Subsidi Kuota Internet Gratis Tahun Lalu dan Akan Dilanjutkan Tahun Ini

0
269
Subsidi Kuota Internet Gratis Tahun Lalu dan Akan dilanjutkan Tahun Ini
Ilustrasi Subsidi kuota internet gratis. Foto. chvnoticias.cl

Texno.ID – Subsidi kuota internet gratis akan cair ke seluruh siswa dengan kuota sebesar 35 GB, guru 42 GB, serta mahasiswa dan dosen sebesar 50 GB.

Kuota gratis ini akan membantu orang-orang yang masih sibuk dengan kegiatan belajar, terutama di rumah. Terlebih lagi dalam kondisi seperti sekarang ini karena adanya virus Covid-19 yang menyebabkan banyak orang untuk menjaga jarak.

Program Bantuan Subsidi Kuota Internet Gratis

Melalui Kemdikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) RI, maka pemerintah menyalurkan bantuan yaitu sejumlah kuota internet gratis untuk para pengajar dan pelajar. Program meluncur karena peserta didik kini melaksanakan PJJ atau sering disebut dengan Pembelajaran Jarak Jauh.

Bantuan tersebut tentu akan mendukung adanya sistem pembelajaran online para siswa dengan mudah. Mereka akan terhubung dengan cara virtual saja menggunakan smartphone atau PC sehingga memerlukan sebuah kuota internet.

Pada akun Instagram Kemdikbud bahwa pemerintah telah menyiapkan biaya untuk bantuan kuota internet gratis sebesar 7,2 triliun rupiah. Subsidi tersebut berlangsung secara bertahap yakni empat bulan berturut-turut, mulai September sampai Desember 2020.

Bantuan Kuota Internet Gratis dari Pemerintah

Berbagai macam subsidi kuota internet gratis mulai dari Indosat Ooredoo, Telkomsel, dan XL Axiata telah tersedia melalui pilihan pada kode promo.

Pada daftar kode promo tersebut supaya mendapat kuota internet berguna untuk memberi pelayanan terbaik bagi para pengguna.

Namun sebelum mendapatkan kuota gratis, ada beberapa syarat yang harus anda penuhi. Selain itu, juga ada beberapa langkah supaya bisa mendapat kuota gratis, yakni sebagai berikut:

Memilih Nomor HP yang Akan Didaftarkan

Hal pertama untuk bisa mendapat kuota gratis dari pemerintah adalah dengan memilih nomor yang nantinya akan didaftarkan. Nomor HP tersebut harus masih aktif supaya dapat menerima kuota yang akan dikirim oleh pemerintah.

Nomor HP yang dimaksud juga bermacam-macam jenisnya. Mulai dari Indosat, Telkomsel, XL Axiata, Axis, dan masih banyak lagi.

Menyetorkan Nomor HP Sesuai Dengan Nomor Induk

Selanjutnya untuk mendapat subsidi kuota internet gratis dari pemerintah adalah dengan menyetorkan nomor HP yang sesuai nomor induk masing-masing. Hal ini supaya lebih mudah untuk diproses.

Pihak Sekolah Memasukkan Data

Selanjutnya supaya mendapat kuota internet secara gratis adalah menunggu proses lanjutan dari perguruan tinggi dan pihak sekolah yang terkait. Pihak kemudian akan segera memasukkan data ke Dapodik.

Kepala Sekolah Mengisi Pakta Integritas

Setelah data para pengajar dan pelajar sudah terisi lengkap dan sesuai dengan nomor induk dan nomor HP, selanjutnya pemimpin perguruan tinggi dan pihak sekolah menyetujui subsidi kuota internet gratis.

Mereka harus segera mengisi pakta integritas sebelum data yang kemudian akan berlanjut pada pihak Kemendikbud. Apabila telah setuju, kemudian perguruan tinggi dan pihak sekolah akan segera mengirim data.

Kemendikbud Akan Menyortir Nomor yang Sesuai dengan Provider

Setelah tata cara untuk mendapat subsidi kuota internet gratis dari pemerintah telah sampai pada pihak Kemendikbud, selanjutnya terbagi sesuai jenis providernya. Setelah itu, Pusat Data dan Informasi akan melakukan proses kuota gratis dengan lebih mudah.

Kuota Terkirim Langsung

Pemerintah telah melakukan kuota internet gratis dan penerima kemudian akan menunggu kuota tersebut yang nantinya terkirim secara langsung pada nomor HP yang sudah terdaftar. Setelah mendapatkan kuotanya, maka segera bisa bermanfaat. Tentunya pemanfaatannya untuk kebutuhan bidang pendidikan atau pengajaran.

Meskipun pembagian subsidi kuota internet sudah berlalu, namun kini pemerintah kabarnya akan melanjutkan program tersebut pada tahun 2021 ini. Masih sama bantuannya, hanya untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen saja dengan masing-masing kuota berbeda.

Sekretaris jenderal Kemendikbud juga mengatakan bahwa pembagian kuota gratis akan berlanjut lagi karena sebagian perguruan tinggi dan sekolah hingga kini masih melakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Hal ini supaya masyarakat bisa tetap terbantu dengan bantuan tersebut.

Respon positif pada tahun lalu telah membuat program subsidi kuota internet gratis ini akan berlanjut pada tahun berikutnya, yakni 2021. Namun distribusi kuota gratis ini akan memiliki mekanisme yang berbeda. Pastikan anda tahu info lengkapnya sebelum memanfaatkan subsidi kuota gratis ini. (CW001)

Editor : Deni Supendi