Cara Hemat Kuota Saat Google Meet, Atasi Penggunaan Lebih Irit

478
Cara Hemat Kuota Saat Google Meet
Ilustrasi Cara Hemat Kuota Saat Google Meet. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara hemat kuota saat Google Meet tidaklah sulit. Pasalnya dari sekian banyak platform dengan jasa sama yakni mempermudah meeting jarak jauh, Google Meet menduduki barisan pertama sebagai platform paling irit kuota.

Google Meet hanya membutuhkan bandwidth sekitar 700 Kbps. Sementara platform dan aplikasi lainnya membutuhkan 900 hingga mencapai ribuan kbps saat penggunaannya.

Tentunya ini sangat menguntungkan bagi Anda pengguna Google Meet. Biaya lebih tidak harus Anda keluarkan hanya untuk konsumsi data internet.

Cara Hemat Kuota Saat Google Meet Tanpa Rumit

Semenjak adanya wabah Covid-19 yang melanda nusantara, pekerjaan maupun sekolah menjadi aktivitas baru yang dilaksanakan dari rumah. Bahasa familiarnya adalah daring (online).

Agar kegiatan belajar-mengajar atau pekerjaan tetap kondusif meski dalam keadaan daring, alternatif terbaik adalah menggunakan aplikasi yang bisa menghubungkan antara satu dengan lainnya. Salah satu yakni platform Google Meet ini.

Google Meet menyediakan berbagai fitur untuk interaksi dengan sesama partner kerja, klien, teman sekolah, guru, dan orang-orang lainnya. Tentu saja hal ini sangat memudahkan kita dalam mengurus pekerjaan maupun sekolah anak.

Disisi lain, kita juga turut membantu pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid19. Karena cukup dengan di rumah saja, namun interaksi dengan yang lainnya tetap ada.

Apa Itu Aplikasi Google Meet?

Bagi yang belum tahu tentang aplikasi Google Meet, mari kita intip sekilas mengenai aplikasi ini. Google Meet merupakan salah satu produk besutan Google. Aplikasi Google Meet bisa juga biasa dikenal dengan sebutan meeting online.

Aplikasinya berupa video conference yang menjadi layanan komunikasi. Versi pendahulunya adalah Google Chat dan Google Hangouts, yang mana tahun 2019 lalu, pihak Google memberhentikan Google Hangouts versi klasik.

Di tahun 2017 tepatnya bulan Februari, dengan diam-diam Google Meet meluncur hanya untuk para pengguna iOS. Akan tetapi, di bulan selanjutnya yakni Maret, Google resmi merilis Google Meet pada publik.

Sebagai layanan konferensi video, Google Meet bisa menampung hingga 250 peserta dalam satu telekonferensi, dengan jumlah penonton mencapai 100.000 dalam satu domain saat live.. Pihak Google mengklaim Google Meet ini lebih kuat ketimbang versi sebelumnya.

Terlebih karena Google Meet ini adalah aplikasi yang tidak menolak penggunaan di Android, iOS, maupun akses melalui web. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya, karena aplikasi Google yang satu ini tersedia gratis untuk pengguna.

Menggunakan aplikasi Google Meet ini hanya memungkinkan Anda untuk mengeluarkan dana paket data. Namun Anda tidak perlu khawatir. Karena ternyata Google sendiri telah menyematkan fitur hemat kuota di aplikasinya.

Penasaran bagaimana cara mengaktifkan fitur hemat kuota dalam aplikasi Google Meet tersebut? Yuk, telusuri dengan artikel kali ini.

Langkah dan Cara Hemat Kuota Saat Google Meet

Adanya fitur hemat kuota dari Google dalam aplikasi Google Meet ini tentunya menjadi terobosan yang paling dinanti publik. Pasalnya, melakukan meeting secara online ternyata mengonsumsi kuota yang tidak sedikit.

Kini kekhawatiran itu terbayarkan. Saat Google Meet, Anda bisa menyalakan Fitur Limit Data Usage untuk menekan kebocoran kuota Anda. Caranya sangat mudah.

Bagi yang belum meng-upgrade aplikasi Google Meet, silahkan reinstall terlebih dahulu ke versi terbarunya. Apabila sudah memperbarui, buka dan jalankan aplikasi.

Untuk mendapati fitur hemat kuota, masuk ke menu Setting yang berada di ikon titik tiga pojok kiri. Selanjutnya Anda bisa langsung mengaktifkan fitur Limit Data Usage hanya dengan mengusap toggle menyamping ke arah kanan.

Jika Anda ingin menikmati video dengan kualitas lebih baik, Anda bisa mematikan fitur ini. Limit Data Usage, selain bisa untuk menekan penggunaan data, juga bisa menghemat daya baterai, sumber daya CPU, sekaligus menolong penggunaan memori perangkat agar tidak berlebihan.

Sangat mudah, bukan, cara hemat kuota saat Google Meet? Kini segala kemudahan telah hadir di hadapan mata. Tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya untuk bisa menikmati kemudahan tersebut. Terima kasih. Tetap berjalan lancar konferensi online-nya.