut menghadirkan Google Drive untuk mempermudah penggunanya dalam menyimpan file.

Jumlah file yang tersimpan di Google Drive berupa unlimited. Artinya, tidak ada batasan ukuran.

Menyimpan file di Google Drive menjadi pilihan pintar jika Anda tidak ingin ponsel menjadi slow karena memori yang penuh.

File yang dapat tersimpan di sana berupa dokumen, foto, video, audio, dan lainnya.

Jika Anda takut keamanan data di Google Drive, maka bisa mengunci file-file tersebut. Berikut caranya.

Menggunakan Verifikasi 2 Langkah di Android

Cara pertama untuk mengunci file di Google Drive adalah dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah.

Fitur ini hadir untuk meningkatkan keamanan pengguna Google. Jika Anda mengaktifkan fitur ini, maka akan muncul notifikasi jika ada seseorang yang ingin memaksa masuk akun Google.

Caranya cukup mudah, yaitu :

  • Buka aplikasi pengaturan di ponsel.
  • Pilih “Pengaturan Aplikasi”.
  • Pilih menu Google dan Akun Google yang ada.
  • Klik akun Google yang tersedia dan Anda inginkan.
  • Nantinya akan muncul tulisan “Login ke Google” di layar.
  • Pilih “Verifikasi 2 Langkah” dan klik “Start” atau “Mulai”.
  • Setelah itu ikuti langkah-langkah yang muncul di layar ponsel.

Cara kerja fitur ini adalah untuk memberikan dua metode identifikasi jika pengguna ingin mengakses akun Google. Biasanya berupa angka yang dikirim melalui nomor telepon ataupun Email.

Membuat Kata Sandi di File Sebelum Mengunggahnya

Cara mengunci file di Google Drive lainnya adalah dengan membuat kata sandi pada file sebelum mengunggahnya.

Memberikan password atau sandi ini dapat Anda terapkan di Microsoft Word.

Berikut caranya.

  • Buka dokumen yang ingin Anda kunci di Ms. Word.
  • Klik menu “File” yang di sebelah pojok kiri atas layar.
  • Pilih tombol “Protect Document” dan klik “Enkripsi dengan kata sandi”.
  • Masukkan kata sandi yang tidak mudah dibobol.

Selain itu, dokumen di PowerPoint pun bisa Anda beri sandi dengan langkah-langkah yang sama.

Lewat Aplikasi Google Drive

Anda bisa mengunci dan menyembunyikan data langsung melalui Google Drive. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka akun Google Drive.
  • Simpan semua data dan file yang ingin Anda rahasiakan di satu folder yang sama.
  • Beri nama folder tersebut dengan nama unik dan tidak memiliki duplikat.
  • Cari folder tersebut dan tekan tombol bagikan.
  • Nanti akan muncul pemberitahuan Pop Up pengaturan file tersebut.
  • Ubah warna ikon menjadi abu-abu ke mode OFF.

Tujuan mematikannya adalah agar tidak bisa berbagi link atau Google Drive tersebut.

Manfaat Mengunci File Google Drive

Meskipun memberi banyak kemudahan, tetapi Google Drive tetaplah sebuah internet yang memiliki celah negatif. Saat ini marak terjadi pencurian data hingga plagiasi karena kurangnya keamanan pada file yang beredar di internet.

Dengan mengunci file yang akan Anda upload, diharapkan tingkat keamanan pun akan meningkat. Orang yang tidak bertanggung jawab jadi tidak dapat dengan mudah meretas data di Google Drive Anda karena sudah terlindungi.

Cara mengunci file di Google Drive dapat Anda lakukan dengan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka jaminan keamanan file Anda akan meningkat.