Cara Mengirim SHAREit Lewat Bluetooth dengan Mudah

0
136
Cara Mengirim SHAREit Lewat Bluetooth dengan Mudah
Ilustrasi Cara Mengirim SHAREit Lewat Bluetooth. Foto Ist/Net.

Texno.ID – Cara mengirim SHAREit lewat bluetooth harus melewati beberapa ketentuan. Jenis dan tipe ponsel mempunyai kapasitas yang berbeda-beda. Akan tetapi, sebagian besar ponsel mampu menampung file dalam jumlah banyak. 

File tersebut berupa foto, video serta musik. Pada era yang semakin maju, untuk mendengarkan lagu atau video biasanya dengan memanfaatkan aplikasi. Namun, kita tidak harus mengunduhnya. 

Jika akan mengirim file dari ponsel satu ke ponsel lain atau komputer, maka perlu kabel data. Tapi kini bluetooth lebih sering digunakan karena tidak ribet.

Beginilah Cara Mengirim SHAREit Lewat Bluetooth

Salah satu fitur dari gadget yang sering digunakan adalah Bluetooth. Namun, keberadaannya mulai redup seiring hadirnya Shareit.

Akan tetapi, bila belum memiliki aplikasi SHAREit maka dapat mendapatkannya dengan mudah lewat Bluetooth.

Cara mengirim SHAREit lewat bluetooth dengan pihak ketiga adalah unduh terlebih dahulu melalui Google Play Store. Klik Install dan buka aplikasi. Pilih kotak pencarian dan masukkan keyword ‘SHAREit’.

Tunggu aplikasi terbuka dan hasil extract akan otomatis tersimpan di smartphone. SHAREit berada dalam folder Extract APK dan bisa mengirimnya via Bluetooth.

Sementara untuk mengirim SHAREit melalui Bluetooth dengan aplikasi langsung juga mudah. Pertama, unduh SHAREit dengan klik Install via Google Play Store.

Pilih menu Invite di pojok kanan atas. Untuk mengirimnya pilih Bluetooth. Pastikan sebelumnya telah mengaktifkan Bluetooth.

Bersabarlah untuk menunggu proses scanning selesai. Bila sudah maka tekan OK. Secara otomatis SHAREit terkirim pada ponsel.

Metode selanjutnya, adalah mengirim SHAREit melalui Bluetooth dan Hotspot. Pertama, aktifkan Hotspot dan Bluetooth. Kemudian hubungkan WiFi  dan sambungkan Hotspot ke pengirim. Unduh dan Install aplikasi SHAREit. 

Buka aplikasi dan pilih menu Undang. Kemudian pilih Hotspot dan tuliskan alamat URL. Lalu, aplikasi web browser aka mengunduh SHAREit secara gratis. 

Cara Kerja SHAREit

SHAREit merupakan salah satu aplikasi populer yang banyak dipakai. Kemampuan SHAREit dalam mengirim berbagai macam file dengan jaringan hotspot WiFi tidak diragukan lagi. 

Untuk mendapatkan aplikasi ini, bisa mengunduh melalui smartphone. Kemudian bisa memakainya untuk menerima dan mengirim file. Cara mengirim SHAREit lewat Bluetooth sangat mudah. 

Kita bisa langsung mengunduhnya dengan membuka aplikasi SHAREit. Ketuk Undang dan selanjutnya pilih Bluetooth.

Selain itu, cara mengirim SHAREit lewat Bluetooth juga tidak akan menguras kuota. Ukuran aplikasi ini terbilang kecil, yakni hanya 5 MB saja.

Bluetooth dan SAHREit sama-sama berfungsi untuk mengirim dan menerima data. Para pengguna gadget, terutama android bisa dengan mudah menemukan aplikasi ini. 

Kedua aplikasi ini saling berpadu dan mempunyai kaitannya satu sama lain. Peran Bluetooth sangat besar daripada SHAREit. Karena SHAREit tidak bisa optimal saat menggunakannya tanpa adanya Bluetooth. 

Bluetooth biasanya sudah tersedia dan terpasang pada semua seri smartphone. Dengan bebas dan gratis para pengguna bisa memakainya. Sementara itu, SHAREit harus install terlebih dahulu melalui Google Play Store.

SHAREit membutuhkan kapasitas dan memori standar. Namun, menggunakan SHAREit harus terhubung dengan sesama pengguna SHAREit. Sayangnya, aplikasi ini tidak bisa mengirim data berupa SMS atau Email.

Kekurangan Bluetooth Saat Mengirim File

Bluetooth merupakan fitur berbagi bawaan smartphone. Karena sudah ada SHAREit yang lebih praktis dan mudah untuk aplikasi berbagi.

Maka, keberadaan Bluetooth semakin jarang dipakai. Cara mengirim SHAREit lewat bluetooth lebih cepat dan mudah.

Dalam pengiriman file, Bluetooth mempunyai beberapa kekurangan. Misalnya saja, terhambat oleh jarak. Bluetooth tidak bisa menjangkau terlalu jauh. 

Kurang lebih cakupannya hanya sekitar 10 meter saja. Selain itu, cenderung lambat kecepatannya saat mengirim file. Sebagai gantinya ada SHAREit, aplikasi berbagi file yang populer.

Kelebihan SHAREit lain dalam transfer data adalah lebih hemat waktu. Saat mengirim file tidak membutuhkan waktu yang lama meskipun dalam jumlah besar.

SHAREit banyak yang menggunakan, dengan basis iOS, android dan Windows Phone. Selain gadget, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk komputer dan laptop. 

Cara mengirim SHAREit lewat Bluetooth dengan mudah dan cepat, sehingga banyak pengguna yang memakai. Apalagi, saat memakai SHAREit tidak membutuhkan koneksi internet. Hal tersebut membuat SHAREit makin populer saat ini.