Cara Cas HP di Laptop dengan Langkah Tepat dan Aman

337
Cara Cas HP di Laptop dengan Langkah Tepat dan Aman
Cara Cas HP di Laptop dengan Langkah Tepat dan Aman. Foto: Ilustrasi/Istimewa

Texno.ID – Cara cas HP di laptop dengan tepat dan aman. Cas HP di laptop memang tidak bisa sembarangan, ada cara untuk melakukannya. Cara ini banyak dilakukan bagi mereka yang memiliki kesibukan dengan pekerjaan menggunakan laptop. Bahkan karena tidak ada waktu untuk mengecas HP karena stop kontak yang jauh, maka solusinya bisa menggunakan perangkat laptop. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum memahami bagaimana cara tepat untuk melakukannya. Padahal jika tidak tepat, mengakibatkan pengisian daya baterai akan lebih lama.

Cara Cas HP di Laptop dengan Baik dan Benar

Melakukan pengecasan HP melalui laptop memang jarang dilakukan. Namun jika hal ini harus Anda lakukan karena berbagai faktor sebaiknya cas dengan baik dan benar.

Ada banyak orang yang mencobanya, namun mengalami pengisian yang lambat. Sebenarnya hal ini adalah kondisi yang wajar. Anda dapat mengisi ulang ponsel Anda dengan laptop menggunakan kabel USB yang sesuai. Berikut langkah-langkah umumnya:

Persiapkan Kabel USB

Pastikan Anda memiliki kabel USB yang sesuai untuk menghubungkan ponsel Anda ke laptop. Kabel USB tipe USB-C atau micro-USB biasanya digunakan untuk ponsel. Tetapi jenis kabel dapat bervariasi tergantung pada merek dan model ponsel Anda. Sehingga bisa digunakan sebagai cara cas HP di laptop.

Hubungkan Ponsel ke Laptop

Jika sudah, selanjutnya yaitu dengan menghubungkan ponsel ke laptop melalui kabel USB. Sambungkan ujung yang sesuai dari kabel USB ke ponsel Anda. Sambungkan ujung lainnya ke salah satu port USB di laptop.

Pastikan ponsel Anda dalam keadaan aktif. Ini berarti layar ponsel Anda harus menyala. Biasanya, ketika Anda menghubungkan ponsel ke laptop, ponsel akan memberi Anda pilihan untuk memilih mode pengisian daya.

Ada beberapa opsi yang mungkin muncul, mulai dari transfer file atau mengisi daya. Anda bisa melakukan pengisian sesuai mode yang diinginkan.

Periksa Pengisian Daya

Setelah Anda memilih mode pengisian daya, periksa layar ponsel untuk memastikan daya mulai mengisi. Anda juga dapat melihat indikator pengisian daya di ponsel. Seperti ikon baterai atau persentase baterai yang meningkat.

Biarkan ponsel mengisi daya sampai baterainya mencapai tingkat yang Anda inginkan. Jika Anda ingin mengisi daya ponsel sepenuhnya, biarkan ponsel tetap terhubung ke laptop selama beberapa jam atau sampai baterai penuh.

Setelah selesai mengisi daya, amankan koneksi dengan memutuskan kabel USB dari ponsel dan laptop. Penting untuk diingat bahwa kecepatan pengisian daya dapat bervariasi tergantung pada laptop, kabel USB, dan ponsel.

Laptop dengan port USB-C yang mendukung teknologi pengisian daya cepat dapat mengisi daya ponsel lebih cepat daripada laptop dengan port USB-A biasa. Pastikan untuk menggunakan kabel USB yang berkualitas baik dan cocok sebagai cara cas HP di laptop dengan aman.