Arti Kode Error di Internet, Mengenal Jenis dan Cara Mengatasinya

0
271
Arti Kode Error di Internet Mengenal Jenisn dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi arti kode error di internet. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Arti kode error di internet seperti 401, 403, 404, 405, 500, 503, dan lain sebagainya ternyata memiliki makna khusus tersendiri. Hal seperti ini sering kita temui saat melakukan surfing di internet agar bisa mengakses website. Apabila kejadian itu terjadi, maka akan membuat kita kesulitan untuk mencari informasi lebih lanjut.

Perlu anda ketahui bahwa di dalam sebuah protokol HTTP ada banyak macam pengkodean. Dimana kode tersebut merupakan hasil dari tanggapan kepada client yang sedang melakukan akses web server.

Mengenal Arti Kode Error di Internet dan Macamnya

Keberadaan internet kini semakin membantu banyak orang. Terlebih pada tuntutan tugas sekolah maupun pekerjaan yang kini sudah beralih menggunakan jaringan internet. Sehingga dengan adanya internet, akan memudahkan mereka dalam menyelesaikan tugasnya.

Meskipun demikian, teknologi canggih seperti ini pasti juga memiliki kekurangan. Seperti terjadi error dan berakibat koneksi jaringan bermasalah. Hal ini sungguh sangat meresahkan bagi para penggunanya.

Mungkin sebagian orang belum mengetahui apa arti kode error tersebut dan memilih untuk segera menutup jendela website itu. Namun ternyata banyak cara yang dapat anda lakukan. Adapun jenis-jenisnya adalah sebagai berikut:

Error 400 Bad Request

Arti kode error di internet yang pertama yaitu error 400. Merupakan kesalahan paling umum yang bisa anda temui saat server tidak bisa memahami dari permintaan browser. Entah itu tidak dikirim secara benar maupun karena rusak.

Bisa disebabkan oleh banyak faktor. Seperti masalah pada caching, koneksi yang buruk, dan browser mengalami multifungsi. Cara mengatasinya, anda bisa memeriksa koneksi dan pengaturan internet. Dengan cara mengosongkan cache, kemudian buka browser kembali dan coba lagi.

Error 401 Authorization Required

Selanjutnya ada jenis kode error 401, bisa terjadi saat anda akan mengakses halaman web dan memerlukan kata sandi. Pada error seperti ini tidak ada solusi yang tepat selain hanya mendapatkan kata sandi yang sesuai.

Error 403 Forbidden

Arti kode error di internet selanjutnya adalah kode error 403. Biasanya akan muncul ketika anda mencoba memuat halaman pada web dan tidak memiliki izin supaya bisa mengaksesnya.

Kode error seperti ini akan menunjukkan bahwa anda sudah masuk ke URL dan mengklik tautan, tentu halamannya membutuhkan izin untuk akses.

Dalam kasus seperti ini, anda harus memiliki akun dan beberapa otorisasi lain supaya dapat mengakses web tersebut. Caranya dengan pergi ke halaman beranda di situs web. Kemudian periksa apakah pada bagian web tersebut ada opsi untuk membuat akun atau tidak.

Error 404 Not Found

Arti kode error di internet 404 adalah sebuah kode error yang sering kali muncul. Bahkan kode seperti ini akan menunjukkan bahwa server tidak bisa menemukan sebuah halaman yang sedang anda cari.

Munculnya kode error seperti ini, kemungkinan besar URL yang anda masukkan tidak benar. Sehingga anda perlu memeriksa kembali tanda baca, ejaan, dan akhiran, seperti (.com, .org, .net, dan lain sebagainya) dari nama domain kemudian coba kembali.

Error 405 Method Not Allowed

Arti kode error selanjutnya yaitu error 405. Mungkin jarang untuk ditemui karena sulit untuk didefinisikan. Kode seperti ini ketika server sudah memahami permintaan browser web, namun menolak permintaan tersebut. Sehingga berakibat dari kesalahan dalam kode situs web dan pengalihan tidak tepat.

Error 500 Internal Server Error

Arti kode error di internet yang lain yaitu kode 500. Kode error seperti ini sering dijumpai di halaman browser. Merupakan sebuah kode generik menunjukkan dari masalah yang tidak ditentukan.

Pada saat server mengalami kesulitan dan membuat tidak dapat memenuhi suatu permintaan. Kemudian memiliki masalah yang tidak bisa terungkap sama sekali. Server pun akan muncul kode error tersebut. Cara mengatasinya yaitu dengan memuat ulang halaman web, kemudian hapus cache dan cookie lalu mulai ulang brower.

Kode Error 503 Service Unavailable

Kode error yang terakhir yaitu error 503 dimana sedang menunjukkan bahwa server web tidak bisa memproses suatu permintaan. Saat anda mendapatkan kode error tersebut, kemungkinan server sedang dalam kondisi pemeliharaan dan kelebihan permintaan.

Cara mengatasi arti kode error di internet 503 ini, yaitu dengan membuka kembali website beberapa kali. Nah, itulah tadi beberapa pengertian kode error yang bisa anda ketahui dan pahami.