Cara Membuat Akun Instagram Serta Cara Peningkatan Keamanannya

0
207
Cara Membuat Akun Instagram Serta Cara Peningkatan Keamanannya
Ilustrasi cara membuat akun instagram. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara membuat akun Instagram dapat anda lakukan dengan dua cara. Pada dasarnya, bermain media sosial akan memberikan anda kesenangan sendiri. Tidak hanya itu saja, dengan menjelajahi dunia maya akan membuat anda menemukan banyak hal yang baru.

Bukan hanya pertemanan saja, lewat Instagram anda juga bisa temukan hobi-hobi baru. Walaupun sangat sederhana, akan tetapi dari hal seperti ini yang akan mempertemukan anda dengan hal yang menguntungkan lainnya, seperti mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Instagram merupakan salah satu media sosial yang mempunyai penggunaan dalam kategori sangat banyak. Sebuah media sosial yang menggunakan visual sebagai penyampaian pesan ini juga digunakan dari sebagian orang untuk menyalurkan kreativitasnya.

Kemudian, bagaimana cara membuat akun Instagram? Jika anda masih pemula bermain media sosial, berikut terdapat dua cara untuk membuat akun IG dari komputer atau laptop. Bisa juga dengan menggunakan HP Android.

Cara Membuat Akun Instagram di Laptop/PC Serta HP

Tahapan Membuat Akun IG Dari Aplikasi HP

Berikut panduan cara membuat akun Instagram yang harus anda ikuti:

  1. Pertama, anda bisa mengunduh aplikasi Instagram terlebih dahulu. Dari Apps Store maupun Google Play Store.
  2. Selanjutnya, jika aplikasi sudah terinstal, anda bisa mengetuk ikon Instagram guna membukanya.
  3. Ketuk bagian Daftar dengan Email atau Nomor Telepon atau buat akun baru (untuk iPhone).
  4. Kemudian anda bisa memasukkan alamat email ataupun nomor telepon. Anda bisa mengetuk Berikutnya. Tidak hanya itu saja, anda bisa mengetuk Login dengan Facebook untuk memakai akun Facebook anda.
  5. Apabila anda mendaftar menggunakan alamat email atau nomor telepon, anda dapat membuat nama pengguna dan kata sandi yang akan anda gunakan. Lengkapi dengan menggunakan info pada profil anda. Setelahnya, ketuk tulisan Berikutnya.
  6. Jika anda mendaftar memakai Facebook, anda bisa meminta untuk login ke akun Facebook yang anda telah logout.

Mendaftar Instagram Dari Komputer

Cara membuat akun Instagram selanjutnya dari komputer.

  1. Pada cara ini, untuk langkah pertama anda harus membuka aplikasi browser dan juga bisa mengetikkan instagram.com.
  2. Jika sudah muncul pada halaman pertama, anda bisa mengklik Daftar, serta memasukkan alamat email anda.
  3. Kemudian anda bisa membuat nama untuk pengguna dan juga kata sandi. Tetapi, jika anda mendaftar menggunakan Facebook, anda akan dimintai untuk login ke akun Facebook, yang sebelumnya telah di logout.

Membuat Akun Lebih Dari Satu

Jika anda ingin memiliki dua akun IG serta ingin menggunakan dalam satu HP sekaligus, anda perlu menyimak berikut cara membuat akun Instagram lebih dari satu:

Dengan cara tap Setting serta scroll ke bagian bawah, mencari tulisan opsi Add Account yang terletak pada beranda di bawah opsi Clear Search History.

Untuk mengganti akun, anda bisa melakukan dengan tap bagian username pojok kiri atas yang ditampilkan sebagai drop down menu.

Setelah dari pilihan Add Account, anda bisa melakukan tahapan berikutnya, yakni dengan pilih apakah anda masuk akun atau buat akun baru.

Selanjutnya, setelah anda mempunyai lebih dari satu akun IG, akan muncul nama yang telah anda buat serta pilihan untuk beralih.

Cara Meningkatkan Keamanan pada Akun IG

Selain cara membuat akun Instagram, terdapat juga cara meningkatkan keamanan Instagram. Bagi pemula yang harus anda ketahui yaitu:

Mengenali Pengaturan Privasi Instagram

Jangan lupa untuk memeriksa dengan teratur privasi dalam aplikasi. Anda juga bisa mengontrol interaksi serta koneksi anda. Pada preferensi bisa diubah apabila privasi anda perlu diubah juga.

Menggunakan Otentikasi Dua Faktor

Pada opsi Pengaturan, anda bisa memilih untuk menambahkan keamanan yang ekstra dengan cara mengaktifkan otentikasi dua faktor. Hal ini dapat melindungi akun saat anda sedang mengakses pada perangkat yang tidak dikenal oleh aplikasi.

Memeriksa Selalu Email yang Masuk Dari Instagram

Guna melakukan perlawanan phishing, Instagram sudah membuat daftar email yang sah dalam aplikasi email anda. Dengan menggunakan cara ini pula, anda bisa menilai kebenaran email apapun yang berasal dari Instagram.

Nah, itu tadi cara membuat akun Instagram serta cara meningkatkan keamanan pada akun anda. Bagi pemula, hal ini wajib untuk dimengerti. (CW001)

Editor : Deni Supendi